CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Selain Puasa dan Tarawih, Berikut Deretan Kegiatan yang Cuma Ada Di Bulan Ramadhan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60766b971e756a42fe1da0a2/selain-puasa-dan-tarawih-berikut-deretan-kegiatan-yang-cuma-ada-di-bulan-ramadhan

Selain Puasa dan Tarawih, Berikut Deretan Kegiatan yang Cuma Ada Di Bulan Ramadhan!

Selain Puasa dan Tarawih, Berikut Deretan Kegiatan yang Cuma Ada Di Bulan Ramadhan!

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat spesial, bahkan tak sedikit orang yang menantikan datangnya kembali Bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Bagaimana tidak, segala macam ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bahkan, tidur pun termasuk dalam salah satu ibadah jika dilakukan di Bulan Ramadhan. Ya asalkan kerjaannya ga tidur melulu seharian, hehehe.

Selain kewajiban umat islam untuk melaksanakan ibadah puasa dan menyempurnakannya dengan melaksanakan ibadah shalat sunnah tarawih, ternyata masih ada loh kegiatan-kegiatan lainnya yang hadir di Bulan Ramadhan.

Yuk langsung aja kita bahas deretan kegiatan yang cuma ada di Bulan Ramadhan!



Sahur On The Road

Selain Puasa dan Tarawih, Berikut Deretan Kegiatan yang Cuma Ada Di Bulan Ramadhan!

Di bulan yang penuh berkah ini, tentunya banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan, salah satunya adalah kegiatan berbagi. Nah, biasanya, di Bulan Ramadhan ada satu kegiatan berbagi yang dilakukan dilakukan saat waktu sahur, tepatnya sebelum adzan subuh berkumandang. Kegiatan tersebut adalah bagi-bagi sahur di jalanan alias Sahur On The Road. Kegiatan yang biasa disebut dengan sebutan SOTR ini biasanya dilakukan oleh sebuah perkumpulan atau komunitas. Mereka biasanya membagikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan di jalanan, mulai dari pengemis, pengamen, tukang pulung, hingga orang-orang membutuhkan lainnya. Hal ini dilakukan agar orang-orang tersebut juga bisa melaksanakan sahur dengan makanan yang layak sebelum nantinya melaksanakan puasa.


Ngabuburit

Selain Puasa dan Tarawih, Berikut Deretan Kegiatan yang Cuma Ada Di Bulan Ramadhan!

Ketika bulan Ramadhan, jam-jam setelah ashar biasanya menjadi jam-jam kritis bagi yang berpuasa. Soalnya di jam sore seperti itu perut kita semakin lapar dan kita biasanya sudah kehabisan kegiatan yang bisa dilakukan untuk “menyiasati” dan “melupakan” rasa lapar yang dirasakan. Nah, dari pada cuma tidur-tiduran menunggu buka puasa yang pasti akan terasa lebih lama, mending berburu takjil aja. Yap! Mencari dan membeli jajanan untuk berbuka puasa merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan di Bulan Ramadhan, namanya adalah ngabuburit. Selain berburu jajanan untuk buka puasa, ngabuburit juga bisa dilakukan dengan sekedar nongkrong dan jalan-jalan sembari menunggu waktu berbuka. Kalau Agan dan Sista, biasanya ngabuburitnya melakukan kegiatan apa nih?


Bukber

Selain Puasa dan Tarawih, Berikut Deretan Kegiatan yang Cuma Ada Di Bulan Ramadhan!

Siapa nih yang udah punya deretan rencana buka bersama? Pasti kalian punya banyak rencana buka bersama kan? Mulai dari bukber teman SD, SMP, SMA, kuliah, teman kantor, komunitas, keluarga, hingga teman komplek. Soalnya, di Bulan Ramadhan ini biasanya sekaligus menjadi ajang silaturahmi dengan orang-orang terdekat, baik orang yang sering ditemui, atau teman lama yang udah lama banget ga ketemu. Pastinya sih, kalau udah masuk Bulan Puasa, kalian harus pinter-pinter ngatur budget buat bukber ya.


Takbiran

Selain Puasa dan Tarawih, Berikut Deretan Kegiatan yang Cuma Ada Di Bulan Ramadhan!

Setelah satu bulan melaksanakan puasa, kita akan segera menyambut Hari Raya Idul Fitri. Nah, biasanya, di malam hari saat terakhir puasa, banyak orang yang melaksanakan takbiran untuk menyambut Idul Fitri keesokan harinya. Banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari takbiran di masjid, hingga takbiran keliling kampung sambil pawai obor. Eitss, tak hanya itu saja, bagi sebagian anak-anak, takbiran adalah kegiatan saat malam idul fitri yang dilakukan dengan membakar petasan. Pasti kalian juga pernah kan ngerasain takbiran dengan main petasan?


Mudik

Selain Puasa dan Tarawih, Berikut Deretan Kegiatan yang Cuma Ada Di Bulan Ramadhan!

Merayakan Hari Raya Idul Fitri memang paling asyik dilakukan bersama dengan keluarga besar di kampung halaman, jadi bukan suatu hal yang baru untuk melakukan mudik. Mudik alias pulang kampung biasanya serentak dilakukan oleh orang-orang menjelang Hari Raya Idul Fitri, karena selain untuk menjalin silaturahmi momen Hari Raya Idul Fitri juga dilakukan untuk melepas kerinduan dengan keluarga, karena kota-kota besar di Indonesia memang dipenuhi oleh orang-orang pendatang dari daerah.



Itu dia beberapa kegiatan yang cuma ada di Bulan Ramadhan, GanSis. Agan dan Sista pasti pernah melakukan semua kegiatan itu kan saat di Bulan Ramadhan? Sayangnya, saat ini beberapa kegiatan tersebut terpaksa tidak bisa dilakukan karena Covid 19 yang masih menyerang.

Tapi, meskipun terasa ada yang kurang karena tidak bisa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, semoga puasa kalian senantiasa berjalan lancar dan mendapat berkah ya!

#RamadhanBerkah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Memang ya... Ada vibes nya itu lho bikin kerasa beda dengan bulan lain
Mantap gan threadnya
profile-picture
profile-picture
blunar dan fira262 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
setuju atau engga, orang orang semangat menanti datangnya puasa bukan karena pingin banyak beribadah tp karena gak sabar menanti kegiatan kegiatan yg mengisi selama puasa kaya yg udah disebutin.. hehe
profile-picture
profile-picture
blunar dan fira262 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Waaaa kangen takbiran keliling sama temen temen masjid dan tpa nih emoticon-Mewek
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Bukber nih yg banyak dilakuin anak2 muda, selain bisa mempererat silaturahmi karna pasti bakalan banyak reuni2 juga tapi juga bikin kantong jebol gan. Ada bagusnya juga pandemi jadi bisa hemat karna gak ada jadwal bukber, klo gak mah bisa antri antri
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Bukber sama temen temen dari sd sampe kuliah nih. Ngumpul ngumpul, cerita cerita. Wah seruuuu
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Udah ga ngerasain bukber di luar deh sejak pandemi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
huaaa kangen banget bukber, ngabuburit apalagi mudiiik
Sahur on the road sama keluarga, seru juga. Tapi udah lama ga sotr sejak pandemi. Buber di luar pun juga udah ga pernah lagi
profile-picture
blunar memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
Iya nih, jd kangen sma takbiran keliling, tarawih dan bukber. Ramadhan kpan ya bsa jalani kegiatan itu lg
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
taun ini ngabuburit masih rame, buber juga masih ada yg ngajakin, cuma yang gak ada takbiran keliling sama mudik emoticon-Mewek
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Sekarang di larang ngabuburit gak seruu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tadarusan gak ada yah? Padahal ini kegiatan yg ane tunggu2 paa masih jaman sekolah sih. Paling semangat berangkat tarawih, abis itu lanjut tadarusan di masjid bisa sampe jam 9an. Yg bikin seneng sih karna dapet takjil sih
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kangen banget nih ane kegiatan pesantren kilat sama sahur on the road. Itu biasanya pas jaman sekolah atau jaman muda pas lagi aktif-aktifnya organisasi emoticon-Ngacir
Quote:




wah berarti kita harus lurusin niat lagi dong ya supaya menyambut ramadan tuh karena excited buat beribadah bukan yang lain emoticon-Big Grin
Quote:


gapapa gan demi kebaikan bersama supaya menjaga kesehatan satu sama lain, biar pada fokus ibadahnya dulu emoticon-Big Grin
The rael sahur on the road
Selain Puasa dan Tarawih, Berikut Deretan Kegiatan yang Cuma Ada Di Bulan Ramadhan!
Kangen bukber sama temen2.. tapi masih covid jadi belum beraniemoticon-Frown ya ujung2nya bukber virtual paling
rencananya mau mudik tahun ini, tapi kayaknya mah kaga bisa dan kaga jadi. 😭
Asli rindu banget suasana mudik ke kampung halaman, yaallah semoga pandemi cepat selesai supaya bisa berjumpa kembali dengan sanak saudara
ane masih heran sama sahur on the road kok pada bisa bangun sepagi itu. ane saur di rumah aja ngantuknya bukan maen emoticon-Ngakak
Diubah oleh japarina
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di