CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Yartsa Gunbu, Bukti Bahwa Parasit Juga Bermanfaat Dan Bisa Bernilai Miliaran!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607307af757ccc1b53352130/yartsa-gunbu-bukti-bahwa-parasit-juga-bermanfaat-dan-bisa-bernilai-miliaran

Yartsa Gunbu, Bukti Bahwa Parasit Juga Bermanfaat Dan Bisa Bernilai Miliaran!



Yartsa Gunbu, Bukti Bahwa Parasit Juga Bermanfaat Dan Bisa Bernilai Miliaran!
sumber gambar: Yartsa Gunbu


Parasit selalu saja dianggap pengganggu yang harus dimusnahkan, parasit bisa menyerang manusia dan juga hewan dengan menyerap nutrisi dari inangnya hingga meninggal.

Namun, tahukah para kaskuser bahwa ada parasit yang kabarnya memiliki banyak manfaat dan dihargai sampai miliaran?

Parasit ini adalah Yartsa Gunbu yang merupakan sebuah jamur dengan proses pertumbuhan yang unik dan hanya ditemukan di dataran tinggi Tibet, Tiongkok.

Bentuk dari jamur Yartsa Gunbu ini juga unik sekaligus menggelikan, mirip seperti ulat kecil yang memiliki tangkai atau tanduk.

Yartsa Gunbu, Bukti Bahwa Parasit Juga Bermanfaat Dan Bisa Bernilai Miliaran!
sumber: gambar

Ternyata bentuk yang unik ini tidak lepas dari proses tumbuhnya jamur yang bernilai tinggi ini.

Bagaimana proses tumbuhnya?

Quote:


Proses memanen jamur ini terbilang sulit karena tangkai yang timbul kepermukaan itu sulit dikenali, serupa dengan tumbuhan lain yang ada di dataran tinggi tersebut. Selain itu, pengambilannya juga sulit karena tanahnya sangat keras, jadi perlu ekstra hati-hati dalam menggalinya agar tidak merusak tangkainya.

Yartsa Gunbu, Bukti Bahwa Parasit Juga Bermanfaat Dan Bisa Bernilai Miliaran!
Ukuran besar Yartsa Gunbu
Sumber: gambar


Nama Yartsa Gunbu ini memiliki arti "rumput musim panas, cacing musim dingin".

Yartsa Gunbu di pasar global memiliki harga jual yang sangat tinggi, menurut The Atlantic harga jualnya bisa mencapai 5 sampai 11 miliar dolar.

Jamur Yartsa Gunbu ini menjadi sangat mahal harganya karena dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan, Yartsa Gunbu ini sangat populer dalam pengobatan Tiongkok.

Quote:


Melonjaknya harga dari jamur Yartsa Gunbu ini sangat membantu perekonomian di dataran tinggi Tibet pada setiap tahunnya. Peminatnya yang jadi lebih banyak membuat permintaan pun semakin tinggi.

Namun, apapun yang berlebihan tentu tidak baik dan memiliki akibatnya sendiri. Seperti yang terjadi pada Yartsa Gunbu ini.

Meningkatnya permintaan membuat penduduk memanennya berlebihan, sehingga jamur pun menjadi langka. Alasan lainnya juga karena pemanasan global yang terjadi pada dunia saat ini.

Jadi, intinya Yartsa Gunbu ini adalah salah satu bukti bahwa tidak selamanya parasit itu menjadi pengganggu. Adakalanya parasit memberikan kita manfaat jika berada di tempat yang tepat.

Hal ini bisa saja kita samakan dengan mereka yang sering membicarakan dan menjelek-jelekkan kita. Kita memang tidak akan nyaman dengan ini, tapi jika dipikir lagi mereka itu tanpa sadar membuat kita lebih terkenal, karena orang-orang yang penasaran tentang kita akan mencari tahu tentang kita.

Betul gak? emoticon-Malu

Okelah sampai di sini dulu thread hari ini semoga bermanfaat, selamat malam dan terima kasih. emoticon-terimakasih

@istijabah
Referensi: di sini


profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubangkaca dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Di Indonesia gak ada ya ....
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Aku belum pernah tau tentang ini sih, keren.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
hmmm...
biasanya parasit gampang tumbuhnya, tapi yang ini sulit
Nilainya memang banyak itu miliaran, apalagi manfaat. Tapi memang sangat banyak saat ini yang manfaat dan tidak manfaat dari sisi parasit ini. Dan kemudian morgellons yang membuat badanmu ditumbuhi benang hidup.
Wah manfaatnya banyak jg.
jamurnya kek keris emoticon-Bingung
Bahan yg dipake buat mencegah penyakit aja segitu mahalnya yah
Apalagi bahan untuk awet muda atau keabadian ?
wow. ngeri juga ya, proses matinya si ulet. ulat setengah jamur. ckckck.
Itu tubuh ulat nya ikutan dikonsumsi yak?
profile-picture
jamban.bocor memberi reputasi
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang Yartsa Gunbu.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
Quote:


Sama aja kayak makan ulat emoticon-DP
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Bahasa ilmiah nya Cordyceps..Di indo ada yg mulai membudidayakan kalo nggak salah di jawa tengah..Harganya sama kayak emas per gramnya...Berguna buat penyembuhan pasca operasi, terutama untuk operasi2 berat...Sama buat orang2 crazy rich yg mau panjang umuremoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini kira kira tumbuhnya di mana ya gansi?karena ane blm pernah menemuinya. Kalau di negra kita ada kan lumyan untuk di jadikan obat
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Itu tanduk sma ukuran tubuhny equal y
Parasit yang membawa keberuntungan bagi manusia, merugikan bagi ulat2 sebagai inangnya, berkhasiat untuk pengobatan segala penyakit.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Bikin gelay yak
Jgn dikira mikroba itu selalu jd parasit..
Justru ada yg menguntungkan utk kelanjutan ekosistem
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ini harga nya cukup mahal gan.dulu ibu ane pas jalanin kemoterapi agar badan nya ga lemah setelah kemo dan radiasi minum ini.
Emang khasiat nya terasa.ga lemah dan lemas pasca di kemo dan radiasi.
Dulu aja mahal..pasti skarang jauh lbh mahal

Nb: hati2 yg mau beli .banyak palsu nya di toko2 obat dichina..harus yg toko besar atau beli di toko obat china di singapore.biasa sudah dlm bentuk ditumbuh jd bubuk .
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh centurion855
Kecil ya
Parasit bisa berguna gitu yaaa hmmmm
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di