CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Jangan Mandi Malam, Karena Bisa Sebabkan Rematik! Benarkah? Fakta atau Hoax?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60701482d815f72a143b0822/jangan-mandi-malam-karena-bisa-sebabkan-rematik-benarkah-fakta-atau-hoax

Jangan Mandi Malam, Karena Bisa Sebabkan Rematik! Benarkah? Fakta atau Hoax?

Jangan Mandi Malam, Karena Bisa Sebabkan Rematik! Benarkah? Fakta atau Hoax?

Berita bahwa mandi malam bisa menyebabkan rematik benar-benar sudah menyebar ke seluruh lapisan masyarakat, dan banyak sekali yang mempercayai nya. Termasuk orang-orang di lingkungan ane, mandi malam seolah menjadi hal yang pamali untuk dilakukan. Bahkan istri ane sendiri sering sekali mengomel kalau melihat ane mandi malam, katanya bisa rematik lah, bisa kena penyakit tulang lah. Entah termakan berita dari mana istri ane ini.

Padahal ane sebagai orang yang merasakannya sendiri efeknya, mandi malam itu sangat segar lho, dan justru dengan mandi malam tidur jadi bisa semakin nyenyak. Memang ane paham, mandi malam tidak boleh dilakukan jika kondisi badan sedang tidak memungkinkan, misalnkan saja sedang dalam kondisi flu/pilek tentu jangan sampai mandi malam, yang ada tubuh bisa semakin menggigil terkena air dingin. 
Jangan Mandi Malam, Karena Bisa Sebabkan Rematik! Benarkah? Fakta atau Hoax?


Nah lewat event kaskus kreator kali ini, ane ingin sekali memberikan bukti dan fakta-fakta untuk menyangkal berita yang saat ini berkembang luas di tengah masyarakat mengenai berita bahwa mandi malam menyebabkan rematik. Ingin sekali rasanya ane menunjukkan kepada orang-orang yang percaya pada hal ini bahwa hal yang selama ini mereka percayai adalah HOAX

Bukti pertama yang akan ane sampaikan adalah berupa keterangan dari dr. Alvin Nurselim, SpPD yang dimuat dalam halaman website klik.dokter.com  bahwa sampai saat ini belum ada penelitian yang melarang seseorang untuk mandi pada malam hari. Mandi malam hari justru bermanfaat bagi kesehatan berupa :
- Membantu tidur lebih cepat
- Mencegah jerawat
- Kulit lebih sehat
- Mencegah kontaminasi bakteri


Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bahkan juga sudah melakukan klarifikasi atas kabar hoax tentang mandi malam yang menyebabkan rematik ini. Penjelasan berita hoax ini dimuat dalam website kominfo.go.id . Pada halaman kominfo tersebut Dokter spesialis penyakit dalam dan KOnsultan Reumatologi, Handono Kalim menegaskan bahwa mandi malam tidak masalah itu hanyalah mitos, dan beliau menegaskan juga bahwa sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa sering mandi malam dapat menyebabkan rematik di kemudian hari.
Jangan Mandi Malam, Karena Bisa Sebabkan Rematik! Benarkah? Fakta atau Hoax?


Sumber lain yaitu dari website health.detik.comjuga menjelaskan bahwa mandi malam bisa memicu rematik itu hanyalah mitos. Penjelasan ini disampaikan oleh spesialis reumatologi, dr Rudy Hidayat SpPd-KR. Mandi malam memakai air dingin maupun air hangat tidak menjadi masalah, namun mandi malam tidak boleh dilakukan jika kalian menderita penyakit/alergi yang kalau terkena air dingin pembuluh darah menyempit. Itu baru tidak boleh dilakukan mandi malam.

Satu lagi bukti yang dilansir dari Mayo Clinic, penyakit rematik (Rheumatoid Arthitis) merupakan penyakit yang terjadi akibat gangguan autoimun yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, kram dan bengkak pada sendi. Jadi fix ya rematik itu tidak disebabkan oleh perilaku karena sering mandi malam.

Sekarang sudah paham kan? kalau antara mandi malam dan rematik sama sekali tidak ada hubungannya, makanya mari kita sama-sama menjadi #HansipHoax dan bersama-sama kita saring berita yang ada. Supaya berita hoax seperti ini jangan sampai dipercayai oleh masyarakat, ayo kita mulai dari diri kita sebagai #HansipHoax dan kemudian ajak sekeliling kita berperan sebagai #HansipHoax juga. Agar dunia bisa menjadi lebih aman dan tidak meresahkan.

penulis @damen.garing 



GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di