CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BIN: Terorisme Masuk ke Milenial yang Cenderung Introvert-Penyendiri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606ce9959fa77955ca34f683/bin-terorisme-masuk-ke-milenial-yang-cenderung-introvert-penyendiri

BIN: Terorisme Masuk ke Milenial yang Cenderung Introvert-Penyendiri

BIN: Terorisme Masuk ke Milenial yang Cenderung Introvert-Penyendiri

Badan Intelijen Negara (BIN) kembali bicara soal kalangan anak muda atau generasi milenial yang terpapar terorisme. BIN menyebut paham teroris masuk ke kalangan anak muda yang cenderung introvert atau tertutup hingga menyendiri.

"Ini (paham teroris) memang rata-rata masuk ke anak-anak yang cenderung introvert, menyendiri, dan menelan mentah," kata Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto saat diskusi Polemik yang digelar secara daring, Sabtu (3/4/2021).

Selain itu, Wawan menilai kalangan muda yang mulai terpapar terorisme tersebut akan mulai menjauh dari orang-orang di sekitarnya. Kemudian, generasi milenial yang terpapar terorisme ini juga akan menganggap pihak-pihak yang tak sejalan dengan pemikirannya sebagai musuh.

"Orang yang udah terpengaruh cenderung menjauh, yang nggak sejalan dianggap musuh," ujar Wawan.
Di acara yang sama, mantan narapidana teroris, Haris Amir Falah, mengatakan kalangan milenial memang rentan terpapar radikalisme. Sebab, pada usia-usia tersebut, mereka sedang mencari jati diri.

"Di Makassar juga masih milenial kan walaupun sudah menikah, mereka masih di bawah 30 tahun. Itu usia rentan. Saya direkrut ketika saya SMA, karena masih mencari jati diri, ingin menunjukkan kehebatan," ujar Haris.

Haris mengatakan, di saat-saat pencarian jati diri tersebut, generasi milenial bertemu dengan paham radikal. Haris menilai jumlah kaum milenial yang direkrut kelompok teroris tak sedikit.

"Sampai sekarang kalau kita lihat anak-anak muda itu sangat luar biasa yang direkrut. Saya tiga hari lalu datang ke LP Gunung Sindur, sebagian besar yang keluar dan kemudian kita dialog itu rata-rata umurnya masih 22 tahun, paling tua 26 tahun," tutur dia.

Penyerangan Bersifat Sporadis

Wawan mengatakan bisa saja aksi penyerangan Zakiah dipicu amarah. Penindakan terhadap kelompok teroris yang terjadi, dinilainya, mendorong Zakiah nekat menyerang Mabes Polri.

"Iya betul. Sangat bisa. Karena yang namanya terjadinya perubahan dia, selama beberapa waktu sebelumnya sudah membaca atau melihat ada sesuatu yang sedang merasuk di dalam kepribadiannya kemudian ada pemicu," ujar Wawan.

Menurutnya, aksi Zakiah di Mabes Polri dilatarbelakangi emosi karena serangan yang dilakukan pun tanpa perhitungan. Dia mengatakan aksi nekat Zakiah menyerang Mabes Polri juga memiliki kecenderungan lantaran ingin cepat mati.

"Lantas masuk tanpa perhitungan tanpa melihat bahwa yang dimasuki adalah kandang macan, istilahnya, dan penuh dengan senjata. Sudah pastilah dia ditembak dan ukurannya pasti kalah," ucap Wawan.

"Ya hitungannya secara nalar kan tidak masuk akal dia aman, (dan) menang menghadapi Mabes Polri yang penuh siaga senjata melekat. Itu jelas, hitung-hitungan juga tidak kalkulatif. Karenanya, dia lebih kepada serangan sporadis, lebih kepada terdorong oleh amarah," tambahnya.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5518...ert-penyendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
semakbelukar988 dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Paling enak emang jadi bomberman auto masuk sorga sanak keluarga dan orang tua dapat diberi syafaat yang menghindarkan mereka dari neraka. Paling enak memang perilaku buang tanggung jawab dibanding merasa bertanggung jawab dan introspeksi.
inilah yang namanya kriminalisasi atheis!!!!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juman dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Makanya kudu dbanyakin tayangan anime biar tu para introvert nonton tipi aja drpd yg ditayangin ustadz-ustadz seleb kek Solmed, blom lagi yg cerocos sok iye kek Somad, palagi ditipi oon ngasih panggung Bakteri nasi ma Dengku Zul ngasih ceramah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Paham radikal bisa memasuki siapa saja, entah itu milennial yang introvert maupun ekstrovert.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Dilamar langsung menjadi pengantin...



























Duaaaarrrrrrrrrr........
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan napkingki memberi reputasi
orang yang belum tau mah lebih gampang dibentuk, kayak narkoba, diawal bilang cuman sample, lama kelamaan di pepet terus sampe korbannya tertarik. ga cuman introvert kok..
profile-picture
profile-picture
darck91 dan bigbuncit memberi reputasi
Diubah oleh nastak.beybeh
intel melayu ga jelas
doktrin ga ada hubungannya dengan itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
"Di Makassar juga masih milenial kan walaupun sudah menikah, mereka masih di bawah 30 tahun."

milenial itu gen y, udah mulai tua²
profile-picture
kakidal27 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Introvert rentan terorisme, introvert rentan depresi, introvert rentan dst

emoticon-Ngakak

Bedain orang introvert sama depresi aja gk bisa apalagi pemuda2 yg terpapar terorisme.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Teroris dan radikalisme itu nyasar ke orang2 yg pola pikirnya kayak mahasiswa FMIPA 😁

Yg hidupnya hny utk menghafal teori dan rumus baku

Padahal dunia ini permasalahannya sangat kompleks dan multi dimensi yg gak bisa diselesaikan dengan hanya ngandelin satu atau dua kalimat saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Ah tidak juga sih menurut ane. Justru orang introvert lebih susah didoktrin karena mereka punya dunia sendiri, susah menerima input yang tidak sesuai keinginan mereka

Kayaknya yang lebih tepat adalah orang depresi yang lebih mudah kena doktrin radikalisme

Btw ane mantan introvert and ansos, baru bisa bergaul akhir kelas 3 SMA. Tapi sampai sekarang masih lebih nyaman menyendiri untuk ngisi energi

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
petinggi2 teroris mustahil introvert penyendiri, mau rekrut orang mesti bisa komunikasi dan manipulasi mental....maksud polisi di level kacungnya keles, kalau yang rekrut dan ceramah sih beda tipe lagi..... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 3 lainnya memberi reputasi
analisa saya, selain introvert juga yang keteknya bau kabel terbakar emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lah, sempat diprotes kalangan introvert di Twitter. Kita aja mager buat cari makan di luar.
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Ini penelitian harus publish data nih
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan ngampasnism memberi reputasi
yups betul,,
lebih gampang di pengaruhi.. gak dapet masukan dari berbagai versi,
hanya melihat dari satu sisi saja..
Waspada anak2 rohis banyak yang wibu. Yang kalo ngomong akhi, ukhty, ikhwan, akhwat. Di mari pasti banyak masyarakatnya, biasanye klo di medsos pakai avatar anime...
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan longneversee memberi reputasi
Diubah oleh asqual
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wibu blangsak?
profile-picture
secer memberi reputasi
Quote:


Ingin menunjukkan kehebatan = sombong dalam beragama = merasa paling benar sendiri = orang lain auto salah dan diri sendiri auto benar

Jadi teringat sesuatu
emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu
profile-picture
Santri.Santuy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di