CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607405de44bf805c221817af/tegas-sumbar-komit-larang-indomaret-dan-alfamart-beroperasi

Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi

Tegas! Sumbar Komit Larang Indomaret dan Alfamart Beroperasi


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tetap berkomitmen melarang retail Indomaret dan Alfamart di Ranah Minang. Hal ini merupakan salah satu langkah melindungi UKM dan pengusaha lokal.

"Kami konsisten dengan kebijakan itu karena ini merupakan sesuatu yang positif untuk Sumbar," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Senin (12/4/2021).

Menurut politisi PPP itu, kebijakan melarang perusahaan retail raksasa beroperasi di Sumbar mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan di luar Sumbar.

"Sebenarnya kalau mau buat usaha retail di Sumbar, peluangnya besar karena Indomaret dan Alfamart tidak ada," tuturnya.

Audy memastikan, kebijakan pelarangan itu bukan berarti Sumbar menutup diri dari investasi luar. Namun, memberikan peluang bagi pelaku usaha retail lokal berkembang.

Menurutnya, kunci keberhasilan usaha retail adalah dikelola dengan baik mulai dari operasional, sumber daya manusia dan lainnya.

"Semua harus punya standar operasional prosedur yang baik dan terstandar," katanya lagi.

Jika pengelolaan usaha retail tidak baik maka akan sulit berkembang dan bertahan. Apalagi di era digital saat ini, semua bisa dikelola lewat teknologi informasi mulai dari stok barang hingga laporan keuangan.

"Termasuk soal pelayanan harus bisa memberikan yang terbaik kepada konsumen. Semua orang bisa membuka usaha sehingga tidak ada monopoli dan kunci memenangi persaingan ada di pelayanan, ujarnya.

Dia juga berpesan agar pelaku usaha retail memberi ruang bagi produk UKM lokal dengan membuatkan pojok khusus UMKM yang bisa terlihat.

Sementara itu, Direktur Utama PT Nagari Minang Sakato Nasirman Chan selaku pengelola Nagari Mart menyampaikan, kehadiran Nagari Mart merupakan upaya memudahkan masyarakat yang ada di nagari memenuhi kebutuhan belanja harian.

"Jadi tidak perlu harus ke kota lagi dalam pengelolaan dan kerja sama menerapkan sistem koperasi," katanya.

Saat ini, katanya, ada sekitar 1.000 nagari di Sumbar dan jika 10 persen saja siap bekerja sama mendirikan Nagari Mart itu sudah luar biasa.

Ketua Kadin Sumbar, Ramal Saleh mengatakan, saat ini terdapat 600 ribu pelaku UKM di Sumbar dan jika didukung dengan baik maka Sumbar sudah punya 10 persen wirausaha dibandingkan total penduduk.



Sumber



Mantap betul emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kepala.hitam46 dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
maunya oke oce mart ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gantarIDWS dan 4 lainnya memberi reputasi
Klean dengar !! emoticon-Marah
Warga kismin dan pemerintah daerah sumbar kismin tidak sukak klean emoticon-Blue Guy Bata (L) hayuh tutup bgsd !




emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
murayh0 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Keren sih idenya
Tidak ada lagi toko merah dan biru
Toko klontong berjaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nikkie dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 21 balasan
Untung kagak tinggal d sumbar, buat ane ada mart2 itu untung, butuh apa2 dekat dan harga pasti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Kalau gojek grab ada ga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Vincent.A.T. dan 2 lainnya memberi reputasi
Sebenarnya kalau mau buat usaha retail di Sumbar, peluangnya besar karena Indomaret dan Alfamart tidak ada," tuturnya.

Serius ga ada Alfa/indo di Sumbar?emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)



Bat@!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Minang Mart adalah jaringan toko swalayan yang dikelola oleh masyarakat di Sumatra Barat. Berbagai hasil pertanian, perkebunan, perikanan, dan kerajinan masyarakat Minang dijual di Minang Mart untuk dijual kembali kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau.[1]

Awal mulanya Pemerintah Provinsi Sumatra Barat meluncurkan program 1.000 Minang Mart pada akhir Mei 2016. Tujuan program Minang Mart adalah untuk menghidupkan ekonomi masyarakat Minang, namun tujuan tersebut urung terwujud karena ada banyak masalah di dalam management. Minang Mart merupakan hasil kolaborasi dari tiga Badan usaha Milik Daerah (BUMD) setempat. Tiga BUMD yang terlibat dalam program ini adalah PT Grafika, Bank Nagari, dan Jamkrida. Dan saham terbesar dipegang oleh my jenedi group [1]

Menurut pengalaman penulis, bahwa toko swlayan yang tidak berasal dari hasil kerja orang Minangkabau tidak di ijinkan. Jikalu ini salah mohon diperbaiki.


ini mah monopoli oleh bumd.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
212 mart boleh??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kemphonk dan 4 lainnya memberi reputasi
cuma ganti preman lokal aja, ga ngaruh......istilahnya lu pilih 2 preman impor plus lokal atau preman lokal doang...hahaha emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Sumbar? Gak heran lah..... mau sok sokan jadi daerah istimewa juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balado.jengkol
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
alhamdulilah.... staff nya nganggur siap ditampung ama pemerintah daerah istimewa
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ganti monopoli doang
Ntar (pura2) kaget pas ditelusuri ada kaitannya dengan pejabat lokal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Keren sih ini
Selama tidak ada monopoli dan semena2 nya minimarket lokal,kebijakan ini harus didukung sih
Indo dan alfamart emng udah keterlaluan sih penetrasi bisnis nya ngeri
Kenapa dilarang? Indomart dan alfamart menjamur malah menguntungkan konsumen
bisa milih vendor yang paling murah.Biasanya kan deketan, bisa bandingin harga dan promonya dulu
emoticon-Leh Uga
Toko ukm mati? nggak juga , warung batak masih hidup kok...saling melengkapi
beli gas apa rokok ngeteng tetep ke warung

indo alfa kelebihannya bisa buat bayar macem macem.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kodokuper dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Kenceng itu sogokan Syariah nya sampai bisa halangin ritel besar masuk ke Sumbar emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
lebih parah dari aceh emoticon-Leh Uga
profile-picture
mudokons memberi reputasi
Di bantul klo ga salah kan juga ga ada..
Tp ntah sekarang
Jaman ane masih muda dulu sih
profile-picture
rafitakashi88 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Padahal kalo gw turing.. Ada alfa/indo mart itu gw jadiin patokan (checkpoint) bahwa daerah itu ada "peradaban".. Jadi kalo ada apa2 gampang.. ATM/resupply/toilet/sinyal.. emoticon-Malu (S)

Berarti asumsi gw sekarang makin jelas.. Sumbar itu tidak punya peradaban.. emoticon-Malu (S)

emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nikkie dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Ukm toserba yg dilindungi, ukm2 lain gmn bapack?
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan scorpiolama memberi reputasi
Adanya 212 Mart sama Minang Mart..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di