CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Agan Penulis Idealis atau Penulis Realistis?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607634673973fa64a92b3c35/agan-penulis-idealis-atau-penulis-realistis

Agan Penulis Idealis atau Penulis Realistis?


Idealis VS Materialis


Bismillahirrahmanirrahiim

Kegiatan menulis adalah rangkaian dari kegiatan membaca. Meski tidak semua orang yang hobi membaca, kemudian ia juga akan hobi menulis.

Karena menuangkan ide dari membaca itu tidak harus melalui tulisan, sehingga menjadikan membaca hanya sebagai hobi saja. Lalu, bagaimana cara menuangkan ide dari hobi membaca? Seseorang bisa dengan cara bercerita, ngobrol, bercanda dengam teman-teman, menggambar, design dan masih banyak yang lain lagi.

Lalu untuk sebagian orang dengan hobi menulis, ada yang menulis ingin tulisannya itu sebagai bekal berpulangnya kelak. Biasanya, penulis dengan tujuan seperti ini kurang terbuka dan yang ditulis adalah hal-hal yang penting dan berisi kemanfaatan saja.


Selain itu ia tidak begitu peduli apakah tulisannya itu menjadi selera pembaca ataukah tidak. Disamping itu bahasa yang digunakan sering kali lebih teratur, terarah dan berisi.

Ciri utamanya lagi adalah ia tidak terlalu memikirkan materi dari setiap tulisan yang dihasilkannya.


Sedangkan pada penulis dengan jenis realistis adalah penulis yang berorientasi bagaimana pada setiap tulisan yang dibuatnya itu adalah tulisan yang menghasilkan uang. Karena realitanya di kehidupannya itu membutuhkan apa yang namanya materi.

Penulis realistis ini umumnya akan menulis berdasar apa yang dimau oleh pembaca. Ia lebih terbuka, karena menyesuaikan apa yang dimau oleh reader.

Karena jika banyak viewer atau pembaca, tentu banyak yang menyukai tulisannya, kemudian penulis akan mendapatkan royalti dari setiap tulisannya.


Hanya saja, penulis dengan orientasi ini buruknya adalah ia akan menulis karya yang akan menabrak norma-norma kehidupan bahkan menabrak norma agama, berharap tulisannya banyak diminati, tentu ujungnya adalah akan memperoleh royalti dari setiap apa yang dituliskannya.

Itulah gansis beberapa analisa perbandingan terkait penulis dengan orientasi duniawi atau tujuan akhirat.

Okey, gansis semoga tulisan ini dapat mencerahkan para penulis, mau bermuara ke manakah tulisan yang akan dibuatnya.

Sampai jumpa di thread berikutnya.
Wassalam

Tulisan : nibrasulhaq
Narasi : Oppri
Sumber gbr: google, pinterest
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
kalo penulis di blog gratisan berarti penulis idealis gitu ya? kayak ane sih lebih nyaman nulis apa adanya di blog daripada nulis ke situs yg katanya membayar tapi banyak aturan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
s3chamdani dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kalau saya pribadi menulis karena biar tidak lupa akan memori yang ada di otak kita, jadi sebagai kenangan yang bisa dibaca berulang-ulang, ga peduli bagaimana teknik penulisan atau materinya disukai orang atau tidak, karena intinya saya menulis karena ingin menulis, itu saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
s3chamdani dan 7 lainnya memberi reputasi
emoticon-Wow gwa cuma penulis kwitansi ngab emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cend0 dan 2 lainnya memberi reputasi
Realistis. Karena ane plih menulis dengan apa adanya sesui fakta tnpa hrus mengada ada lebh ke natural
profile-picture
profile-picture
s3chamdani dan nibrasulhaq memberi reputasi
"Ciri utamanya lagi adalah ia tidak terlalu memikirkan materi dari setiap tulisan yang dihasilkannya."

Kupikir materi disini adalah referensi tadi wwkwkwk, baca paragraf berikutnya baru nyambung, bahwa yang dimaksud materi aadalah wani
profile-picture
nibrasulhaq memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane lebih menyukai penulis idealis sih. tapi ya kalopun ada penulis yang incer materi, ya manusiawi2 aja menurutku.

tp memang kalo sampe menabrak norma seperti yg TS bilang, itu perlu di bata in sih, atau dislike.
profile-picture
nibrasulhaq memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane tipe mana ya..hehe. Mungkin keduanya. Tergantung sikon juga.
Secara pribadi ane menilai 2 tipe tersebut tidak menjadi masalah.
Yang penting setiap tulisannya yang di-posting di media bisa dipertanggungjawabkan serta siap terbuka menerima saran dan kritik apabila ada kesalahan dalam penulisan.

Mau sekedar hobi ya monggo, atau memang tujuan menulis karena cuan ya monggo..

Tapi paling enak memang hobi sekaligus cari cuan
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
s3chamdani dan taosipudan memberi reputasi
Diubah oleh anjaultras
Ane, sih, lebih ke idealis, ya, Gan, nulis hanya sekadar hobi aja nggak pernah ane duitin. Lagian tulisan ane kebanyakan cuma sastra puisi doang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
s3chamdani dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Aku sihh realistis yahhh hhheee
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Saya prefer utk jadi penulis realistis.
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane realistis ajaa hehe. Asal sesuai sama tugas dan permintaan
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Idealis yang realistis
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Situasional 😅
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane penulis yg ada cuannya ja
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Realistis aja lah. emoticon-Cool
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pas lagi sekolah idealis, uda hadapin kehidupan sesungguhnya jadi realistis
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hari gini yg penting sensasi dulu
Kontroversial kata kuncinya
Yang penting dapet perhatian publik
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aku idealis
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane kurang yakin ane tipe yang mana, kadang-kadang ane yang realistis, kadang-kadang idealis
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tergantung sikon
emoticon-Cool
profile-picture
s3chamdani memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di