CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Penting Gak Sih Wanita Belajar Bela Diri?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606dc64885d3e95ee13eacf0/penting-gak-sih-wanita-belajar-bela-diri

Penting Gak Sih Wanita Belajar Bela Diri?


Memiliki keselamatan dan keamanan yang terjamin menjadi unsur paling penting yang ingin dimiliki setiap manusia di dunia, tidak terkecuali wanita. Wanita identik dengan lemah lembut dan menyelesaikan segala masalah dengan hati dan kepala dingin. Tidak banyak dari kaum hawa yang memilih untuk bertengkar menggunakan otot atau kekuatan badan ketika bertemu dengan masalah. Kenapa? Karena sesungguhnya wanita ada untuk dilindungi dan dihormati. Hal tersebut sudah terbukti dengan banyaknya fasilitas umum yang mengutamakan wanita.



Di Indonesia sendiri, beberapa fasilitas umum sudah membuat tempat khusus bagi wanita, seperti kereta, salon khusus wanita, dan ruangan menyusui untuk wanita dan bayi. Tetapi, apakah keselamatan wanita sudah terjamin di Indonesia dan apakah wanita bisa menjaga dirinya jika sedang sendiri? Kota-kota besar di Indonesia khususnya Jakarta memang dapat dikatakan menjadi kota yang tidak memandang wanita atau pria walaupun sudah malam, tetap banyak yang berada di luar.



Penting Gak Sih Wanita Belajar Bela Diri?

Photo By Sehatq.com



Banyaknya aktivitas yang dilakukan di luar rumah dan bertemu banyak orang ini membuat wanita terkadang merasa takut dan tidak nyaman, apalagi dengan fenomena catcalling yang masih sering banget terjadi. Mungkin beberapa lelaki yang melakukannya berpikir “Ah, kan gue cuma manggil doang gak gue apa-apain”. Yup, emang gak diapa-apain tapi kegiatan itu membuat perempuan jadi punya rasa risih dan takut ketika harus keluar rumah bahkan untuk beraktivitas. Tidak hanya catcalling, permasalahan seperti pemerkosaan, pelecehan seksual, dan kekerasan kepada wanita juga masih kerap terjadi bahkan terkadang tidak di jam malam. Siang bolong pun ada beberapa orang yang berani untuk melakukannya.



Beberapa perempuan mungkin berani untuk bertindak dan melawan fenomena tersebut dengan memukul, berteriak, atau langsung melaporkan pelaku ke polisi. Tetapi, proses untuk menolak serangan yang tidak disangka untuk perempuan sendiri bukan hal yang mudah. Kaum hawa didesain untuk menjadi individu yang lemah lembut dan penuh kasih sayang, tidak untuk bertengkar atau pun berkelahi walaupun bisa. Permasalahan yang sering dialami biasanya, ketika perempuan pulang tengah malam karena suatu urusan dan diganggu atau diserang. Lalu, ada fenomena bos atau rekan kerja yang genit, dan masih banyak lagi lainnya.



Penting Gak Sih Wanita Belajar Bela Diri?

Photo By Freepik.com



Jika dalam skala diserang langsung, ada reflek yang membuat takut untuk melawan. Pikiran perempuan dapat merasakan hal yang akan terjadi jika mereka melakukan suatu tindakan, maka dari itu terkadang perempuan tidak berani melawan. Sedangkan, dalam skala kehidupan sehari-hari, rasa tidak enak dan takut merupakan tembok besar mengapa perempuan terkadang hanya diam saja ketika digoda dengan orang yang ia kenal atau orang di jalan. Padahal ia sadar bahwa dirinya merasa sangat tidak nyaman.



Memastikan diri kita aman itu penting banget, sist dan tidak terkecuali ya. Mau kita hidup di desa atau di kota, perempuan harus bisa setidaknya memiliki dasar untuk perlindungan diri dan sikap berani melawan. Olahraga bela diri adalah olahraga yang biasa dilakukan dan dikuasai oleh kaum pria. Mengandalkan otot dan kekuatan, tidak banyak wanita yang tertarik untuk mencoba olahraga yang satu ini. Walaupun begitu, ini bisa jadi salah satu jalan keluar bagi kita Sista. Kita gak perlu kok terlalu mendalami kalau memang gak suka, tapi punya dasar bela diri itu penting banget.



Sebenarnya dari pembelajaran olahraga bela diri ini, secara otomatis bisa membangun mental yang lebih kuat dan berani untuk menghadapi serangan yang diduga atau pun nggak. Reflek yang dihasilin dari sering belajar bela diri juga ngebantu kita kalau punya banyak aktivitas dan pulang malam hari atau suka kemana-mana sendirian. Memang sih gak boleh berprasangka buruk atau berdoa yang nggak-nggak, tapi mencegah lebih baik daripada mengobati, kan? Pokoknya sebagai cewek kita harus berani, gak boleh takut soal apa yang terbaik untuk diri kita. Nih ane kasih beberapa pilihan olahraga bela diri:



1. Kickboxing


Udah banyak banget studio olahraga yang nyiapin kelas untuk olahraga yang satu ini dan ini bukan lagi olahraga yang cuma diperuntukan buat cowok. Bahkan banyak artis yang suka banget olahraga satu ini. 



Penting Gak Sih Wanita Belajar Bela Diri?

Photo By Caredash.com



2. Karate


Ini memang olahraga yang udah lama banget di Indonesia, bahkan gak cuma orang dewasa, anak kecil juga banyak yang udah diajarin olahraga yang satu ini. Karate ini sendiri punya level buat para pesertanya. Ini pasti bikin sista tambah semangat biar makin jago.. Hehe.



Penting Gak Sih Wanita Belajar Bela Diri?

Photo By Teks.co.id



3. Taekwondo


Karate dan taekwondo emang sepintas mirip, tapi sebenernya beda lho! Kalau karate dari Jepang, sedangkan taekwondo ini dari Korea. Selain bisa bela diri, taekwondo juga bisa menambah fleksibilitas para Sista nih.



Penting Gak Sih Wanita Belajar Bela Diri?

Photo By Pinterest.com



4. Muay Thai


Muay Thai dengan KickBoxing emang mirip-mirip nih tapi sebenernya beda loh, sist! Kalau KickBoxing banyak pakai tangan dan kaki, nah Muay Thai ini juga sama tetapi ditambah pakai siku dan lutut juga.



Penting Gak Sih Wanita Belajar Bela Diri?

Photo By Blogspot.com



Beberapa olahraga bela diri di atas udah gak cuma buat cowok aja, tapi juga boleh banget buat kita para kaum hawa. Gak cuma untuk melindungi diri, kegiatan olahraga bela diri juga bagus banget untuk kesehatan. Buat para sista yang punya rekomendasi olahraga bela diri lainnya, bisa langsung komen ya!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 3 lainnya memberi reputasi
Gak penting. Krn belajar beladiri jg rentan resiko cidera. Sejago2nya cewek beladiri dan sekuat2nya fisik cewek dewasa itu setara dengan kekuatan fisik cowok usia 15th. Mending pake pepper spray kyk wanita2 di US.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cukup penting buat meminimalisir kejahatan seksualemoticon-Matabelo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mnrt ane cukup penting sih. Belajar yg basic2 aja udah cukup buat bela diri
yaa penting, apalagi dijaman sekarang makin banyak orang ga waras yg makin berani ngelakuin kejahatan dimuka umumemoticon-thumbsup
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tergantung kebutuhan. setidaknya dengan belajar bela diri bisa melindungi diri dari situasi apes yg butuh pertahanan diri emoticon-Recommended Seller

dan karena biasa silat, dampak baiknya tubuh jadi lebih prima karena ada aktivitas / olahraga emoticon-Malu
Penting
Penting..minimal punya teknik basic untuk bela diri..
Bini ane aktif taekwondo dari jaman dia masuk SMP sampe lulus SMA krn pamannya sendiri Sabeum/instruktur taekwondo.
Awas, gue jago kungfu
ane pengen belajar bela diri buat melampiaskan emosi emoticon-Ngakak ya sekalian buat proteksi sih wkwk
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
penting banget sih buat jaga diri.. minimal tau basic serangan awal pas terdesak habis itu kabur cari bantuan emoticon-Toast
Menurut ane penting dan ane nyesel sih ga belajar bela diri
Kalo menurut ane sih pentinf yaa
temen2 aneee banyak tuh yg pada muaythai dan ane juga tertarik sihhh. gerakannya juga mudahh kayanyaaa
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Penting sih, selain bisa buat membela diri juga bisa membentuk tubuh wanita jadi lebih bagus.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waahh.. Wahhm. Ane sama sekali kagak bisa ee gansiss. Hikss.. Kan menyedihkan bukan.. Hiksss... Harusbelajar nih.. Cari coach yang ganteng. Wkwjw...
penting dongg untuk menjaga diri apalagi kalo lagi sendiri, minimal serangam awal saat mendesak
Menurut ane setiap wanita perlu belajar bela diri gan, setidaknya satu aja. Buat jaga-jaga diri. Apalagi cewe kalo lagi jalan sendiri, serem gan kalo gabisa bela diri nanti di culik


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di