CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Anime & Manga Haven /
Anime Dimana-mana! Kira-kira Gimana Ceritanya Ya Anime Bisa Masuk Ke Indonesia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606d5c80ec445a0dd311d301/anime-dimana-mana-kira-kira-gimana-ceritanya-ya-anime-bisa-masuk-ke-indonesia

Anime Dimana-mana! Kira-kira Gimana Ceritanya Ya Anime Bisa Masuk Ke Indonesia?

Anime Dimana-mana! Kira-kira Gimana Ceritanya Ya Anime Bisa Masuk Ke Indonesia?

Salah satu hiburan yang bisa dengan mudah kalian temui adalah anime. Yap! Animasi yang berasal dari Jepang ini sangat mudah ditemui, baik di televisi, maupun di dunia maya. Bahkan, tontonan anime sudah menjadi tontonan rutin yang wajib ditonton anak-anak generasi 90an setiap minggunya. Mulai dari Chibi Maruko Chan, Hamtaro, Inuyasha, Sailor Moon, Atashinchi, Dragon Ball, Digimon, Ninja Hatori, P-Man, Captain Tsubasa, Kobochan, Doraemon, Sinchan, dan masih banyak tontonan lainnya yang menjadi tontonan wajib setiap minggunya.

Banyak banget ya ternyata anime-anime yang sudah kalian saksikan. Eitss, tai itu belum seberapa, nyatanya masih ada banyak anime-anime lainnya yang belum ane sebutin loh. Jadi kebayang lah ya sebanyak apa anime yang sudah masuk Indonesia.

Hmm, ngomong-ngomong soal anime, sebenarnya bagaimana ya sejarah anime bisa tercipta dan bisa masuk indonesi? Agan Sista pasti pada penasaran kan?



Jadi, awalnya anime berasal dari “Katsudo Shashin” yang berarti “Gambar Bergerak”. Anime pertama pun hadir untuk pertama kalinya dengan durasi 3 detik pada tahun 1907. Setelah anime singkat tersebut, film anime pun kembali muncul 10 tahun kemudian saat Oten Shimokawa menciptakan Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki (1917). Film anime pertama ini masih berupa gambar saja tana adanya suara dan memiliki durasi hanya 5 menit saja. Tapi meskipun hanya berdurasi 5 menit, pengerjaannya memakan waktu yang cukup lama loh, yaitu 6 bulan pengerjaan.

Selain itu, anime ini masih berupa film bisu saja alias tidak bersuara. Barulah, sepuluh tahun kemudian, sebuah film animasi bermusik latar berhasil dibuat oleh Amerika Serikat dan disusul juga oleh Jepang. Orag Jepang pertama yang menggunakan musik untuk film anime adalah Noburo Ofuji untuk anime yang berjudul Kujira. Setelah itu, tiga tahun kemudian, Ofuji pun terus mengembangkan karyanya dan mulai membuat anime Kuro Nyago sebagai anime pertama yang menggunakan musik latar dan juga dialog.

Anime Dimana-mana! Kira-kira Gimana Ceritanya Ya Anime Bisa Masuk Ke Indonesia?

Awalnya, film film anime memiliki durasi yang sangat pendek, baru kemudian di tahun 1943 lahirlah anime berjudul Momotaro no Umiwashi yang memiliki durasi lebih dari 30 menit. Anime ini merupakan anime propaganda hasil adaptasi cerita legenda terkenal Jepang yang dibuat oleh Mitsuyo Seo. Anime ini juga ada sekuelnya loh, berjudul Momotaro: Umi no Shinpei, anime yang hadir tahun 1945 ini merupakan anime perdana yang berdurasi panjang, yaitu sekitar 72 menit, dan disebut sebagai feature-length animated film.

Sampai tahun 1957, anime anime yang hadri masih hitam putih, barulah di tahun 1958 perusahaan Toei Animation berhasil menciptakan anime penuh warna melalui Hakujaden. Ternyata dalam pembuatan anime berwarna ini tidaklah mudah, Toei Animation butuh waktu 10 sejak perusahaannya didirikan pada tahun 1948 untuk menciptakan anime berwarna.

Pada tahun 1961, seorang komikus ternama, Osamu Tezuka, akhirnya terjun ke industri anime dengan merintis perusahaan Mushi Production. Melalui industri ini, ia pun menciptakan anime berdasarkan manga ciptaannya. Akhirnya tahun 1963, Astro Boy pun mulai tayang di televisi. Saat itu pula, Astro Boy menjadi animasi Jepang pertama yang suaranya diterjemahkan ke bahasa Inggris untuk ditayangkan di Amerika Serikat.

Anime Dimana-mana! Kira-kira Gimana Ceritanya Ya Anime Bisa Masuk Ke Indonesia?

Untuk di Indonesia, anime pertama yang tayang di Indonesia adalah Wanpaku Omukashi Kumu Kumu pada tahun 1970-an, sebuah anime ciptaan Yoshikazu Yasuhiko yang memiliki 26 episode. Kemudian di tahun 1980-an beragam anime pun mulai hadir menghasi layar kaca, mulai dari Voltus V (Chodenji Mashin Voltes V), Red Shadow (Mazinger Z), Shogun Geta (Getta Robo), dan lain sebagainya. Namun, di pertengahan 1980-an, anime-anime tersebut berhenti tayang di Indonesia karena distributor anime Indonesia mengalami kebangkrutan akibat pembajakan besar-besaran yang terjadi.

Anime Dimana-mana! Kira-kira Gimana Ceritanya Ya Anime Bisa Masuk Ke Indonesia?

Tapi kemudian, pada tahun 1991, anime mulai kembali meghiasi layar kaca Indonesia, seperti Doraemon (1991), Dragon Ball (1995), dan di era 2000an ada Let’s & Go, Chibi Maruko Chan, Hamtaro, P-Man, One Piece, Crayon Shinchan, Yu-Gi-Oh!, Beyblade, Digimon Adventure, Detective Conan, Inuyasha, Ninja Hattori, Pokémon, Crush Gear, Bleach, Hachi, Captain Tsubasa, Slam Dunk, Nube, Hunter x Hunter, Ghost at School, Whistle, Yu Yu Hakusho, Naruto dan Death Note.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Quote:


Mungkin gak ya hal ini juga terjadi jaman sekarang, soalnya nonton anime sekarang tinggal cari di internet. emoticon-Belo
profile-picture
Gailham memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Post ini telah dihapus oleh omega8719
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Harusnya ini masukin ke kurikulum mapel sejarah kite ganemoticon-Leh Uga
Terima kasih buat lord kubo, karena bleach aku jadi tahu ada yg namanya kartun jepang.

emoticon-Nyepi
Doraemon, caNdy2, mazinga.....
アニメが大好きだ
kalau sekarang ini yang tersisa hanya Doraemon sama Ninja Hatori aja ya anime yang masih tayang di layar kaca, rindu masa-masa dulu, hehe
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
setidaknya ada di tv kabel walau berbayar emoticon-Turut Berduka
Terimakasih kang gambar 😘
Yang ngebedain sama kartun apa?
Dari dulu kita kalo nonton Doraemon, Tsubasa, conan, dsb bilangnya ya nonton kartun.
Tapi ya jaman sekarang banyak yang nggak terima kalo anime disebut kartun.
emoticon-Bingung
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wohh gitu sejarahnya
profile-picture
andreshahab memberi reputasi
ane sampe skrg demen doraemon, tp pas suara doraemonnya berubah, udah jarang liat lagi, krn pengisi suara aslinya udah meninggal emoticon-Sorry
profile-picture
Bibalinhgum memberi reputasi
wah dulu enak ya tiap minggu bangun pagi cuma buat nonton anime
profile-picture
nirankara memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu mah masih bener, skrg bocah2 pada pacaran ama kartun emoticon-Wakaka
Sebelum ada komputer film anime di buat pake apa gan?
profile-picture
nirankara memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jangan kebanyakan nganime, ntar jdi no life
profile-picture
chemical.sapto memberi reputasi
Hahaha pembajakan besar-besaran udah ada dari dulu ternyata.. Sekarang mah masih lanjut keknya
Paling gila tetap tv7, sore sampai malam full anime tiap hari. Ada hikaru no go, whistle, slam dunk, final fantasy unlimited, full metal panic.
Hachi pelopor
Waaa seru sekali bahas anime.. jadi ngerti cerita asal usulnya anime ini
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di