CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Diet Sehat Saat Puasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607643ddc5ea611c9727001d/diet-sehat-saat-puasa

Diet Sehat Saat Puasa


Diet adalah kegiatan mengatur pola makan dan apa yang dikonsumsi oleh tubuh. Banyak banget gak sih sist dari kita yang berpikiran bahwa pasti badan bakalan kurusan sendiri pas puasa? Atau malah gak sahur biar badan diet makin lancar? Kalian tau gak? Sebenernya pemikiran kayak gitu adalah kesalahan besar. Selama puasa Ramadhan 30 hari, kita harus tetap memperhatikan kesehatan dan keseimbangan dalam tubuh kita. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh harus sepadan dengan aktivitas yang kita lakukan, tapi jangan sampai berlebihan juga, ya. Sebenarnya diet ini gak cuma untuk menguruskan badan aja tapi juga untuk membuat badan terasa lebih sehat.

Diet Sehat Saat Puasa

Photo by Pixabay  from Pexels

Siapa sih dari para Sista yang bulan puasa ini ditargetin untuk sekalian diet juga? Nah, ane punya beberapa cara nih supaya diet dan puasanya berjalan lancar. Jangan sampe karena pengen kurus dan diet ketat, sista jadi gak maksimal ngejalanin aktivitas sehari-hari karena kehabisan energi. Energi ini penting banget loh, apalagi yang punya kegiatan berat seperti bekerja atau pun kuliah dan segala aktivitas lainnya. Kenapa penting? Karena saat berpuasa, kita gak bisa di tengah-tengah hari ngemil atau minum supaya semangat lagi. Jadi semangat ini harus ditanam dari hati dan makan yang cukup.

Sahur dengan makanan bernutrisi tapi anti gorengan menjadi salah satu cara yang ampuh buat mengurangi lemak berlebih di tubuh. Kalian masih boleh kok untuk makan nasi, tapi jangan terlalu banyak ya. Kalau untuk porsi mungkin harus lebih banyak untuk memakan sayuran dan protein. Porsi nasi hanya ¼ dari piring, sayur-sayuran ½  dan protein atau daging-dagingan ¼ boleh lebih tapi jangan terlalu banyak. Inget ya sist, jangan digoreng dan kalau bisa daging yang berwarna putih dan tidak mengandung lemak seperti dada ayam, telur ayam, dan ikan. Boleh diganti dengan daging merah tapi jangan terlalu sering.

Diet Sehat Saat Puasa

Photo By Unprint.id

Daging merah memiliki kadar lemak lebih tinggi dibandingkan daging putih. Untuk nutrisi, keduanya sama-sama tinggi akan nutrisi seperti vitamin B, zinc, dan zat besi. Suatu keharusan untuk memakan sayuran dan buah-buahan adalah kunci dari tetap berenergi saat berpuasa. Buah-buahan yang dikonsumsi bisa jenis apa saja. Terdapat beberapa makanan pengganti atau tambahan yang sehat dan dapat dikonsumsi saat sahur, yaitu yoghurt, biji-bijian (roti gandum dan oatmeal) dan kacang-kacangan. Nasi putih juga dapat diganti dengan nasi merah, nasi hitam, atau nasi shirataki.

Saat sahur juga penting untuk banyak mengkonsumsi cairan dan yang paling penting adalah air putih. Di luar puasa, air putih juga bisa menjadi salah satu jalan untuk nurunin berat badan loh, sist! Karena ketika kita banyak minum air putih, akan banyak juga kotoran yang keluar dari tubuh kita. Tips ini juga bisa dipakai saat berpuasa, ketika kita banyak minum saat sahur, tubuh akan terasa lebih kenyang dan kotoran pada tubuh kita akan dibuang ketika menjalani aktivitas.  Banyaknya air putih yang harus dikonsumsi perhari adalah 2,7 liter. Jadi kalau bisa tetap mengkonsumsi banyak air putih ya sist, selain bagus untuk energi dan kesehatan tubuh, air putih juga bagus banget untuk kesehatan kulit.

Diet Sehat Saat Puasa

Photo by Daria Shevtsova  from Pexels

Berpuasa bukan menjadi halangan untuk tetap berolahraga nih. Kalau sista suka untuk olahraga jenis cardio, ada baiknya untuk melakukannya di sore hari sambil menunggu berbuka puasa. Jenis cardio itu apa apa aja sih? Olahraga jenis ini banyak banget sist, salah satunya adalah lari dan bersepeda seperti yang banyak banget dilakuin sama masyarakat Indonesia di tengah pandemi ini. Kalau sista merasa lari terlalu berat, bisa diganti dengan jalan santai. Selain cardio, mungkin ada beberapa dari sista yang suka untuk olahraga yang mengandalkan strength dan balance, yoga dan pilates merupakan pilihan yang sangat tepat dilakukan saat puasa.

Diet Sehat Saat Puasa

Photo by Pixabayfrom Pexels

Yoga adalah olahraga yang memiliki gerakan santai tetapi sangat melatih kekuatan, nafas dan keseimbangan badan kita. Sedangkan Pilates merupakan olahraga yang mirip dengan yoga, tetapi yang satu ini memiliki tambahan untuk menguatkan otot dan memperbaiki postur tubuh. Keduanya dapat dilakukan saat pagi atau pun sore hari tetapi jangan berlebihan saat berpuasa ya sist! Kita juga harus mendengarkan apa yang tubuh kita inginkan dan jangan memaksakan diri. Lebih memilih untuk jalan kaki dibandingkan naik transportasi umum untuk jarak yang tidak terlalu jauh juga sudah menjadi salah satu olahraga yang bisa diterapkan untuk sehari-hari.

Diet Sehat Saat Puasa

Photo by Alexy Almondfrom Pexels



Buka puasa pasti jadi saat yang ditunggu-tunggu banget nih buat umat islam yang menjalankannya. Eiiitttss… kalau kalian yang lagi diet, ada baiknya gak berlebihan saat berbuka dan masih mengkonsumsi makanan yang tinggi nutrisi, protein dan jangan melupakan karbohidrat yang super penting. Jangan mengkonsumsi gorengan dan minuman yang memiliki gula berlebih saat berbuka puasa. Walaupun rasanya pasti enak banget ya buka dengan minuman manis seperti es buah, es kopi atau boba, tapi ternyata ini bikin konsumsi gula dan kalori jadi tinggi banget. Sedangkan, kita masih harus konsumsi makanan dengan nutrisi lainnya. Jadi ada baiknya mengkonsumsi air putih saat berbuka dan rasa manis bisa didapatkan dari buah-buahan.



Diet Sehat Saat Puasa




Jangan mengemil pada saat malam hari. Nah, biasanya karena berpuasa jadi alasan untuk mengemil malam hari nih. Kalau sista mau ngemil, ada baiknya 2 jam sebelum jam tidur. Jadi mungkin bisa diakalin dengan jam 18.00 - 20.00 adalah waktu makan pada malam hari, tapi tetap gak boleh berlebihan atau dalam porsi yang terlalu besar apalagi sampai merasakan sakit perut karena terlalu banyak makan. Cemilan yang dikonsumsi juga ada baiknya sehat dan tinggi vitamin, seperti pisang, roti gandum, snack rendah kalori, strawberry, melon, dan buah-buahan lainnya. 


Walaupun mengkonsumsi makanan sehat, kenikmatan Ramadhan tetap gak akan terlewat dan pasti terasa kenikmatannya. Tubuh sehat dan bernutrisi membuat #RamadhanBerkah.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 5 lainnya memberi reputasi
Yup ane pernah nih gan berpikiran salah bahwa gak sahur biar badan diet makin lancar.. itu dulu waktu ane kuliah, padahal BB ane juga nggak gendut2 banget lho, dan syukurnya itu cuma sebentar aja karena ane dinasihati oleh pacar ane, nggak boleh kaya gitu.. itu artinya nyiksa diri.. emang iya sih.hehe....
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Puasa ajah udh bikin sehat kann
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
waahh.. mantep ini bah.. keren banget.. bisa banget diterapin nih gansiss. karena ini sangat mudah untuk dilakukan sebenernyaa..
yuk yang mau diet ini.. bisa yuk diterapkan gansis,,, gasss...
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
ane kalo sahur banyakin makan sayur, trus lauknya pake telur rebus, kalo perut masih muat ya tambah buah.
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ane kalo puasa bab lancar bet dah ga kek pas lagi ga puasa bisa seminggu 2x tu ane babbb. palingenak sahur tu pake oatmeal no ribet ribet klabbbb dan sehatt ga banyak karbow
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nice thread gan, cocok banget nih buat ane yg lagi pengen diet karena kadang ketika buka puasa pengennya makan banyak mulu haha
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sebenernya pola hidup sehat selama bulan puasa tuh gampang banget loh gan. secara kita baru diperbolehkan makan di saat berbuka. ya tinggal pinter2 aja ngatur pola makannya.
.
.
.
Tapi godaan gorengan di saat buka itu berat juga emoticon-Big Grin
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
Wah, artikel yg bermanfaat. Sebagai ganti nasi / karbohidrat, bekatul juga sangat efektif untuk menahan lapar sewaktu puasa. Biasa saya beli disini.
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
langsung ane bookmark, kalo udah agak males ngelakuin apa yang dikatakan TS, hal ini bakalan ngingetin ane.. nice thread!
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
nice info
puasa puasa gini diet gaboleh keganggu harus tetep jalannn, thread ini membantu banget sihh karena emang diet saat bulan puasa harus dikontrol bangett dan harus tetap makan makanan yg sehat dab bergizi
Thanks infonya gan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di