CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Telur Pitan, Telur yang Diawetkan Selama Seribu Tahun! Benarkah? Bagaimana Rasanya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607058bcae5c5c2327477d41/telur-pitan-telur-yang-diawetkan-selama-seribu-tahun-benarkah-bagaimana-rasanya

Telur Pitan, Telur yang Diawetkan Selama Seribu Tahun! Benarkah? Bagaimana Rasanya?



Telur Pitan, Telur yang Diawetkan Selama Seribu Tahun! Benarkah? Bagaimana Rasanya?
sumber: gambar


Chinese food adalah sajian kuliner yang lumayan banyak memiliki penggemar, bagi para pecinta kuliner rasanya belum lengkap kalau belum pernah mencicipi salah satu sajian dari Chinese food. Ya, kan?

Masakan kuliner Chinese food ini miliki rasa khas, sama seperti masakan khas dunia lainnya yang juga memiliki ciri khas, baik rasa ataupun tampilannya.


Telur Pitan, Telur yang Diawetkan Selama Seribu Tahun! Benarkah? Bagaimana Rasanya?
sumber: gambar


Kuliner Chinese food yang mempunyai ciri khas salah satunya adalah Telur Pitan. Telur ini biasanya disajikan dengan bubur sebagai topingnya. Pecinta kuliner Chinese food pasti tidak asing dengan telur yang satu ini ya!

Telur Pitan ini seperti telur pada umumnya, tapi yang membuat beda adalah tampilan warna dan rasanya. Jika telur biasa, bagian luar dari telurnya berwarna putih dan bagian dalamnya berwarna kuning. Akan tetapi tidak dengan telur pitan ini, putih telurnya ini berwarna hitam kecokelatan dan teksturnya hampir seperti jelly, sedangkan kuningnya creamy dan berwarna hijau kehitaman. Untuk rasanya, sih yang khas itu kuningnya, rasanya seperti ada bau-bau tanah campur belerang gitu.

Telur Pitan ini juga biasa disebut Telur Seribu Tahun, atau Century Egg hal itu karena melihat dari proses pembuatannya.

Jadi, telur pitan ini sebenarnya terbuat dari telur bebek ataupun telur ayam, tapi berubah warna dan rasanya melalui proses pengawetan. Meskipun disebut telur seribu tahun, tapi prosesnya pengawetannya tidak sampai segitu lamanya, kok.

Proses pengawetannya itu hanya butuh 10 hari jika cuaca panas, namun jika cuaca sedang dingin proses pengawetannya bisa sampai satu bulan.

Telur Pitan, Telur yang Diawetkan Selama Seribu Tahun! Benarkah? Bagaimana Rasanya?
sumber: gambar


Cara pengawetannya hampir sama dengan cara membuat telur asin, cuma beda bahannya saja. Untuk menjadi telur pitan, telur bebek, itik atau telur ayam itu diawetkan dengan campuran lumpur, teh, kapur tohor atau batu kapur, garam dan sekam padi atau serbuk kayu. Semua bahan adonan itu dicampur dan kemudian dibungkuskan pada telur, setelah itu baru disimpan atau diawetkan selama waktu yang sudah ditentukan (10-30 hari).

Menurut yang aku baca, Telur pitan ini merupakan olahan tradisional Suku Han. Mulanya, telur pitan ini dijadikan sebagai sajian utama dan buah tangan untuk sanak saudara pada saat tradisi Festival Perahu naga (Duanwu Jie).

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa telur Pitan ini sudah ditemukan sejak tahun 1964 pada zaman dinasti Ming.

Telur pitan ini dipercaya lebih bernutrisi dan lebih mengandung protein yang tinggi dibandingkan telur biasa. Karena dalam proses pengawetannya itu penyebabnya karbohidrat dalam telur itu menurun.

Telur pitan ini juga dipercaya memiliki banyak khasiat, diantaranya menurunkan panas dan diare. Bahkan, dalam ilmu kedokteran di Tiongkok menganggap telur pitan ini bisa mengobati sakit mata, sakit gigi, menurunkan tekanan darah, dan menyembuhkan vertigo.

Telur Pitan ini disarankan tidak dimakan secara langsung, tapi dimakan bersamaan dengan acar akar jahe atau bubur nasi. Tapi menurut teman-teman yang sudah pernah mencicipinya, meskipun dimakan langsung rasanya tetap nikmat dengan rasa khasnya. Tapi ada juga yang bilang kalau dimakan langsung tanpa dicampur menu lain, bau amisnya sangat terasa.

Ada juga teman yang bilang kalau dimasak kuah atau nyemek-nyemek rasanya lebih nikmat, bahkan ada juga yang pernah makan dicampur dengan rujak.


Jadi, jika dilihat dari pengalaman teman yang sudah pernah mengonsumsinya, telur pitan ini bisa diaplikasikan dengan menu apapun tergantung selera dan lidah yang mengonsumsinya, mungkin, ya. Jadi, tidak harus melulu dijadikan toping bubur dan dimakan dengan acar akar jahe.

Penasaran gak gimana rasanya?

Para kaskuser di sini mungkin sudah ada yang pernah atau malah doyan dengan telur yang satu ini, jika berkenan yuk, bagi ceritanya di kolom komentar.

Oke, sampai di sini dulu, semoga bermanfaat, selamat malam dan terima kasih. emoticon-terimakasih

@istijabah
Referensi: di sini


profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 29 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Baunya nyengat gak, ya?
Ada yang pernah nyicipin gak?
profile-picture
profile-picture
leszczynski dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
unik juga nih.. baru tau
tapi ane gak suka telor..
makan telor asin pun putih2 nya doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biohazard89 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Rasanya sangat khas, cuma memang ga bisa cocok kesemua lidah orang karna menyengat banget bau dan rasanya.
Sebenarnya latar belakang ini ada karena dulu ga ada kulkas atau untuk mengawetkan telur, makanya dibuat seperti itu, karna semakin lama diprosesnya maka semakin kuat juga rasanya. Cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
Gak kebayang busuknya
emoticon-Najisemoticon-Najis (S)emoticon-Najisemoticon-Najis (S)
emoticon-Najisemoticon-Najis (S)emoticon-Najisemoticon-Najis (S)
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan istijabah memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


Rasanya ada asin-asinnya gak, gan?

Oalah itu sebagai pengganti kulkas, ya

Oke, terima kasih infonya, gan

Quote:



Hehehe gak bisa bayangin juga aku, gan.

Tapi telur asin kan gitu juga proses nya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
bubur ayam dengan telur pitan
emoticon-Leh Ugaemoticon-2 Jempol

profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan istijabah memberi reputasi
makan telur asinpun kadang ane masih suka ngerasa kaya bau gitu.. wkwk

apalagi makan telur itu yaa
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan istijabah memberi reputasi
Telur Pitan, Telur yang Diawetkan Selama Seribu Tahun! Benarkah? Bagaimana Rasanya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
dulu ane sempet percaya 1000 tahun beneran lagi hahaha.. enak"aja sih, rasanya khas emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan istijabah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kirain benar 1000 tahun. Kasihan yg buat, belum dicoba, dah keburu gameover
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan istijabah memberi reputasi
yang bikin dah jadi tanah. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan istijabah memberi reputasi
Quote:


Pean pernah nyicipi, Bang? Gimana rasanya? Aku kok maju mundur 😁

Quote:


Coba dulu, gan siapa tau lidahnya cocok 😁

Quote:



Kuvu-kuvu yang lucu emoticon-Betty
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Aku awalnya mikir gitu, gan emoticon-Ngakak

Aku masih maju mundur yang mo nyoba 😁

Quote:


emoticon-Ngakak Jadi kasihan yak

Quote:



Begitu juga dengan cucu-cucunya emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Pernah coba ane telur ini di menu shilin rice.. cuman ane kurang suka karena baunya terlalu amis..

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
istijabah dan kakekane.cell memberi reputasi
makan di hotel mah tinggal ngambil doang, pas liat harga nya di toko ijo, bangkeeee, 10rb - 15rb 1 butir nya kwkwkwkwkkwkwkw emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Bisa dijadiin menu diet tuh
profile-picture
profile-picture
istijabah dan kakekane.cell memberi reputasi
Rasanya enak kok... emoticon-Genit

Lebih enak ini drpd telur asin... emoticon-Genit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MUF0REVER dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Telur balut.. (Udah prnah nyicipin belum) emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
istijabah dan LaSeixas memberi reputasi
Warna hitamnya datang dari mananya ya gan?
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Lebih amis dari telur bebek biasanya itu, ya, gan?

Quote:



Karena prosesnya yang unik itu kali ya yang bikin mahal 😁

Quote:


Telurnya dimaem tanpa campuran menu lain gitu, ta?
profile-picture
muyasy memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di