CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Nostalgia Zaman Old! 5 Hal yang Sering Dilakukan di Bulan Ramadhan, Lucu dan Rindu!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60751002a10cb95243162c43/nostalgia-zaman-old-5-hal-yang-sering-dilakukan-di-bulan-ramadhan-lucu-dan-rindu

Nostalgia Zaman Old! 5 Hal yang Sering Dilakukan di Bulan Ramadhan, Lucu dan Rindu!

Nostalgia Zaman Old! 5 Hal yang Sering Dilakukan di Bulan Ramadhan, Lucu dan Rindu!
sumber gambar

Assalamualaikum sahabat kaskuser. Marhaban ya Ramadhan, ane mengucapakan selamat menunaikan ibadah puasa untuk saudara-saudara muslim dan muslimah. Bagaimana puasa pertamanya? InsyaAllah lancar ya. Semoga. Aamiin.

Nah, berhubungan dengan bulan suci Ramadhan, ane akan mengawali thread pertama bulan puasa dengan bernostalgia pada hal-hal yang sering kita lakukan saat kecil dulu. Kalau diingat-ingat seru dan lucu sih. Tentu Agansis juga punya pengalaman tersendiri tentang Ramadhan kan ya.

Bulan Ramadhan adalah bulan byang penuh berkah, dan sangat dinanti-nantikan oleh umat Islam sebagai bulan penuh ampunan dan pembakar dosa-dosa yang telah lalu. Semoga target bulan Ramadhan kita semua tercapai ya. Aamiin.

Setiap muslim akan menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita, ada euforia tersendiri saat Ramadhan sudah tercium baunya. Begitu pun untuk anak-anak, mereka akan merasakan euforia tersendiri menurut kadar dan kesenangan diri.

Berikut nostalgia hal-hal yang sering dilakukan anak-anak zaman old saat bulan suci Ramadhan.

1. Membangunkan orang sahur

Nostalgia Zaman Old! 5 Hal yang Sering Dilakukan di Bulan Ramadhan, Lucu dan Rindu!
sumber gambar

Membangunkan orang sahur menjadi rutinitas anak-anak zaman old. Jujur saja euforianya sangat terasa. Anak-anak zaman old akan mengelilingi kampung dan membangunkan orang-orang untuk sahur dengan cara berteriak dengan kalimat yang sudah sangat tak asing di telinga.

'Sahuuur ... sahuur!'

Teriakan itu diiringi suara gendang dan obor untuk penerangan. Kalau di tempat ane gak pakai gendang sih, tapi lebih ke memanfaatkan apa yang ada, botol aqua bekas misal. Apa pun jadi deh asal bunyi.

Momentya itu memang tak tergantikan dengan kehidupan anak-anak sekarang. Serunya luar biasa diiringi obrolan, canda dan tawa. Kadang ada yang kesel dibangunin dengan teriak-teriak ya terima diteriakin, haha. Tapi kadang memang mereka berterima kasih karena sudah dibangunin, kan ada orang yang memang tidurnya nyenyak sekali, susah bangun.

2. Asmara subuh

Nostalgia Zaman Old! 5 Hal yang Sering Dilakukan di Bulan Ramadhan, Lucu dan Rindu!
sumber gambar

Ini ane gak tahu sejarahnya kenapa namanya jadi asmara subuh. Apa memang diambil dari kisah asmara yang dilakukan saat subuh? Entahlah. Haha.

Yang anak-anak zaman old tahu, bahwa asmara subuh ini adalah kegiatan jalan-jalan keliling kampung, ngukur jalan lah ceitanya, dilakukan setelah menunaikan subuh dan dzikir berjamaah di surau atau mesjid.

Dulu, kalau subuh itu di tempat ane rame banget. Gak ada anak yang takut hantu saat bulan puasa, saking ramenya.

Kita berjalan sejauh yang diinginkan dari usai subuh hingga sekitar jam tujuh atau delapan pagi. Jalan kaki kayak olahraga gitu, sambil ngobrol dan tertawa. Seru banget ya Allah.

Menjadi ciri khas banget, anak-anak cowok dengan peci dan sarung di leher. Sementara anak-anak cewek dengan mukena dan sajadah yang menempel di bahu.

Ah, rindu sekali masa-masa ini.

Sekarang?

Mana ada seperti itu. Anak-anak lebih memilih main hape kan ya. Ya, memang sudah zamannya begitu. Sosial distancingnya emang kerasa antar teman.

3. Puasa setengah hari

Nostalgia Zaman Old! 5 Hal yang Sering Dilakukan di Bulan Ramadhan, Lucu dan Rindu!
sumber gambar

Mana nih yang waktu kecilnya sering puasa setengah hari?

Anak zaman old, yang belum cukup umur untuk puasa itu sering dididik untuk puasa setengah hari, setengahnya tidak puasa. Kalai masalah ini, ane rasa anak-anak zaman sekarang juga masih ya.

Ada juga nih yang bohong, pulang-pulang ke rumah pas siang, disuruh buka puasa karena udah setengah hari. Eh, malah udah duluan buka puasa sama teman-temannya. Yaelah, mainan anak zaman old itu berat, mulai dari renang, main kelinci, petak umpet, main karet, manjat pohon haha. Ya, ada yang udah duluan buka puasa dengan makan jambu atau buah apa gitu hasil buruannya.

Ini gak bisa dicontoh ya Agansis, wkwk.

Mana nih yang pernah? Hayo ngaku!

4. Ngabuburit

Nostalgia Zaman Old! 5 Hal yang Sering Dilakukan di Bulan Ramadhan, Lucu dan Rindu!
sumber gambar

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu buka puasa saat sore hari, biasanya diisi dengan jalan-jalan. Atau memilih menu buka puasa. Intinya mengisi kekosongan sebelum waktu berbuka puasa.

Anak-anak zaman old, ngabuburitnya gak tanggung-tanggung, misal main layangan, main sepeda, nyari ikan di rawa-rawa, nyari kerang dan lain-lain. Intinya main deh.

5. Duduk di depan menu buka puasa sebelum waktunya

Nostalgia Zaman Old! 5 Hal yang Sering Dilakukan di Bulan Ramadhan, Lucu dan Rindu!
sumber gambar
Yang pernah begini tunjuk tangan, wkwk

Pernah gak sih Agansis menunggu waktu buka puasa sambil duduk di depan meja, menatap menu-menu yang bikin ngiler. Ane sering, haha.

Padahal waktunya masih puluhan menit lagi, tapi ane udah nangkring aja, tuang minuman dalam gelas, ambil piring ngisi lauk penuh, wkwk. Sambil diliatin sesekali diaduk dengan partanyaan sama, 'berapa menit lagi sih? Lama amat!' sambil menahan iler yang rasanya mau keluar.

Pas buka puasa, eh setengah porsi pun gak habis. Banyakan minum doang. Godaan banget memang!

Makanya ane sekarng dah pengalamam banget deh masalah ginian, dulunya pas liat makanan rasanya pengen makan semua, tapi ntar gak habis. Sekarang ane kalau buka puasa yang secukupnya saja, udah tau banget itu bakalan gak habis kalau dituruti nafsu, tapi tetap nasi nomor utama.

Nah, itulah nostalgia masa kecil ane. Masa kecil emang gak bisa dilupakan dan gak akan pernah ditukar. Agansis punya pengalaman sama, atau berbeda? Boleh share di kolom komentar.

Oiya, satu lagi, pas beli baju lebaran. Datangnya sekeluarga ke toko baju, rame lah pokonya. Dan setelah baju sampai di rumah, dimasukin lemari sama emak. Eh, sebentar-sebentar diambil, diliatin, dicium, dites lagi dan lagi. Gak sabar banget nunggu lebaran. Malah ada yang bawa tidur kali ya itu baju baru, haha.

Anak zaman old emang beda emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Goyang

Sekian tgread ane kali ini. Semoga bermanfaat, see you emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

Ditulis oleh @ElviHusna
Pengalaman dan opini pribadi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
bkarasap12 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ElviHusna
Halaman 1 dari 2
Pejwan dulu!
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Anak-anak zaman old mana nih?
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Paling lucu pas nunggu buka puasa
hindari coli emoticon-Cool
Gak pernah puasa setengah hari dari kecil (sd) cuman main gak begitu aktif bangat 🤔
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
jaman ane sekolah kaga ada pulang setengah hari gan emoticon-Frown
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Quote:


Zaman ane ada, tapi ame gak permah juga. Temen-temen ane pada gitu, tapi yang biasa puasa oenuh itu rasanya hero banget, wkwk

Quote:


Zaman ane ada, hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rausanvikri dan 2 lainnya memberi reputasi
kgn bgt bisa menjalankan hari2 ramadhan seperti sedia kala emoticon-Mewek
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kangen itu semuaemoticon-Mewek
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sampai sekarang hanya bangunin sahur doang, itu geh udah gak asik lagi gak seperti dulu
Diubah oleh Nellenos
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Aish... jadi keinget dulu pernah bangunin sahur pake botol. Di tengah perjalanan botolnya pecah emoticon-Ngakak
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
bener-bener kangen masa keliling RT buat bangunin orang sahuremoticon-linux
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kgn masa itu
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Kalo ane kangen habis subuh jalan jalan si asliii
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Maen petasan sampe saur emoticon-Big Grin
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
iya dulu biasanya abis subuh bareng di masjid trs jalan pagi rame2, pulang2 tepar emoticon-Big Grin
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Dulu pas kecil tiap habis subuhan selalu main bola tuh wkwk
Habis tuh kehausan wkwk
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
tololnya ane dulu jam 5 sore gak kuat minta makan sangkin lapernya emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Ngabuburit sambil ngopi di warnet nyimak..
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Quote:


Banget emoticon-Mewek

Quote:


Sama. Sambil ngobrol,nkadang berantem sama geng tetangga :v

Quote:


Eh iya, lupa nulis ini. Main petasan 😭
Kalau di sini ada yang dibuat dari bambu, dimasukin karbit, dibakar. Apa bahasa Indonesianya?

Quote:


Wkwk, pulang tidur emoticon-Ngakak

Quote:


Buka di rumah temen :v

Quote:


Wkwk, padahal bentar lagi ya

Quote:


Wkwk, ginana ceritanya tuh? emoticon-Ngakak
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di