CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606fff65e894891b026e0965/aneka-olahan-pisang-untuk-menu-takjil-mana-kesukaan-agan

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Assalamu'alaikum

Marhaban ya Ramadhan
Selamat menunaikan ibadah puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, berkah buat siapa saja yang menjalankan ibadah puasa.
Berbicara tentang puasa tentunya tak akan lepas dari yang namanya menu takjil. Bagi saya menyiapkan hidangan berbuka adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau melihat keluarga yang kita cintai menikmati hidangan takjil dengan gembira, menikmati apa yang kita sajikan dengan perasaan suka cita.

Kali ini saya ingin berbagi resep membuat menu takjil yang mudah buatnya tapi juga mantap rasanya. Dengan menggunakan bahan dasa pisang.

Menggunakan bahan dasar pisang, menu yang pertama adalah Cokmel pisang penyet yang artinya Coklat Melon Pisang penyet, menu takjil ini di sukai anak-anak banget dan juga orang dewasa tentunya, karena menghadirkan pisang, selai melon, dan juga meses, pokoknya manis-manis gimana gitu.

Untuk membuat aneka cemilan ini saya biasa berbelanja di Syariah Mart, untuk pisangnya kebetulan baru dikasih sama ibu mertua jadi nggak perlu beli, kalau nggak dikasih biasanya juga panen dari kebun sendiri. Alhamdulillah ada beberapa tanaman pisang.

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?
tempat membeli perlengkapan membuat takjil.

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?
Pisang kepok depan rumah

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?
pisang kepok hasil panen


1. Cokmel Pisang penyet

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?



Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Cokmel pisang penyet adalah sebagai berikut:

- Pisang kepok (saya memilih pisang kepok ini karena paling enak diantara pisang-pisang yang lainnya)

- Selai melon

- Meses Coklat

- Tepung terigu 200 gr

- Minyak goreng

- Gula pasir satu sendok teh

- Garam secukupnya

- Air secukupnya

Cara membuat Cokmel Pisang penyet adalah sebagai berikut:

Pertama-tama kita kupas dulu pisangnya, kemudian buat adonan untuk menggoreng pisang, tepung terigu, gula pasir dan juga garam, tambahkan air secukupnya, seperti membuat pisang goreng.

Kedua panaskan wajan, masukan pisang yang sudah dicampur dalam adonan kedalam minyak yang sudah mendidih, goreng dengan api sedang sampai kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Ketiga penyet pisang menggunakan sendok, olesi dengan selai melon dan juga taburan meses taraaa Cokmel pisang penyet siap untuk dihidangkan.

Spoiler for Cokmel Pisang Penyet:


2. Pisang Goreng Krumpul

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Berikutnya pisang goreng krumpul, menu takjil ini juga cocok banget untuk menu berbuka, pokoknya pisang goreng itu top markotop lah, apalagi dibuat dengan rasa cinta ea ... ea ...

Membuat pisang goreng krumpul ini juga mudah banget Gan Sis, pokoknya semua orang bisa deh kecuali males, mager ya gak bakalan bisa.

Bahan yang diperlukan untuk membuat pisang krumpul adalah sebagai berikut:

- Pisang (bisa pakai pisang kepok, pisang raja ataupun pakai pisang tanduk)

- tepung terigu 200 gr

- gula pasir satu sendok teh

- garam secukupnya

- air secukupnya

- minyak goreng

- satu butir telur

Cara membuat pisang Krumpul adalah sebagai berikut:

Pertama-tama kupas pisang, potong kecil-kecil kemudian masukan kedalam adonan tepung terigu yang sudah dicampur dengan telur, gula pasir, garam dan air secukupnya.
Kemudian panaskan minyak dalam wajan, goreng pisang satu sendok satu sendok sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan. Siap untuk dihidangkan.

Spoiler for Pisang Kumpul:


3. Kolak Pisang

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Menu takjil berikutnya adalah kolak pisang, kolak pisang yang saya buat tanpa menggunakan santan dengan campuran kolang-kaling menambah rasa kolak semakin yummy. Kolang-kaling ini juga nggak beli, karena Mbahnya anak-anak pengepul kolang-kaling dari petaninya.

Cara membuatnya seperti membuat kolak pada umumnya tapi tanpa menggunakan santan. Jadi rasanya lebih seger apalagi kalau dicampur es wah seger banget deh.

4. Penyet-penyet pisang meses

Spoiler for Pisang Penyetku:


Pisang penyet adalah menu Andalan berbuka, mudah buatnya mantaps rasanya. Tinggal goreng, penyet-penyet deh, terus kasih toping, mudah bukan, nggak pakai ribet lagi.

5. Pisang Goreng Aja

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Pisang goreng, menu takjil istimewa, mudah buatnya, ya pisang goreng tinggal kupas pisangnya, sediain tepung terigu, gula pasir, garam secukupnya dan goreng. Menggoreng pisang pakai api yang sedang saja ya biar nggak cepat gosong.

6. Pisang Krispy Mandi Coklat

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Pisang krispy mandi coklat ini kesukaan anak-anak banget, dengan lelehan coklat yang lumer di mulut membuat puasa semakin semangat.

7. Lumpia Pisang

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Lumpia pisang juga gampang banget membuatnya, tinggal buat kulut lumpia atau beli jadi, kupas pisang, gulung di kulit tambahkan gula pasir, goreng deh.

8. Pisang Krispy Original

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Pisang Krispi original hanya digoreng dengan menggunakan tepung terigu yang dicairkan celup kedalam tepung roti goreng di api sedang sampai matang, angkat dan tiriskan, siap deh untuk disantap.

9. Pisang Krispy Tabur Keju

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Pisang krispi tabur keju, membuatnya sama dengan pisang Krispy original, tinggal tambahin toping keju. Tata di piring siap deh dihidangkan untuk menu berbuka.

10. Pisang Krispy Tabur Meses

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Selain taburan keju bisa juga dengan taburan meses, pisang krispy ini disukai banget sama anak-anak. Manis-manis kesukaan keluarga.

Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?


Aneka Olahan Pisang Untuk Menu Takjil, Mana Kesukaan Agan?




Nah itu dia Agan Sista beberapa menu berbahan dasar pisang kepok, yang bisa dijadikan referensi takjil untuk keluarga tercinta, semoga bermanfaat.
Sampai jumpa di Thread selanjutnya.

Berbukalah dengan yang manis

Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Halaman 1 dari 4
Reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 8 lainnya memberi reputasi
Berbukalah dengan yang manis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


Quote:


Wih mantap bunda wkwkwk kerenn pisang uwuwuwuuw enakkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Di borong semua resep panganan takjil dari pisang nya sama Bunda Oya emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
mantul.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Aku kalo buka suka sm kolak pisang,sm pisang goreng original,tp habis buka ya...sambil ngopi soalnya..kl yg pake coklat,keju dan meses kurang suka..kemanisan bingits..kan aku dah manis,ntar malah menambah pesonaku meningkat berlipat-lipatemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 676 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 676 balasan
Wah aneka olahan pisang, aku suka aku suka. Kolaknya bening gitu yah. Aku kalo goreng pisang sih ga pernah pake gula lagi udah manis dari pisang nya aja trus biar ga cepet gosong juga waktu digoreng.emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 819 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 819 balasan
olahan apapun asal pisang mah ane demen..apalagi klo pisang trus di goreng utuh,potong2,guyur susu kental-parutan keju-ceres..udh paling bner emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Meskipun saya tdk puasa klo jam 5 saya suka cari kolak pisang heheheeh. Kolak is the best
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan Rainbow555 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Apapun takjilnya kalo bahan nya dari pisang ane demen emoticon-Ngakak
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Foto kolak pisangnya kok bening sih sis. Kagak pake santan ya? Dan juga itu keliatan cuma kolang-kaling dan ubi kuning.
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan trifatoyah memberi reputasi
Quote:

Makanan tanpa bahan pengawet
Quote:


Dih ubi itu pisang kepok yang dah tua, kalau direbus jadi kuning, harganya lebih mahal dari yang isinya putih. Itu namanya kolak pisang tanpa santan, hampir kek stup gitu
Pisang hijau & kolak paling disuka
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
sekarang aja belum saat puasa dah pengen aja cobain, apalagi kelak pas puasa ya bakalan penasaran pengen cobain. mantap nice trit!
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
pisang goreng dimakan ama cabe ijo, cobain gan, serasi banget manis2 pedesemoticon-Big Grin
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Wah ngiler sama cokmel pisangnya.. 🤤
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pisang jadi banyak variannya, dan enak semua. Keripik pisangnya ketinggalan bun. 😀
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan yukabidazahra memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane klo makan pisang doyannya pake sambal gan emoticon-Big Grin
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Otw nyoba!!!
Tapi biasanya lebih ke taburan keju meses sama susu coklat, biar keliatan kekinian
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
kolak gak masuk ya bun.....??????
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di