CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607598fcc30fc46ada456854/warga-kediri-nemu-anak-kucing-hutan-langka-nyasar-ke-perkampungan

Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke Perkampungan

Warga Kediri 'Nemu' Anak Kucing Hutan Langka Nyasar ke PerkampunganSuaraJatim.id - Seekor anak kucing lucu jenis "Prionailurus bengalensis" tersesat di perkampungan warga Desa Tunge, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat (09/04/2021).

Anak kucing ini tersesat malam-malam sekitar pukul 22.03 WIB. Anak kucing hutan ini berbulu belang mirip macan tutul, namun berukuran mungil.

Penemuan ini disampaikan Tim Sugriwa Lembaga Edukasi Cinta Satwa dan Konservasi (Les Cakra) Muhammad Bayu Kurniawan. Selain itu, mereka juga mendapat informasi dari pemilik akun Instagram @nyomanGalihfatoni.

"Kami juga mendapat informasi awal dari seorang warganet atas nama @nyomanGalihfatoni yang menghubungi Les Cakra melalui pesan langsung (direct message) akun instagram kami pada malam itu juga," kata Bayu, dikutip dari Antara, Selasa (13/04/2021).

Bayu menceritakan kronologi proses evakuasi kucing hutan Jawa yang jamak disebut dengan istilah macan rembah tersebut.

Pemilik rumah yang mengetahui keberadaan anak kucing hutan adalah Solikhin, warga Dusun Tanjung Anom, Desa Tunge. Dia tak sengaja mendengar suara anak kucing mengeong dapur rumahnya.

Dikira anak kucing biasa, Solikhin lalu memanggil keponakannya Galih Fatoni untuk menangkap dan mengevakuasi dari rumahnya.

Dari Galih Fatoni inilah Solihin akhirnya tahu bahwa anak kucing yang masuk ke dalam rumahnya adalah jenis satwa liar yang dilindungi karena terancam punah.

Kesadaran akan perlindungan satwa mendorong naluri Galih untuk menghubungi Lembaga Edukasi Cakra yang dikenalnya melalui pemberitaan media daring karena sekitar akhir Agustus 2020 melakukan evakuasi satwa sejenis yang ditemukan warga tersesat di Desa Jetis Kecamatan Wates.

Kurang lebih usia anak kucing hutan Jawa atau macan rembah saat itu sama dengan yang barusan diketemukan warga di Desa Tunge, antara 2-3 bulanan.

Anak kucing hutan yang baru belajar mencari makan sendiri di alam liar tersebut masuk pemukiman warga dari arah perkebunan tebu.

"Kemungkinan anak kucing hutan ini terpisah dari induknya karena habitat terganggu," kata Ketua Les Cakra Yuga Hermawan memperkirakan.

Belum ada temuan anak kucing hutan lain. Sementara anak kucing hutan yang ditemukan Solikhin dan Galih Fatoni di rumah Galih telah dievakuasi tim Sugriwa Les Cakra pada Sabtu (10/4) siangnya.

Sempat dirawat beberapa hari karena adanya luka di bagian sekitar bibir (dekat mulut), macan rembah tersebut akhirnya diserahkan ke Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kediri pada Senin (12/4) untuk mendapat penanganan konservasi yang layak.

"Kami sangat mengapresiasi kesadaran warga yang melaporkan temuan satwa liar jenis kucing hutan Jawa ini mengingat statusnya yang masuk daftar Appendix II CITES, yang artinya jenis satwa ini masuk spesies yang dilindungi karena jumlahnya di dunia yang terus menurun dan terancam punah," kata Yuga.

Mewakili komunitas peduli dan cinta satwa dan konervasi, Yuga juga menyampaikan terima kasih atas kesadaran masyarakat untuk menyerahkan satwa dilindungi.

"Apalagi ini dilakukan bahkan sebelum kami edukasi. Karena yang kali ini keliatan sekali mereka sadar pentingnya kelestarian satwa liar untuk keseimbangan alam," katanya.

Harapannya semakin banyak yang paham pentingnya kelestarian satwa liar seperti kucing hutan ini Karena jumlahnya yang semakin sedikit," ujar Yuga menegaskan.

https://jatim.suara.com/read/2021/04...mpungan?page=2

Lucu yakk nih cat forest iniemoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan 25 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Oh daerah wates kediri, kalau di daerah gw nyebutnya macan rembah

Setahu gw hewan yang kelihatan lucu tapi liar ini dilindungi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan 9 lainnya memberi reputasi
Lucu banget ya.. Mirip kucing walaupun sebenernya dia forest cat. emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Bangsa kucing memang kalau masih kecil, masih imut.
Tapi biasanya kalau sudah dewasa jadi pemburu profesional. Kucing rumahan juga seperti itu emoticon-Cool

Tapi miris juga sih, kekuasaan manusia atas alam. Sekarang habitat mereka terganggu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kucing galak
dari kecil kagak makan daging mentah juga gedenya masih galak
mending lepas kagak usah dipelihara emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan 7 lainnya memberi reputasi
Lucuuu emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan 5 lainnya memberi reputasi
Lumayan nih kalo diternakin buat basmi tikus emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ane jadi malu. emoticon-Malu emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Itu namanya rase kalau di homeland ku dulu banyak di hutan..
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
plot twist,,, kucing nya dijual ama yg dipercaya buat balikin ke hutan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan 2 lainnya memberi reputasi
Ya ampun lucu banget kucingnyaaa
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan gabener.edan memberi reputasi
anakan blacan ya??
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan gabener.edan memberi reputasi
Pelihara kucing hutan bikin dompet menangis,itu kucing ga doyan tahu tempe,apalagi ikan asinemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ditangkap begitu aja kah? emoticon-Confused bukannya kucing hutan dideketin aja marah takut gitu pengen ngecakar? anak kucing kampung aja sering kek gini kalo pertama ketemu manusia.

Tapi imut juga emoticon-Wowcantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan 2 lainnya memberi reputasi
blacan di tempat ane nyebutnya

masih banyak
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan gabener.edan memberi reputasi
Awasi tuh yg dapet hibah an.
emoticon-Matabelo
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
KUcing sejenis ini memang jd jenis langka dipelihara...
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan gabener.edan memberi reputasi
Daerah ane namanya blacan alias kucing hutan
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
lucu bangeeet liatnya, tapi keren deh si warga sekitar punya inisiatif buat ngelapor langsung ke lembaga terkait. jadi aman lagi deh sama induknyaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arsitekkediri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lucu yak ini kucingnya emoticon-Kiss (S)
profile-picture
profile-picture
imansnrysimans dan gabener.edan memberi reputasi
Garangan bukan
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di