CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Sejarah PO Aladdin - Bus Legendaris Asal Ciamis yang Terlupakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606a93bead8d4530e129a0b4/sejarah-po-aladdin---bus-legendaris-asal-ciamis-yang-terlupakan

Sejarah PO Aladdin - Bus Legendaris Asal Ciamis yang Terlupakan

Bicara soal usaha transportasi bus di wilayah barat Pulau Jawa sebenarnya cukup menarik gan sist, terutama di wilayah Priangan Timur yang termasuk wilayah Provinsi Jawa Barat. Daerah Priangan Timur sendiri terdiri dari Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Sukabumi.

Di daerah yang TS sebut ini dulu banyak PO lokal yang melayani rute menuju Jawa Tengah serta Jakarta. Puncak kejayaannya ada di dekade 80 sampai pertengahan 90-an, namun akibat krisis moneter, tidak banyak bus asal Priangan Timur yang bertahan. Kalau pun masih ada yang bertahan unitnya tak lagi sebanyak dulu. Pada kesempatan kali ini ane mau membahas PO asal Ciamis yang pernah berjaya pada masanya. Sudah ane siapkan pembahasannya dibawah, selamat membaca.



Namanya Sama Dengan Karakter Protagonis di Film Disney


Apa yang agan dan sista pikirkan jika mendengar nama Aladdin ? Kalau TS pribadi ketika mendengar nama ini langsung teringat dengan salah satu tokoh protagonis dari film animasi Disney, apakah gan sist juga berpikir demikian ? Meski sama-sama bernama Aladdin, namun Aladdin asli Ciamis ini tidak memiliki jin penolong layaknya di film animasi tersebut emoticon-Big Grin

Tidak diketahui asal-usul pemilihan nama 'Aladdin' ini gan sist, sudah ane coba mencari informasi tapi tak menemukan jawaban yang pasti. Yang pasti namanya tidak terinspirasi dari sosok protagonis dari serial animasi terkenal tersebut. Serial animasi tersebut dirilis tahun 1992, sementara PO Aladdin sendiri sudah eksis sejak dekade 1960-an. Jadi TS ingin menegaskan disini bahwa tidak ada hubungan antara film animasi dengan nama bus ini ya emoticon-Big Grin

Tapi kalau menurut istilah bahasa Arab, nama Aladdin sendiri memiliki arti beriman. Koreksinya kalau salah gan sist, soalnya ane bukan ahli bahasa, melainkan ahli menata kata emoticon-Peace Tidak diketahui pasti kapan berdirinya PO bus ini, namun beberapa sumber menyebutkan bahwa PO asal Ciamis ini sudah eksis sejak tahun 1960-an. PO ini pada masanya didirikan oleh Bapak Haji Aceng Kendar.


Sejarah PO Aladdin - Bus Legendaris Asal Ciamis yang Terlupakan

Mitsubishi 136 ps memakai body Proxima buatan Karoseri Sparta.

Ilustrasi: bayualaddin.blogspot.com



Pada dekade 60-an sampai 80-an usaha di bidang trasnportasi bus bisa dibilang sangat menjanjikan, karena pada masa-masa tersebut belum banyak orang yang memiliki kendaraan sendiri, sehingga bus menjadi pilihan untuk bepergian kesana kemari.

Aladdin pun juga turut merasakan masa kejayaan dunia transportasi darat tersebut, memasuki era 80-an, Aladdin sukses melebarkan sayap sampai Jakarta. Dengan trayek andalan Banjar-Jakarta, selain itu mereka juga membuka trayek Solo-Jogja-Tasik serta Tasik-Semarang, Purwokerto-Bandung serta Madiun-Bandung.

Untuk chasis bus yang digunakan waktu itu di dominasi oleh produk Hino dan Mercedes Benz. Seri lawas seperti OH 1518 'King' dan OH 1521 'Kuler Jahat'. Lain dulu lain sekarang gan sist, saat ini hampir semua bus besar PO Aladdin sudah tak bersisa. Mereka sekarang kebanyakan memakai bus medium saja, mulai tahun 2011 PO Aladdin mulai mengganti seluruh armada big bus dengan bus medium berkonfigurasi 29 tempat duduk.

Beberapa armada bus medium PO Aladdin memakai bus Hyundai buatan Korea Selatan serta beberapa produk Mitsubishi, yang kemungkinan diambil dari basis truk. Untuk karoseri yang digunakan, dulu PO Aladdin memakai body buatan Rahayu Santosa, Tri Sakti sampai Laksana. Namun, body bus mereka dulu dominan memakai body buatan Rahayu Santosa. Saat ini body bus mereka digarap oleh karoseri Korindo asal Tangerang serta karoseri Sparta asal Cirebon.


Sejarah PO Aladdin - Bus Legendaris Asal Ciamis yang Terlupakan

Mercedes Benz OH 1518 'King', body Concerto buatan Rahayu Santosa.

Ilustrasi: Screenshot Imotorium VLOG.


Sejarah PO Aladdin - Bus Legendaris Asal Ciamis yang Terlupakan

Mercedes Benz OH 1521.


Sejarah PO Aladdin - Bus Legendaris Asal Ciamis yang Terlupakan

Mercedes Benz OH 1113.

Ilustrasi: bayupurn.blogspot.com


Sejarah PO Aladdin - Bus Legendaris Asal Ciamis yang Terlupakan

Bus Hyundai, entah serinya apa ? Karoseri Tugasanda.


Sejarah PO Aladdin - Bus Legendaris Asal Ciamis yang Terlupakan

Mitsubishi 125 ps karoseri Langgeng Jaya.

Ilistrasi: bayualaddin.blogspot.com



Untuk warna bus, identik dengan warna putih dengan perpaduan coklat dan merah. Bus ini terdiri dari enam seri gan sist, mulai dari seri A sampai F. Yang unik, masing-masing seri bus ini dikelola oleh masing-masing anak dari Bapak Haji Aceng Kendar.

Penandaan seri pada bus ini biasanya bisa kita jumpai pada bagian pintu bus bagian depan, pemberian kode seri dengan huruf alfabet ini untuk membedakan unit bus dari masing-masing anak sang pemilik.

Bus dengan kode A diekelola oleh Ibu Hajjah Tati yang merupakan anak sulung, seri B diekelola oleh Bapak Haji Tatang Aceng Kendar, seri C dikelola oleh Ibu Hajjah Ayi selaku anak ketiga. Selanjutnya bus dengan kode seri D dikelola oleh Bapak Haji Uung, kemudian seri E dipegang oleh Bapak Haji Yaya. Dan yang terakhir seri F dikelola oleh Bapak Haji Dede.

Untuk seri D yang dikelola oleh Bapak Haji Uung bergarasi pusat di Bandung, sementara seri lainnya punya garasi pusat di Ciamis. Dari semua seri tersebut, bus dengan kode seri B saat ini memiliki armada bus paling banyak. Selain bus, PO Aladdin kini juga membuka usaha jasa angkot yang melayani trayek lokal di Ciamis.


Sejarah PO Aladdin - Bus Legendaris Asal Ciamis yang Terlupakan

Bus Aladdin dengan kode D5, milik Bapak Haji Uung.

Ilustrasi: Screenshot Imotorium VLOG.



Masa kejayaan Aladdin mulai habis saat memasuki tahun 1998 sampai awal tahun 2000, saat itu negeri ini memang dilanda kerusuhan besar yang menyebabkan harga berbagai jenis kebutuhan pokok melambung tinggi. Dampak kerusuhan 1998 juga berdampak pada mahalnya suku cadang bus, sehingga beberapa PO terpaksa menjual unit busnya.

Hampir seluruh PO bus waktu itu terkena dampak kerusuhan Mei 1998, tidak banyak yang bisa bertahan dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Mereka yang gagal bertahan terpaksa gulung tikar, sementara yang masih bertahan mulai mengurangi jumlah armadanya.

Keadaan waktu itu diperburuk dengan munculnya para pendatang baru di jalur selatan, nama Primajasa sampai Budiman akhirnya beralih menguasai jalur selatan Jawa Barat. Dua PO yang masih bertahan dengan mengandalkan big bus ini lantas kemudian menjadi pilihan masyarakat dijalurnya hingga sekarang. Dan saat ini PO Aladdin bernaung dibawah bendera PT Aladdin Sinar Putra Ciamis.

Saat ini PO Aladdin hanya melayani trayek jarak menengah seperti trayek Tasik-Jogja, Bandung-Purwokerto serta Tasik-Semarang. Sementara untuk trayek arah Jakarta sudah sepenuhnya berhenti beroperasi tahun 2015. Sebenarnya di trayek menuju Jogja dan Semarang, sepenuhnya sudah dikuasai oleh PO Budiman dengan armada big bus. Tentu bukan perkara mudah bagi PO Aladdin bersaing dengan nama besar seperti Budiman, apalagi mereka hanya bermodalkan armada bus medium.


Sejarah PO Aladdin - Bus Legendaris Asal Ciamis yang Terlupakan

Salah satu trayek yang masih tersisa, Mitsubishi 136 ps karoseri Sparta.

Ilustrasi: bayualaddin.blogspot.com



Demikian sedikit ulasan mengenai bus asal Ciamis yang masih mencoba bertahan di era modern ini, semoga kedepannya Aladdin mampu bangkit kembali dan mempertahankan eksistensi bus asal Priangan Timur.

Apakah agan dan sista pernah mendengar nama PO ini sebelumnya ? Atau barangkali asa yang pernah mencoba trayek dari PO Aladdin ? Jangan lupa untuk berbagi pengalamannya di kolom komentar nanti. Terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir, sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya, keep ngaskus ya emoticon-Angkat Beer




Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: google image dan berbagai sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lukmanrents dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 3
Sejarah PO Aladdin - Bus Legendaris Asal Ciamis yang Terlupakan

Aladdin dari Ciamis gan sist emoticon-Toast

------


Best komen emoticon-Toast

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cucigosok dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
mungkin penumpangnya nyaman semriwing kayak naik permadani terbangnya Aladin...emoticon-Big Grin

Spoiler for supir aladin:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jagotorpedo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
saingannya budimen nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
sudah ga pernah lihat lintas jakarta ga tau versi gabung transjakarta ikutan ngga. terakhir lihat di kawasan bekasi trayek priangan. jaman cililitan sempat mendominasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kayaknya itu Hyundai Mighty/ Koty deh Om.. medium bus 136 ps. Cmiiw.

Berangkat dari terminal Cicaheum nih hahaha...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Iya nih klo di jabar sering liat lalu lalang bis ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Kayanya pernah naek nih bus tapi lupa dimana..emoticon-Leh Uga

Baranangsiang,rambutan,kalapa atau dimana yakkkemoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Nice trit
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Mantaaapppp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Baru tahu emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Woaaaa bica teleport neeeeh. emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Pernah liat di terminals tirtonadi, ndomblong aja liat ini bus.
Trayek baru kok bus nya tua?
emoticon-Hammer2
Belom pernah naik sich.
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Asiiik ada ALADIN..... kangen lama gak lihat penampakkannya... emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Btw ane baru ingget dulu thn 90an juga ada bis namanya Bouroq, rajawali, apakah ts punya infonya?
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


yang dibelakang mas2 itu siapa gan emoticon-Matabelo



Quote:


gak ikut gan, PO bus yang gabung sama TJ rata2 po bus besar. dua po yang ane tahu punya inventaris di TJ adalah PO Lorena sama PO Hiba Utama, cmiiw



Quote:


awas mulusnya dikondisikan gan, ada perugas yang patroli sekarang di setiap sub forum emoticon-Salaman



Quote:


136 ps juga ternyata gan ? terimakasih untuk informasinya, ane kurang begitu paham soal merek hyundai. produknya sangat terbatas disini, ada PO Coyo juga yang pakai merek Hyundai ini




Quote:


gak sebanyak dulu gan unit busnya


Quote:


sayangnya sudah gak sampai Jakarta trayeknya gan



Quote:


cek kulkas gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:


wkwkwk ane juga gan, belum lama juga ane ngertinya emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
jlamp dan nowbitool memberi reputasi
Quote:


gak bisa dek emoticon-Big Grin

Quote:


sekarang gak sampai Solo gan, mentok sampai Jogja, di Jogja pun ane jarang lihat. sering lihat Budiman kalau arah ke Tasik emoticon-Ngacir



Quote:


Bouroq belum pernah dengar gan, Rajawali masih ada, asli kota Solo busnya. namun, sudah gak diminati seperti dulu gan. trayeknya lumayan jauh masih sampai Sukabumi dan Bandung
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dari bus besar sekarang menjadi medium bus...kalah bersaing dari para pesaing lainnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Cuman pernah naik 1 kali itu pun pas masih sd kayanya. Cuman ga enak pengalamannya, mana kelas ekonomi, nabrak bis lain pula. Untung nya pas macet kondisinya, jadi cuma kaca depan doang retak.
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Pernah sekali naik budimen dari jogja ke bandung.. lupa gw gmn ceritanya, tp aga zonk wkwk
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di