CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60756aaf1c39df77ce40e1fb/gorengan-risol-cocok-untuk-cemilan-buka-puasa

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa




Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Siapa sih yang gak tahu makanan ringan Risol, pasti kamu ada yang membelinya di tukang gorengan. Tapi di bulan ramadhan seperti ini bagaimana kalau kita membuatnya sendiri.

Nah yang pertama kita siapkan dulu ya bahan-bahannya, kebetulan bahan untuk membuat risol ini tidak sulit ane membelinya di warung sayur dekat rumah.

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Quote:


Berhubung sebagian sudah ada di rumah, nah sebagian lagi beli di warung terdekat. Lalu bagaimana nih cara membuatnya, pastinya tidak sulit karena jajanan khas takjil dikala ramadhan ini sering kok dijual bebas.

Tapi kalau beli langsung jadi harganya juga lumayan, dapatnya juga sedikit mending bikin sendiri di rumah sambil menunggu buka puasa. Nah, kebetulan ane kurang ahli dalam memasak jadi cuma bantu jeprat jepret doang yang ngolah semua bini ane aih gan.

Buat Adonan Kulit

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Yang pertama kali ane lakukan adalah membuat adonan kulit dengan mencampur tepung terigu dengan tepung tapioka lalu masukkan susu bubuk, garam kemudian diaduk dulu sampai rata, setelah itu masukan deh kuning telur yang sudah disiapkan baru tambah air secukup nya kemudian aduk hingga adonan terlihat encer.

Panaskan penggorengan dengan sedikit minyak, dan adonan kulit pun siap untuk dimasak.

Buat Isian Risol

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Caranya juga cukup mudah, panaskan minyak dan tumis bumbu halus yang sudah disiapkan masukkan kentang, wortel yang sudah dipotong halus lalu tambahkan garam, masukan air dan masak hingga matang dan masukkan daun bawang.

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Sedangkan untuk mie bihun seperti memasak bihun pada umumya yaitu direbus dan tambahkan daun bawang serta wortel.

Menggoreng Risol

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Setelah adonan kulit dan isi sudah jadi, tinggal ambil lembaran kulit tadi dan isi dengan isian yang sudah dibuat, lalu oleskan dengan putih telur kemudian lapisi dengan tepung roti.

Selanjutnya panaskan wajan dan goreng risol hingga matang.

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa


Bumbu Kacang

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Ulek cabe secukupnya dan masaklah kacang tanah, kemudian ulek kacang bersamaan dengan cabai hingga halus lalu tambahkan air dan aduk hingga merata.

Dan inilah takjil sederhana, buatan bini ane gan. Lumayan buat buka puasa, daripada beli di luar mending bikin sendiri sisanya bisa simpen di kulkas buat besok hehehe...

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

Maklumlah irit pangkal medit emoticon-Hammer (S)

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
Pic : pribadi

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa



profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 10 lainnya memberi reputasi
GanCap masak ndak ajak2 Ane... emoticon-Mad

Ane kesel nih...
emoticon-Cool
Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane paling suka ngemil risol sambil menunggu waktu berbuka puasa emoticon-nyantai emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan baikl memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Karakter sebagian masyarakat Indonesia
Gorengan Risol, Cocok Untuk Cemilan Buka Puasa
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Aku suka risolemoticon-Ultah
Pas buka puasa ane sebisa mungkin menghindari makanan gorengan. Biasa buka dengan buah sih kek apel, semangka, atau minuman segar kek es buah.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Isinya apa dulu tuh risol? Kalo selain bihun gak mau ane
Cukup mudah ya gan bikinnya, apalagi sekarang banyak yang jual kulit risol jadi tinggal bikin isiannya aja deh.. setuju gan selain ngirit, bikin sendiri tentunya juga lebih terjamin kebersihannya..
Menu andalan dibulan ramadhan GORENGAN... MurMer dan Gampang bikin nya lanjutkan menu lain nya Gan emoticon-Cendol Gan
Mantaaap agan TS...risoool juara buatan sendiri pasti lebih mak nyuuuuus..
Kgn risol buatan ibu ane🥺
Jadi pengen
Thanks infonya gan saya coba


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di