CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Larang Indomaret-Alfamart Beredar, Wagub Audi: Hal Positif buat Sumbar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60740f37f9a51e1e2a68aaaa/larang-indomaret-alfamart-beredar-wagub-audi-hal-positif-buat-sumbar

Larang Indomaret-Alfamart Beredar, Wagub Audi: Hal Positif buat Sumbar

Larang Indomaret-Alfamart Beredar, Wagub Audi: Hal Positif buat Sumbar


Suara.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) memastikan akan tetap berkomitmen memberlakukan pelarangan beroperasinya ritel Indomaret dan Alfamart sebagai upaya melindungi UKM dan pengusaha lokal.

"Kami tetap konsisten dengan kebijakan itu karena ini merupakan sesuatu yang positif untuk Sumbar," kata Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy di Padang, Senin, usai menghadiri peresmian ritel Nagari Mart Sungai Pisang, Kasang.

Menurut dia, kebijakan ini mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan di luar Sumatera Barat dan ia berharap pengusaha lokal yang bergerak di bidang ritel mengambil peluang ini.

"Sebenarnya kalau mau buat usaha ritel di Sumbar peluangnya besar karena Indomaret dan Alfamart tidak ada," ujarnya.

Ia memastikan lewat kebijakan ini bukan berarti Sumbar menutup diri dari investasi luar namun memberikan peluang bagi pelaku usaha ritel lokal berkembang.

Audy menilai kunci keberhasilan usaha ritel adalah dikelola dengan baik mulai dari operasional, sumber daya manusia, dan lainnya.

"Semua harus punya standar operasional prosedur yang baik dan terstandar," katanya lagi.

Ia melihat jika pengelolaan usaha ritel tidak baik maka akan sulit berkembang dan bertahan.

Apalagi sekarang era digital semua bisa dikelola lewat teknologi informasi mulai dari stok barang hingga laporan keuangan, katanya.

Termasuk, kata dia, soal pelayanan harus bisa memberikan yang terbaik kepada konsumen, dalam usaha ritel semua orang bisa membuka usaha sehingga tidak ada monopoli, dan kunci memenangi persaingan ada di pelayanan.

Selain itu ia berpesan agar pelaku usaha ritel memberi ruang bagi produk UKM lokal dengan membuatkan pojok khusus UMKM yang bisa terlihat.

Sementara Direktur Utama PT Nagari Minang Sakato, Nasirman Chan selaku pengelola Nagari Mart menyampaikan kehadiran Nagari Mart merupakan upaya memudahkan masyarakat yang ada di nagari memenuhi kebutuhan belanja harian.

"Jadi tidak perlu harus ke kota lagi dalam pengelolaan dan kerja sama menerapkan sistem koperasi," kata dia.

Ia menyampaikan saat ini ada sekitar 1.000 nagari di Sumbar dan jika 10 persen saja siap bekerja sama mendirikan Nagari Mart itu sudah luar biasa.

Sejalan dengan itu Ketua Kadin Sumbar Ramal saleh menyampaikan saat ini terdapat 600 ribu pelaku UKM di Sumbar dan jika didukung dengan baik maka Sumbar sudah punya 10 persen wirausaha dibandingkan total penduduk. (Antara)



https://www.suara.com/news/2021/04/1...umbar?page=all

profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Seingatku, tahun 2017, memang gak ada tuh Alfa & Indomart, yg ada itu Minangmart di sana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Sumbar gabung NKRI sumbangsihnya apa?
Menjajah provinsi Laen?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 32 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 32 balasan
ya baguslah... karyawannya bisa usaha sendiri disuruh jualan nasi padang emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Setujuuuu
Semoga daerah laen menirunya,tp pastikan dl pelaku bisnis lokal nya ada ya minimal klo gk bs melarang dibatasin aja lah biar gk terlalu brutal itu indo&alfamart
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.zen204... dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
sumbar? coba ke kupang/ntb..blm ada indomaret/alfamart..
masih minimarket masyarakat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abau. dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Curiganya sih ada jajaran pejabat yg punya saham di nagari mart tuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baongmania dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 35 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 35 balasan
Ga boleh Indomaret dan alfa mart tapi boleh nagari mart?
Kaga salah?

Harusnya yg diperhatikan dan diregulasi itu peraturan distribusi dan harga barang.

Bikin harga jual tiap produk konsumsi sama, bila ada yg melanggar yg dikenakan denda penjual dan produsen nya. Baru bisa yg modal kecil bersaing.

Bukan dengan melarang usaha oleh sebagian orang tapi yg lain karena kedekatan boleh berusaha.

Suudzon nya nagari mart bekerja sama dengan Indomaret atau Alfa mart yg sudah punya sistem sangat bagus

profile-picture
profile-picture
profile-picture
akih dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Gw gak ada masalah sama kebijakan ginian emoticon-Cool
Karena PKS yg berkuasa, sampe Ritelpun harus yg ada halal2nya......

Bentar lg Depok jg bakalan kayak gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
padang cocoknya bikin ssgb-mart
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bodo amat ah bukan orang sono jg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 3 lainnya memberi reputasi
keep goblok aja... tuh daerah

1. alfamart dan indomart itu banyakan franchise, yang punya juga banyakan rakyat kecil yang punya ruko (alias penduduk sendiri bukan perusahaan)

2. alfamart dan indomart itu harganya sampe ke pecahan 50 dan 100 kalo toko biasa apalagi di daerah sih paling dibulatkan ke 500 bahkan ke 1000an terdekat blom lagi yg dibayar sama permen, kalo gak percaya coba aja belanja di alfamart, mie instant paling harganya 2700 kalo beli di toko retail kelontong biasanya karena males kembalian malah dihargain 3000
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baongmania dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 31 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 31 balasan
Sumbar.. Baru kejadian di tempat ane ada calon pegawai asal sumbar baru mau join tiba2 cancel. Sdm-nya suram.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh vangoz
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
" ALFA MART DAN INDOMART DILARANG DENGAN ALASAN MELINDUNGI UKM DAN FENGUSAHA LOKAL

truss kasih ijin ama NIAGA MART .. ini afaaa cobaa , kok rasiss banget ..
ini mau MONOPOLI afaa ... KUOONTOL 2an ..


Gini femerintah pusat tutuf mata .. tolol cuks emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau 212 Mart pasti boleh dong! emoticon-Cipok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Perlu diazab lagi provinsi ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
padahal perusahaan publik mensejahterakan masyarakat
apalagi buat yg hunting cb


kode BELIVOUCHER di tokoijo produk digital pilih food&voucher cari domar atau alva
jam 00:00wib cb10/25

beli kupon alva di tokooren deal jam 10:00wib dan 17:00wib
atau nanam

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 37sanchi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:



adaa halal - halalnya atau pengusaha ritel haruss seimam ..

Kemaren blumm selesai soal vaksin ditanya agama afaa .. truss gak bisa registrasi
Sekarang ritell .. besok afalagi ..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan 3 lainnya memberi reputasi
ya kalo mmg niatnya mau melindungi ukm mestinya mart2 lain juga gak boleh beredar dong, termasuk 212 mart krn mrk adalah pengusaha besar, cukup warungnya bang haji, mpok nenah, mbak jamilah

kadang ketidakadilan di tunjukan oleh pemimpin yg kita sanjung2 atas nama agama emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Die yg rugi, kan indomaret ada ppn 10%.
Kuat berapa lama ga tergoda?
jokowi juga gw denger dulu ngelarang supermaket besar masuk pas disolo
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 37sanchi memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di