CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60742379a449b37a883ae932/menyambut-bulan-suci-berikut-hal-hal-yang-biasa-dilakukan-menjelang-ramadhan

Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!

Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!

Tak terasa Bulan Suci Ramadhan sudah di depan mata, GanSis. Pasti Agan dan Sista semua udah pada ga sabar kan? Yap! Kemungkinan besar, malam ini, semua umat muslim akan ramai-ramai melaksanakan ibadah Shalat Tarawih dan akan mulai berpuasa keesokan harinya. Kita tunggu kepastiannya saja melalui sidang isbat sore nanti.

Nah, dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, banyak tradisi-tradisi yang dilakukan oleh masyarakat muslim. Biasanya tradisi tersebut dilakukan bukan karena adanya anjuran dalam agama, melainkan budaya yang sudah menjadi kebiasaan turun menurun masyarakat Indonesia.

Berikut ini beberapa hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Muslim di Indonesia menjelang Bulan Suci Ramadhan!



Ziarah Kubur

Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!

Salah satu tempat yang ramai pengunjung menjelang Bulan Suci Ramadhan adalah Tempat Pemakaman Umum. Yap! Biasanya, masyarakat muslim pasti akan meluangkan waktunya untuk melakukan ziarah kubur. Selain untuk mendoakan mereka yang sudah meninggal dan mengingatkan diri sendiri akan kematian yang kian mendekat, ziarah kubur sendiri bertujuan untuk merawat dan membersihkan makam. Makam yang dikunjungi saat ziarah kubur biasanya adalah makam keluarga, khususnya orangtua. Tapi ternyata ga hanya mengunjungi makam keluarga saja, banyak masyarakat Indonesia yang juga berziarah ke makam Wali dan juga pemuka agama Islam lainnya loh.


Silaturahmi ke Rumah Saudara

Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!

Tradisi berkunjung ke rumah saudara tak hanya dilakukan saat Hari Raya saja, GanSis. Sebelum masuk Bulan Ramadhan pun banyak orang yang menyempatkan diri untuk bersilaturahmi ke rumah saudara. Berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri yang juga mengunjungi rumah saudara di kota-kota sebelah yang terbilang cukup jauh, silaturahmi saat menjelang Bulan Ramadhan biasanya hanya mengunjungi rumah saudara yang berada di kota yang sama dan memprioritaskan orang-orang yang lebih tua seperti kakek dan nenek.


Cucurak

Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!

Agan dan Sista tau ga apa itu cucurak? Cucurak biasa juga disebut curak curak, sebuah kata dari bahasa sunda yang memiliki arti senang-senang. Nah, biasanya sebelum sebulan penuh melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan, cucurak menjadi salah satu kegiatan yang juga sering dilakukan. Biasanya sih orang-orang akan berkumpul bersama keluarga, teman atau sahabat untuk bersenang-senang dengan makan-makan bersama. Yap! Makan-makan bersama dengan oragn-orang terdekat dianggap menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum memasuki bulan puasa, soalnya kalau bulan puasa ga bisa makan siang-siang, ehehehe.


Belanja Stok Makanan
Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!

Kalian pernah ga sih belanja ke pasar atau supermarket di hari-hari menjelang Bulan Ramadhan? Pasti kalian merasa kalau belanja menjelang Bulan Ramadhan lebih ramai dari pada biasanya kan? Kalau menurut ane memang seperti itu, biasanya orang-orang akan berbelanja dengan jumlah yang lebih banyak. Nah, abis belanja, para ibu rumah tangga biasanya langsung akan menguasai dapur untuk masak besar buat stok sahur dan buka puasa. Tapi tak hanya belanja buat stok dapur aja kok, stok cemilan untuk menemani sahur dan buka puasa juga pasti menjadi incaran banyak orang menjelanng Bulan Puasa.


Berpuasa

Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!

Meskipun banyak orang yang akan pergi main dan puas-puasin makan bersama dengan orang-orang terdekat. Tapi banyak juga loh yang justru rajin banget puasa bahkan sebelum Bulan Ramadhan tiba. Nah, orang-orang yang rajin berpuasa ini biasanya adalah perempuan-perempuan yang masih punya utang puasa di tahun lalu. Yap! Sebelum hutang-hutang puasa menumpuk dengan hutang puasa yang akan datang, makanya banyak yang mengejar membayar puasa sebelum Ramadhan datang.


Semoga puasanya lancar dan berkah ya!
#RamadhanBerkah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blunar dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rarirureror
Halaman 1 dari 2
sempet bingung sih sama makna dan tujuan ziarah, cuma kadang setelah sekian lama kita tuh butuh loh alesan buat ziarah haha. mungkin itu yaa tujuan nya. walaupun ane ngga perlu puasa sih buat ziarah.. he
Ngestock makanan buat sahur gan wkwkwk
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
belanja stok makanan kadang bikin kalap
hehe
Supermarket, pasar selalu rame kalo mau ramadhan ginii
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
paling kangen sama kegiatan silaturahmi ke keluarga yg di luar kota dan tetangga rumah sih karna pandemi jadi agak susah huhu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bener banget, nyetok makanan buat bulan puasa ada kegiatan yg paling ane sukaa 😆
Cucurak?? Baru tau ane wkwk
Seru juga kebiasaan cucurak ini, berkumpul sama keluarga teman sahabat rame2..
Belanja stok makanan menjelang puasa, belanja stok makanan untuk sahur menjadi rutinitas sebelum puasa..
Dulu suka nih silaturahmi, sekarang agak susah yaaaaa
Quote:


sama nih ane juga, ketemuan di makam buat ziarah bareng bareng
karena di kondisi saat ini Silaturahmi ke Rumah Saudara rasa-rasanya gak memungkinkan ya, palingan melalui telepon untuk menanyakan kabar dan saling maaf-maafan dulu untuk menyambut bulan ramadhan ya emoticon-Big Grin
profile-picture
blunar memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Yang paling asik ya belanja sih, walaupun pasti pasar dan supermarket rame banget
profile-picture
blunar memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:




Tahun ini sama tahun kemaren yang bikin beda nggak ada acara buka puasa bareng ya gan
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ziarah/nyekar udah, silaturahim sama keluarga udah, cucurak sekalian silaturahmi juga udah. Kalo di sunda ada lagi namanya tradisi MUNGGAHAN, tradisi makan-makan sebelum puasa. Mungkin sama kayak cucurak ya. Tinggal menjalani bulan puasa full ibadah.
profile-picture
profile-picture
kikin24 dan blunar memberi reputasi
di keluarga ane sih yang masih dilakuin sebelum puasa ya ziarah kubur itu gan
Ziarah kubur nih yg udah jadi tradisi di daerah ane, tiap h-1 puasa sih kuburan pasti rame karna banyak yg dateng ke makam keluarga untuk ziarah kubur. Nah ntar malemnya bareng2 pada bawa makanan ke musholla kek dapet dari kenduri gt
Selama pandemi sih gak ada jadwal2 buber yg sampe ngantri2 yak. Syukur deh dompet ane juga jadi aman
Diubah oleh siangpenat
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
sebelum puasa ziarah ke makam ayah ane.. sambil bersih-bersihin makamnya emoticon-Nyepi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ziarah kubur pasti tuh keluarga ane. Cuma tahun lalu aja ziarahnya gak rame2 sekwluaega besar emoticon-Matabelo
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
kalok menurut ane siiyyy padahal untuk bagian silaturahim sama ziarah kubur itu gk harus menjelang dan saat puasa loooch,, di saat saat lain / hari biasa juga seharusnya kita silaturahim dan tetep ziarah/nyekar rutin.....
Diubah oleh shoyusushi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di