CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Cara Mengganti Puasa Bolong Karena Haid dan Nifas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607573ccab21395efc25cb2f/cara-mengganti-puasa-bolong-karena-haid-dan-nifas

Cara Mengganti Puasa Bolong Karena Haid dan Nifas


Halo, Sista! Marhaban ya Ramadhan! Gak kerasa banget ya Ramadhan bener-bener udah di depan mata, eh malah bukan di depan mata lagi ya tapi udah mulai hari pertama. Seluruh orang Islam di bagian dunia mana pun, pada saat ini diwajibkan untuk berpuasa sampai 30 hari ke depan atau sampai hari kemenangan. Gimana nih sista hari pertama puasanya? Masih oke kan? Harus, dong. Hari pertama puasa gak boleh loyo dan sampai hari-hari seterusnya. Inget ya tapi jangan semangat puasanya aja, solat wajib, teraweh, dan segala ibadah juga harus terus ditingkatin, nih. 



Cara Mengganti Puasa Bolong Karena Haid dan Nifas

Photo By Riaouline.co.id


Rasanya seneng banget kan pasti bisa ketemu lagi di bulan yang suci dan penuh berkah ini? Tapi kalau kita sebagai wanita, sebagian besar pasti bakalan ngerasain yang namanya bolong puasa dan ibadah, bener gak sist? Salah satu penyebab dari bolong puasa ini adalah Haid atau Menstruasi dan Nifas. Menstruasi adalah ketika darah keluar dari vagina yang merupakan siklus wanita setiap bulannya. Siklus ini terjadi minimal satu bulan sekali dengan segala perhitungan waktu yang ada. Saat Haid, wanita tidak akan melakukan ibadah dalam bentuk apapun karena sedang tidak suci, tak terkecuali juga puasa. 


Sedangkan, Nifas adalah darah yang keluar karena melahirkan atau pasca melahirkan. Pada bulan Ramadhan, puasa merupakan hal yang wajib dilakukan, tetapi jika perempuan sedang mengalami yang namanya haid berubah menjadi tidak diperbolehkan. Fenomena menstruasi biasanya terjadi selama 5-15 hari, di luar itu merupakan bukan darah menstruasi. Sayang banget ya sebenernya harus gak puasa dan ngelaksanain ibadah lainnya di bulan suci Ramadhan yang cuma datang sekali ini. Sista sendiri tau gak sih cara mengganti puasa yang bolong di bulan Ramadhan? Atau biasanya cuek aja? Yuk, yang belum tau bisa simak yang di bawah ini:


1. Puasa Senin Kamis


Bagi sista yang masih bertanya-tanya, sebenernya boleh gak sih ngelakuin puasa pengganti Ramadhan berbarengan dengan puasa sunnah Senin-Kamis? Jawabannya boleh! Niat yang dibaca untuk puasa ini adalah pertama-tama membaca niat puasa pengganti Ramadhan, lalu puasa sunnah Senin - Kamis.


- Niat Puasa Pengganti Ramadhan


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu shauma ghadin 'an qadhā'I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta'âlâ

Artinya: Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadan esok hari karena Allah Ta'ala

- Niat Puasa Senin 


 نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنةً ِللهِ تَعَالَى 

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa 

Arti: Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala 

- Niat Puasa Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنةً ِللهِ تَعَالَى 

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

Arti: Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala

Cara Mengganti Puasa Bolong Karena Haid dan Nifas

Photo by cottonbro  from Pexels

Jangan Melakukannya Pada Waktu Di Bawah Ini


Ada beberapa waktu dimana dilarang untuk melakukan puasa pengganti Ramadhan. Waktu tersebut adalah, Idul Fitri (1 Syawal), Idul Adha (10 Zulhijah), Hari Syak (30 Syakban) yang biasa disebut juga dengan hari yang masih meragukan datangnya Bulan Ramadhan, dan Hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Dzulhijjah)



3. Batas Melakukan Puasa Qadha

Untuk batas waktu melakukan puasa pengganti tidak ditentukan, tetapi yang paling penting adalah tidak sampai kepada bulan Ramadhan berikutnya.



4. Tata Cara

- Melakukan Kegiatan Sahur

- Membaca niat berpuasa Qadha

- Puasa dari terbitnya Fajar sampai waktu berbuka (terbenam matahari)

- Membaca doa berbuka puasa


5. Ketentuan Bagi NIfas

Untuk ketentuan wanita yang mengalami Nifas sendiri, tidak diwajibkan untuk membayar amal Fidyah, melainkan dapat melakukan puasa Qadha saja. Tetapi, para wanita yang setelah melahirkan harus memperhatikan kondisi fisik mereka, kecukupan asi, dan kondisi anak mereka. Jika sudah kuat untuk melaksanakan Puasa Qadha, niat yang dilakukan pun akan sama seperti yang di atas.



Nah, itu dia untuk tata cara melakukan puasa Qadha atau puasa pengganti Ramadhan. Semangat terus puasanya sampai hari kemenangan, Sist! Kalian jangan berkecil hati kalau gak bisa puasa full 30 hari karena kesucian bulan Ramadhan akan terus mengalir dan semoga #RamadhanBerkah dirasakan kita semua ya, Sist!






profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 5 lainnya memberi reputasi
Heh beneran boleh ganti puasa bebarengan sama puasa senin kamis? Ini baru tau loh. Wah. Oke oke. Bakal ane lakuin sih abis bulan ramadan kelar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kikin24 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 45 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 45 balasan
kalo ngganti puasa bolong di taun2 sebelumnya gimana caranya ya emoticon-Mewek jd merasa berdosa bgt huhu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kikin24 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Nice info
profile-picture
profile-picture
adindaptrarn dan blunar memberi reputasi
muslimah sholehan nih sista TS ...
profile-picture
profile-picture
adindaptrarn dan blunar memberi reputasi
yang ane bingung kalo udah masuk bulan syawal, yang diutamain puasa sunnah 6 hari di bulan syawal atau ganti puasa di bulan ramadan dulu?
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
ane golongan yg kalo ganti pas udh deket2 mau puasa wkwkwkkww tp suka diingetin ibu anee suruh ganti bareng2 dirumahh jd ga berasa dehhh
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
kebetulan banget ane lagi masa nifas
dan lagi nyari info sebenarnya nantinpengganti puasanya gimana
thanks udah share infonya ya
profile-picture
kikin24 memberi reputasi
padahal udah niat dari jauh hari sebelum ouasa buat ganti yg bolong biar ga bebab ehhhh tetep aja gantinya h-beberapa hari puasa 😂
nice info. pas banget ane bacanya pas lagi ga puasa, bisa langsung di terapin inimah nanti. thanks ts.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di