CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Beauty /
Simak Sist! Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Agar Tidak Salah Memilih Skincare
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606a833f4c866f15467488d2/simak-sist-cara-mengetahui-jenis-kulit-wajah-agar-tidak-salah-memilih-skincare

Simak Sist! Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Agar Tidak Salah Memilih Skincare

Simak Sist! Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Agar Tidak Salah Memilih Skincare
sumber gambar

Hola, Agan dan Sista! Welcome back to my thread. Hmmm ... kanget banget sama kalian semua, udah lama ane gak nulis nih. Kalian gimana kabarnya? Semoga sehat-sehat semua ya.

Ane kembali dengan topik yang menurut ane sih penting dibahas ya. Hehe

Well, kali ini ane akan membahas tentang jenis-jenis kulit wajah, ini bisa untuk cewek dan cowok ya. Topik ini juga berhubungan dengan skincare, karena sebaiknya kita tahu jenis kulit dulu sebelum memilih skincare. Nah, banyak tuh ane lihat cewek-cewek ngeluh karena skincare yang gak cocok, mungkin saja itu cewek beli asal beli aja tanpa tahu jenis kulit yang cocok dengan skincare yang dipilih. Kan sayang duit kalau habis dibeli nggak dipakai.

Simak Sist! Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Agar Tidak Salah Memilih Skincare

Jenis kulit wajah setiap orang berbeda tergantung faktor yang menentukan, diantaranya dipengaruhi oleh makanan, hormon, kondisi kejiwaan dan tubuh, cuaca dan lain sebagainya.

Baca Juga! Gak Harus Mahal, Skincare Ini Juga Bisa Bikin Glowing

Oke, langsung saja ane bahas mengenai jenis-jenis kulit wajah yang dikelompokkan secara umum ya.

1. Kering

Simak Sist! Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Agar Tidak Salah Memilih Skincare

Kulit kering adalah jenis kulit wajah yang memang terlihat kering, maksudnya di area wajahnya itu terlihat kayak ada kerutan kecil atau bekas-bekas terkelupas gitu.

Jenis kulit kering ini biasanya dikarenakan kulit tidak memproduksi minyak untuk melumasi area wajah dari dalam.

Kulit kering disebabkan oleh kurangnya produksi sebum di kukit wajah. Gunakan pelembab setelah mencuci wajah, atau masker yang cocok. Juga sangat dianjurkan untuk banyak minum air mineral agar kulit tidak dehidrasi.

2. Berminyak

Simak Sist! Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Agar Tidak Salah Memilih Skincare

Kulit berminyak ini ditandai dengan adanya minyak berlebih di wajah juga pori-pori yang cenderung membesar. Ini kelihatan banget ya kalau jenisnya berminyak, kulit kita memproduksi sebum berlebih sehingga kelihatan berminyak. Sebum adalah zat minyak yang berasal dari lemak, diproduksi dari kelenjar dari wajah.

Jenis kulit ini biasanya gampang jerawatan, kusam, dan komedo. Kotoran mudah menumpuk diwajah dan lengket akibat minyak itu tadi.

Untuk jenis kulit ini hindari makan gorengan atau sesuatu yang mengandung minyak, biar gak tambah berminyak wajahnya.

3. Normal

Simak Sist! Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Agar Tidak Salah Memilih Skincare

Kulit normal itu cenderung tidak terlalu berminyak dan tidak kering. Kulit memproduksi minyak normal sesuai dengan yang dibutuhkan untuk melembabkan kulit itu sendiri. Jadi antara minyak dan hidrasi air normal-normal aja. Jenis kulit ini jarang sekali mendapat masalah kulit seperti jerawat, bruntusan dan lain sebagainya.

Kulit normal bisa ditandai dengan kenyal dan halus lembut gitu kalau dipegang. Atau bisa ditandai dengan pori-pori yang normal. Beda dengan kulit kering ya, kalau kulit kering, dipegang sebentar atau semacam dicubit gitu dia akan menimbulkan bekas kerutan gitu, artinya gak kembali seperti semula kayak kulit normal.

4. Sensitif

Simak Sist! Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Agar Tidak Salah Memilih Skincare
sumber gambar

Kulit sensitif adalah kulit yang mudah sekali mengalami perubahan. Misal digigit nyamuk, akan berbekas sampai lama gitu. Kena gigitan semut juga berbekas. Gampang iritasi, mudah berjerawat, atau bisa ditandai dengan merah-merah di sekitar pipi, hidung atau sisi bibir.

Jenis kulit wajah ini harus sangat hati-hati dalam memilih skincare, karena kalau jerawatan bekasnya susah hilang. Tapi, jenis kulit ini gampang banget mendeteksi cocok tidaknya sebuah produk skincare yang digunakan. Jadi, kalau udah tahu nggak cocok ya langsung berhenti.

5. Kombinasi

Simak Sist! Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Agar Tidak Salah Memilih Skincare
sumber gambar

Kulit kombinasi adalah campuran antara kulit kering dan berminyak. Biasanya jenis kulit ini yang berminyak cuma di beberapa bagian saja yang dikenal dengan T zone, yaitu dahi, hidung dan dagu. Sementara pipinya kering.

Jenis kulitnya termasuk mudah sih memilih skincare. Bisa memilih skincare sama dengan kulit kering atau berminyak atau normal sih menurut ane.

Well, itu tadi jenis-jenis kulit yang ane tahu. Kalau ada saran dan tambahan, boleh share di kolom komentar ya.

Nah, sekarang ane akan bahas gimana sih cara biar tahu jenis kulit wajah kita sendiri?

Gampang banget, Sis. Simak sampai habis ya!

Cara mengetahui jenis kulit wajah, bisa kita tes sendiri di rumah.

Simak Sist! Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Agar Tidak Salah Memilih Skincare

1. Coba ambil satu tisu, lalu potong menjadi lima bagian kecil-kecil.

2. Setelah itu cuci wajah dengan sabun pencuci wajah yang sista pakai, lalu bilas dengan handuk khusus untuk wajah ya. Nah, ini juga penting. Penting untuk tidak mencampur handuk untuk badan dan wajah, jadi lebih baik sediakan handuk khusus untuk wajah ya sis. Bilas pelan-pelan sampai aitnya benar-benar kering.

3. Jangan pakai skincare apa pun dulu, cukup cuci muka aja. Setelah itu diamkan selama tiga puluh menit sampai satu jam di suhu ruangan. Misal di kamar gitu.

4. Tempelkan tisu yang udah dipotong-potong tadi di lima bagian, yaitu dahi, pipi kanan, pipi kiri, hidung dan dagu.

5. Tunggu beberapa menit dan lihat hasilnya.

-Jika tisu itu semua bagiannya berminyak berlebih, maka bisa dipastikan jenis kulitnya berminyak.

-Jika tisu itu gak berminyak sama sekali, maka jenis kulitnya kering.

-Jika yang berminyak hanya daerah T zone, maka itu jenis kulitnya kombinasi.

-Jika tisunya berminyak, tapi minyaknya gak banyak, tipis-tipis aja tuh. Maka itu jenis kulitnya normal.

Nah, gimana? Kira-kira apa jenis kulit Agansis?

Penting sekali untuk mengetahui kenis kulit wajah kita ya, agar tidak salah memilih skincare, mulai dari facial wash, pelembab hingga serum atau apa pun. Jangan asal beli karena ikut tren terus pakai aja ke wajah, kesian dong kulitnya dipaksa menerima yang dia tak boleh terima.

Entar jadi kayak drama perjodohan karena dipaksa deh, wkwk.

Oke, Agansis. Itulah sedikit tulisan ane mengenai jenis kulit. Jika ada pendapat lain, welcome dengan senang hati boleh share di kolom komentar.

Semoga bermanfaat! Jangan lupa cendol rate komen dan share ya. See you! emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih:

Ditulis oleh @ElviHusna
Narasi pribadi
Referensi dan sumber gambar lainnya
1 2 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ElviHusna
Pejwan dulu!
Apa jenis kulit Agansis?
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
Uda jarang makan gorengan tp tetep berminyakemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan ElviHusna memberi reputasi
kulit sensitif mudah pecah,bahaya juga ya kalo kebentur benda tumpul
Quote:


Lemak lainnya? Santan atau apa misal

Quote:


Iya, bahaya. Perih kan kalau merah-merah

Dulu ane punya temen yang bibirnya tiap hari pecah-pecah sampe berdarah. Kulit wajahnya kering, tapi gak parah. Cuma bibir yang parah
Quote:


Quote:


berminyak dan sensitif 😭
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kulit adek jenis yang hidup.
emoticon-Cool
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kulit ku sensitif n kombinasi gan
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Nice info sis
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jadi tambah pengetàhuan nih.. sàngat bermanfaat banget.. mksh infonya 👍👍
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
alhamdulillah kulit ku tergolong ke normal
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kulit ane berminyak tapi sensitip. jadi serba salah kalo milih skincare emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
ghado dan ElviHusna memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Muka udah berminyak tapi masih doyan makan gorengan. Itu aku emoticon-Hammer2
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Oke nice info sist.. Kulit ane normal agak kering kali sist.. permasalahan di kulit ane tuh sedikit bruntusan di area kening.. kadang muncul jerawat juga sih terutama pas datang bulan..
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di