CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Benarkah Makan Tape Bisa Hilangkan Fungsi Vaksin Covid? Cek Faktanya Disini Gan.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606c162d456bd11b3303aa6b/benarkah-makan-tape-bisa-hilangkan-fungsi-vaksin-covid-cek-faktanya-disini-gan

Benarkah Makan Tape Bisa Hilangkan Fungsi Vaksin Covid? Cek Faktanya Disini Gan.

Benarkah Makan Tape Bisa Hilangkan Fungsi Vaksin Covid? Cek Faktanya Disini Gan.
Vaksinasi covid-19 saat ini masih menjadi topik hangat yang diperbincangan di lingkungan tempat ane tinggal. Karena vaksinasi covid-19 sekarang sudah menyisir semua kalangan masyarakat di desa, termasuk masyarakat di lingkungan tempat tinggal ane. Bahkan kemarin keluarga ane baru saja mendapatkan kartu undangan vaksinasi tahap pertama di RS Umum wilayah ane. 

Sampai saat ini vaksinasi di wilayah ane berjalan dengan lancar, tidak ada laporan negatif apapun terkait dengan proogram vaksinasi ini. Semoga langkah vaksinasi covid-19 kali ini benar-benar bisa mengakhiri pandemi, sehingga kita semua lekas bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala lagi. Namun ditengah kelancaran proses vaksinasi ini ada saja oknum yang menyebarkan berita-berita yang belum jelas kebenarannya. Berita yang belum jelas kebenarannya seperti ini yang dikhawatirkan dapat meresahkan masyarakat. Di lingkungan ane beberapa minggu yang lalu sempat ramai kabar berita larangan memakan TAPE SINGKONG setelah vaksinasi, bahkan teman ane sendiri sampai membagikan berita tersebut di status Whatsaap-nya.

Benarkah Makan Tape Bisa Hilangkan Fungsi Vaksin Covid? Cek Faktanya Disini Gan.
sumber : Dok.pri
Sebelum teman ane membuat status, sebenarnya ane sudah mendengar info ini dari ibu ane sendiri, dan bahkan ibu ane juga melarang ane mengkonsumsi segala jenis tape. Namun ane masih setengah percaya saat itu, karena kalau dipikir secara nalar, iya memang tape singkong itu adalah makanan yang di fermentasikan namun kenapa tape singkong disamakan dengan alkohol? memang tape singkong mempunyai kandungan seperti alkohol? Lalu apa benar alkohol itu bisa menghilangkan fungsi vaksin? Kok ane belum pernah melihat spanduknya. Jika ini fakta bukan hoax bukan kah seharusnya di sosialisasikan oleh pemerintah? Tapi kok ane belum pernah melihat Pemerintah atau dinas kesehatan menghimbau hal ini.

Bebekal dari pertanyaan-pertanyaan pribadi diatas disertai jiwa #HansipHoax , ane akhirnya pengumpulan data untuk mendukung berita tersebut. Dan akhirnya ane menemukan sebuah artikel yang memuat tentang pernyataan langsung dari Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementrian Kesehatan (Kemenkes) yaitu dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid. 

Beliau menyampaikan bahwa larangan mengkonsumsi tape usai mengikuti vaksinasi covid-19 adalah TIDAK BENAR. Dan dr. Siti Nadia meminta masyarakat untuk tidak terus menyebarkan pesan berantau soal larangan mengkonsumsi tape singkong tersebut. sumber fakta.



Benarkah Makan Tape Bisa Hilangkan Fungsi Vaksin Covid? Cek Faktanya Disini Gan.


Sampai saat ini belum ada uji klinis mengenai kandungan alkohol dalam tape dan apakah hal tersebut bisa mengganggu imun tubuh. Jadi sudah bisa dipastikan berita tersebut adalah HOAX.
Benarkah Makan Tape Bisa Hilangkan Fungsi Vaksin Covid? Cek Faktanya Disini Gan.



Penelusuran lain juga sudah dilakukan oleh kompas.comdengan menghubungi ahli patologi klinis Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yaitu Bapak Tonang Dwi Ardyanto. Beliau menjelaskan "Tidak ada hubungannya antara mengkonsumsi tape singkong dengan kinerja vaksin COVID-19

Dalam pernyataanya Bapak Tonang juga menjelaskan bahwa jika orang tersebut mengalami keluhan setiap kali mengkonsumsi tape singkong seperti muntah, demam, meriang, bahkan pingsan itu artinya orang tersebut memang sudah memiliki kondisi kesehatan yang melatarbelakanginya bukan karena vaksinasi. 

Berkaitan dengan alkohol, sedari awal alkohol memang sudah memberikan resiko mengganggu metabolisme tubuh, jadi mau divaksinasi ataupun tidak divaksinasi mengkonsumsi alkohol memang akan memberikan efek negatif untuk tubuh jadi berhhati-hatilah saat mengkonsumi alkohol.

Nah 2 fakta pendukung dari 2 sumber berbeda diatas ane rasa sudah cukup untuk menjadi pertimbangan dalam menilai apakah berita yang beredar di awal memang berita fakta atau hoax. Jadi lain kali untuk kita semua ada baiknya sebelum kita menerima berita kita menyaring terlebih dahulu sumber berita tersebut, apakah berita tersebut benar-benar berita fakta dari sumber terpercaya atau hanya berita hoax yang bisa meresahkan lingkungan. Jangan sampai karena ketidaktahuan kita juga ikut menjadi penyebar berita hoax. Kasian orang-orang awam yang termakan dengan berita hoax. Jadi selektiflah dalam menyebarkan berita.Itulah pesan dari ane dan mari kita bersama-sama menjadi #HansipHoax. 

penulis : @wanita.tulen 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jabalnursaja dan 3 lainnya memberi reputasi
wah mmg jaman skrg mesti jeli milah informasi
alkohol pd tape kadarnya dikit, dan apapun yg berlebihan pst tdk baik


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di