CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6073e58bd508993c352ca2d1/ngaku-sulit-bayar-thr-penuh-pengusaha-terserah-mau-diapakan

Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan

Ngaku Sulit Bayar THR Penuh, Pengusaha: Terserah Mau Diapakan

Pemberian tunjangan hari raya (THR) tidak boleh dicicil dan wajib diberikan selambat-lambatnya H-1 Lebaran kepada karyawan. Jika melewati batas waktu yang disepakati, pengusaha bakal dikenakan denda dan sanksi administratif sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan.

Menanggapi itu, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial, Anton J Supit mengatakan pemberian THR sudah pasti akan dilakukan bagi perusahaan yang mampu. Bagi yang tidak mampu, dia menyerahkannya kepada pemerintah tindak lanjutnya.

"Buat sebagian pengusaha yang mampu no problem, mereka akan tetap bayar. Bagi yang tidak mampu dan kesulitan cashflow kan mereka harus bayar double, gaji dan THR. Penjualannya tidak mencukupi, pasar lagi lesu, apakah mereka mau dihukum? Kita terserah pemerintah saja mau diapakan," kata Anton, Senin (12/4/2021).

Anton menyebut kondisi perusahaan yang tidak bisa membayar THR bukan dibuat-buat, meskipun jumlah yang bisa memenuhi kewajibannya dinilai akan bertambah dari tahun lalu. Namun belum semua perusahaan bisa memberi THR.

"Mau pinjam uang juga tidak tahu mau pinjam kemana kan ini masalah cashflow jadi harus dalam bentuk komunikasi. Artinya kalau untuk survive saja dia sudah sulit, mau ngambil dari mana? Kita jangan berasumsi keadaan sudah normal sehingga mengeluarkan kebijakan yang normal," tuturnya.

Baca juga:Parah... Sudah Mau Puasa Lagi, 103 Perusahaan Belum Bayar THR 2020

Untuk menambahkan, Ketua Komite Advokasi Dewan Pengupahan Nasional (DPN) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Darwoto meminta jadwal pemberian THR bisa dilakukan sesuai bipartit (antara pengusaha dan pekerja).

"Prinsipnya kita menghargai keputusan pemerintah terkait surat edaran dimaksud, namun kita jangan menutup mata karena ada perusahaan yang betul-betul tidak mampu secara cashflow, sehingga perlu penjadwalan pembayaran THR secara bipartit," tuturnya.

Menurut Darwoto, jadwal pemberian THR sesuai hasil bipartit sah saja dilakukan bagi perusahaan yang memang benar tidak mampu.

"Kalau disepakati antara pekerja dan pengusaha kan boleh-boleh saja (dicicil), kan yang penting dibayar dan tidak dikurangi," imbuhnya.

https://finance.detik.com/berita-eko...h-mau-diapakan

Tahun ini mantap banget ya. UMR ngga naik, THR ngga penuh atau dicicil, tapi pemerintah masih tega akan naikkan tarif listrik, tol, dll. Sedap banget. 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hattori hanzo dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh NEVERTALK1
Halaman 1 dari 6
Sedih juga denger kaya ginian emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Noobster dan 3 lainnya memberi reputasi
Penjara emoticon-Marah dah taw bangkrud ndak segera phk. malah maen php kurang ajar klean ?!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iisskywalker dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Gini masih yakin ekonomi bounce back?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
penjarakan!!!!
perusahaan tutup!!!
nganggur!!!
asik!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Di saat2 sulit spt skrg mmg pengusaha - pekerja hrs saling pengertian. Yg nggak perlu dikasih pengertian itu:
1) pengusaha yg saat untung gede diem2 bae, tp kalo susah dikit meweknya sepanjang jalan kenangan!
2) pekerja yg males2an, datang absen lalu cuma numpang ngabisin waktu terus pulang tanpa sumbangsih berarti buat bisnis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zenzeiokta dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
Bentar lagi listrik dan LPG naik ya😭
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semua pasrah

emoticon-Traveller
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Saling pengertian emoticon-Traveller
Penyelengara negara sih harapan nya pengusaha ikut cara pemerintah yaitu NGUTANG ke bank dunia.








emoticon-Traveller
Solusi gampang trus bayar nya anak cucu pengusaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cahmeneng dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kata siapa UMK ngga naik?? UMK tahun 2021 naik kok...., hanya sebagian yg ngga naik
dikira bumn apah... dah blangsak, defisit, rugi trilyunan thr bonus tetep cair emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bayar thr tp jangan bayar pajak itu solusinya biar pemerintah mikir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ya anda tidak sendirian, ajukan pailit aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
buruh udah kayak tukang palak emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Benyamin90 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bubarkan BUMN free papua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cahmeneng dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Anggap utang ke karyawan aja gimana caranya
profile-picture
secer memberi reputasi
Jangan salahkan pengusaha, salahkan partai
profile-picture
profile-picture
cahmeneng dan fiperman memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Iqbal....tidak suka alasan ini.....emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ableseaman dan extreme78 memberi reputasi
biarin aja pemerintah ngomong apa
intinya adalah komunikasi karyawan dan pengusaha
klo sepakat, pemerintah juga ga bisa kasih hukuman

tahun lalu untung dikit ( jauh dibanding sebelum covid) tapi ga rugi
tetap potong 50% THR dan 25% gaji mereka, sampai 6 bulan


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yg gak sanggup ajukan pailit aja, jangan cuma mewekan di media
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xinq dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di