CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Banyak Orang Tua Yang Percaya Bahwa Bulu Kucing Bikin Mandul, Hoax Atau Fakta?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606b240443a76d0d9c2c5e90/banyak-orang-tua-yang-percaya-bahwa-bulu-kucing-bikin-mandul-hoax-atau-fakta

Banyak Orang Tua Yang Percaya Bahwa Bulu Kucing Bikin Mandul, Hoax Atau Fakta?

Banyak Orang Tua Yang Percaya Bahwa Bulu Kucing Bikin Mandul, Hoax Atau Fakta?
Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh orang Indonesia. Sifatnya yang manja dan menggemaskan membuat orang-orang yang terpikat dengannya. Meski dikenal sebagai hewan yang malas, kucing tetap saja selalu diperlakukan bak raja oleh majikannya. Tapi tidak ketika majikannya sedang "hamil", kucing akan diberlakukan seperti hewan peliharaan pada umumnya yang harus tinggal di dalam kandang.

Banyak Orang Tua Yang Percaya Bahwa Bulu Kucing Bikin Mandul, Hoax Atau Fakta?
bbc.com

Bahkan ada banyak orang yang enggan memelihara kucing lantaran dipercaya membuat wanita menjadi "mandul". Termasuk yang terjadi di lingkungan tempat tinggal ane termasuk di rumah ane sendiri. Kebanyakan orang tua ditempat ane tinggal termasuk ibu ane percaya bulu kucing bisa menggugurkan kandungan dan bisa membuat wanita menjadi mandul. Lalu apa benar hal itu bisa terjadi?


Ane sendiri tidak tau dari mana asal usul yang mengatakan bulu kucing sebagai penyebab seseorang menjadi keguguran atau mandul. Karena berdasarkan beberapa sumber yang ane temukan bahwa sebenarnya penyebab seorang wanita menjadi keguguran atau mandul bukanlah karena bulu kucingnya melainkan penyakit yang dibawa oleh kucing tersebut. Penyakit itu dikenal dengan nama Toksoplasmosis yang merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh parasit T. gondii. Parasit T. Gondii inilah yang masuk ke dalam tubuh manusia dan membuat infeksi pada janin. 


Lalu darimanakah parasit ini berasal? Faktanyaparasit ini bisa berasal dari manapun, mulai dari daging yang kita konsumsi kurang matang, kurang bersih mencuci buah dan sayur, saat sedang berkebun hingga terkena kotoran kucing yang tubuhnya terdapat parasit T. gondii. Penyebab kucing terkena parasit ini karena terlalu sering mengkonsumsi daging mentah (burung mati, tikus dan sejenisnya). Gak cuma kucing, semua hewan yang sering mengkonsumsi daging mentah juga berpeluang terkena parasit ini.


Kalo hipotesa ane kenapa kucing lebih dikenal sebagai penyebab mandul ketimbang anjing karena kucing adalah hewan yang banyak dipelihara orang dan sering dikasih ikan mentah atau sering cari makan sendiri di luar rumah membuat kucing sebagai hewan yang bikin mandul. Sedangkan anjing lebih banyak dikasih makanan hewan sehingga jarang tertular parasit dan anjing tidak seperti kucing yang hampir semuanya mereka makan. 


Jadi tentang bulu kucing bikin mandul adalah hoax ya karena bukan bulunya yang bikin mandul tapi parasit yang ada di dalam tubuhnyalah yang menular ke manusia dan merusak janin di dalamnya. Tapi berdasarkan beberapa sumber yang ane baca, Toxoplasmosis tidak semengerikan itu karena bila tubuh manusia itu sehat dan kekebalan tubuhnya kuat, maka tidak akan memberikan dampak buruk bagi tubuh manusia. 

Jadi mulai sekarang yang masih suka memberi kucingnya dengan daging mentah untuk memasak daging itu terlebih dulu. Bagi yang suka berkebun juga sebaikna menggunakan sarung tangan. Dan bagi yang suka makan daging sebaiknya dimasak hingga matang.

Bersama berantas hoax #HansipHoax. Untuk cek fakta atau hoax lainnya bisa cek di Hot Topic Hansip Hoax.


[url=https://www.alodokter.com/toksoplasmosis#:~:text=Infeksi%20parasit%20T.%20gondii%20pada,guna%20menghindari%20komplikasi%20yang%20berat.]sumber 2[/url]

profile-picture
profile-picture
profile-picture
doobey dan 6 lainnya memberi reputasi
Sepupu Ane pernah miara 18 ekor empusss pas mo nikah... Anaknya 3 tuh...
Banyak Orang Tua Yang Percaya Bahwa Bulu Kucing Bikin Mandul, Hoax Atau Fakta?
Banyak Orang Tua Yang Percaya Bahwa Bulu Kucing Bikin Mandul, Hoax Atau Fakta?
profile-picture
gonugraha76 memberi reputasi
Hoaks....ane dr kecil mak ane pelihara kucing. ,adik ane ada dua ,
Dari dulu selalu dikasi taunya gitu, gaboleh pelihara kucing kalo belom nikah nnti mandul hhh
Hoax Gan. Aku daj 7 th pelihara kucing alhamdulillah diberi momongan lg. Tg pnting jg kebersihan ja
jadi inget lagi
Hoax ya gan sis jadi jangan takut kalau mau memelihara kucing. Asalakan jaga selalu kbsrsihn tangan dan lingkungan kalian ya gan sis biar semua tetap aman.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
huiiii mantep niiii nice info anti hoax..... harus ane kasih ke orang tua aneee... yang ngomel ngomel kalok liat anak cewek main sama binatang berbulu.....
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Hoax dan ini dipercaya turun temurun. Ane bahkan sempet ga berani pelihara kucing karena kemakan hoax ini juga sedari kecil
Yap banyak ortu yang mengira bulu kucing bisa membuat mandul niih. Sempet mas ane tengkar sama ibu bapak gegaraa melihara kucing. Takut bawa penyakit nih kucing
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
biasanya yg ngomong gitu itu orang tua yg benci ama kucing.. jadi buat alesan biar menghindarkan melihara kucing.. wkwk
ane juga pernah denger ini
tapi nggak tau bener apa engga
menurutku kalo bikin mandul gaa laaa, hoax sii katakuu, bulu kucing ga sebahayaa ituu sampee efek sampingnyaa mandul, hikd pengen kucing aaaaemoticon-Frown


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di