CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Long Distance Marriage : Komunikasi itu Vital Meski Sebatas Virtual
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60735a21d5d30b3d7009d6c0/long-distance-marriage--komunikasi-itu-vital-meski-sebatas-virtual

Long Distance Marriage : Komunikasi itu Vital Meski Sebatas Virtual

Long Distance Marriage - Jauh sebelum pandemi mungkin banyak para pasangan yang terpaksa harus mengarungi bahtera rumah tangganya dengan kondisi yang akrab disebut LDM. Adalah sebuah situasi dimana terjadi hubungan jarak jauh dalam sebuah pernikahan, suami dan istri tidak tinggal secara bersama oleh karena satu dan lain alasan. Mulai dari urusan kedinasan di luar kota, merantau untuk mencari nafkah, dan masih banyak lagi faktor yang menjadi penyebabnya. 

Long Distance Marriage : Komunikasi itu Vital Meski Sebatas Virtual

Peraturan Larangan Mudik Tahun 2021


Dalam thread sebelumnya saya sudah bagikan tentang bagaimana rasanya menghadapi wacana mudik yang sudah dipastikan akan gagal total. Partai ulangan dari Lebaran tahun lalu yang juga harus urungkan niat mudik akibat adanya pembatasan angkutan transportasi demi menekan angka sebaran Covid-19. Meski serasa pelik, namun hati ini harus belajar berdamai dengan ikhlas untuk lapang menerima kenyataan akan gagal berkumpul bersama keluarga saat hari kemenangan tiba. 
Melalui surat edaran, Pemerintah sudah sah melarang masyarakat guna melakukan kegiatan mudik pada Lebaran tahun 2021. Adapun larangan tersebut tertuang pada Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 bernomor 13 Tahun 2021,  yakni tentang Peniadaan Mudik di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah selama kurun waktu 6 - 17 Mei 2021. Sebagai info tambahan nih gan, bahwa larangan ini berlaku di semua moda transportasi, yaitu transportasi laut, udara, dan darat. emoticon-Mewek

Gagal Mudik Part 2


Masih terbayang ingatan bulan puasa dan hari Lebaran tahun lalu, di tanah sepetak (rumah kontrakan), berteman kesendirian sembari menjaga baterai smartphone tetap terisi demi tetap dapat berkomunikasi. Meski tak sendirian, karena para tetangga kanan kiri rumah pun mereka juga tak pada mudik, namun ada saja rasa janggal karena tak bisa berkumpul dengan keluarga tersayang.
Sedih dan terharu serasa kompak menjadi satu, melebur bersama angan membayangkan akan betapa indahnya hari lebaran bareng keluarga di kampung halaman. 
Besar kemungkinan Ramadhan dan Lebaran tahun ini akan serupa dengan tahun kemarin, menimbun rasa rindu, menabung rasa kangen, ekstra sabar, hingga akan tiba waktu untuk menghempaskannya dikala mudik diperbolehkan kembali. 

Akan ada banyak hal yang nongkrong di kepala, rasa kangen yang terus membayang aka nberbagai hal dan keseruan selama berlebaran di tanah kelahiran. Momen dimana bisa berkumpul bareng keluarga dan kerabat, menikmati ketupat dengan resep masakan khas keluarga, bersalam-salaman untuk saling memaafkan dengan tetangga dan kerabat, hingga berfoto-foto dengan pose seru yang kemudian unggah ke jagad maya untuk sekadar berbagai atau demi eksistensi. 

Komunikasi Vital Meski Sebatas Virtual


Long Distance Marriage : Komunikasi itu Vital Meski Sebatas Virtual

Atas alasan gagal mudik dan juga tetap semangat memperhatikan adanya protokol kesehatan, semoga tetap kebahagiaan bisa dirasakan oleh kita semua yang masih dan sedang berjuang di tanah rantau meski diselimuti dengan awan galau. Komunikasi menjadi hal yang sangat vital, walaupun kita tak bersua secara langsung, namun bersyukur dengan masih dapat berhubungan meskipun sebatas lewat ranah virtual.
Halal Bihalal keluarga bisa dilakukan secara daring, memanfaatkan produk teknologi seperti Zoom maupun Google Meet untuk langsungkan proses saling maaf memaafkan. Mengobati rasa kangen kepada anak istri, orang tua, dan kerabat meski hanya lewat gambar dan suara, menikmati ketupat dan opor ayam resep khas keluarga walau hanya dari balik lensa. 

Tetap jaga komunikasi dengan keluarga dan jangan kasih kendor untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, dan semoga #RamadhanBerkah bisa dirasakan oleh kita semua emoticon-2 Jempol.


 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trisutrisno22 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.KAPTEN
Halaman 1 dari 2
Posting dimari untuk titip salam dari kalian untuk orang Ter-Zheyenk versi kalian semua... emoticon-Big Kiss

Quote:
Untung dirumah orang tua masih ada adek, jadi bisa komunikasi via zoon gitu nanti lebarannya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sedih emang ya kalo sampe ga bisa mudik ke kampung halaman, untung sekarang ada banyak aplikasi yang bisa buat video call an barengan
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


Quote:


Ya gan, jadi berbantukan teknologi halal bihalal bisa dengan virtual
profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
betul.. taun lalu juga pas lebaran ane video call sama sodara-sodara yang di luar kota. sedih soalnya biasanya bisa ngumpul emoticon-Mewek
profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
Diubah oleh dhinyzfrn
Semoga aja masih bisa dipertemukan dengan keluarga masing² gan 🙏
profile-picture
profile-picture
fira262 dan shoyusushi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kemajuan teknologi ngebantu banget sih, walaupun gak ada yang ngalahin komunikasi langsung emoticon-Toast
profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
Kunci dari keberlangsungan sebuah hubungan emang komunikasi sih
profile-picture
profile-picture
fira262 dan shoyusushi memberi reputasi
Lebaran tahun lalu juga ane virtual tapi masih berasa suasana lebarannya, semoga tahun inipun juga bisa seperti itu emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
fira262 dan shoyusushi memberi reputasi
Bener, ya selain komunikasi banyak juga sih kaya saling eprcaya dll, tapi komunikasi itu salah satu yg terpenting
profile-picture
profile-picture
fira262 dan shoyusushi memberi reputasi
Kayaknya bakal kayak taun kemaren, zoom bareng bareng sekeluarga besar. Ya meski masih pandemi, tapi tetep bisa berkomunikasi dan bertatap muka meski lewat zoom
profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
berat rasanya kondisi di lebaran tahun lalu ternyata masih harus terulang lagi disaat ini, tak apa sementara ini kita hanya sebatas virtual saja semoga di tahun mendatang semua ini telah usai dan kita bisa berkumpul bersama lagi 😭
profile-picture
profile-picture
fira262 dan shoyusushi memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Masih nyesek si, mau se oke apapun teknologi pasti tetep ingin bertemu
profile-picture
profile-picture
fira262 dan shoyusushi memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Betul. Satu2nya cara untuk mengurangi kerinduan ya dengan komunikasi. Walaupun belum bisa liat fisiknya, tapi setidaknya bisa dengar ceritanya
profile-picture
profile-picture
fira262 dan shoyusushi memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
ane yang tinggal sama orang tua aja sedih denger temen temen yang gk bisa mudiikk........ gk kebayang gimana rasanya temen temen yang gagal mudik teruusss karena covid 19......
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


beneeerrr...... apalagi yang kepisah sama pasangan/anak/orang tua..... pasti kepingin sekali cium tangan orang tuanya di hari idul fitri emoticon-Mewek
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Quote:


sepakaaatttt..... karena kunci dari hubungan manusia itu kan komunikasi yeeess...... dari jaman dulu mulai dari surat suratan.... telfonan.... sms.... sampek sekarang bisa video conference itu sudah sangat membantu meskipun gk akan bisa gantiin interaksi langsuuungg
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Pasti kangen banget sama pasangan dan anak buat yang LDM ya, ane turut prihatin emoticon-Sorry
profile-picture
shoyusushi memberi reputasi
Quote:


Quote:


kangen berat bro
profile-picture
profile-picture
fira262 dan shoyusushi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Air tak selalu jernih, begitupun ucapanku.
Kapas tak selalu putih, begitu juga hatiku.
Walaupun tidak bisa pulang kampung, setidaknya komunikasi virtual bisa mengobati rindu ~
profile-picture
fira262 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di