CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Vertigo, Jangan Sepelekan !!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6069a489f9f88d43fe692ca8/vertigo-jangan-sepelekan

Vertigo, Jangan Sepelekan !!!

Vertigo Penyakit Kambuhan

Vertigo, Jangan Sepelekan !!!


Hai, halo sist ketemu di coretan 
@ummuza 



Kali ini saya ingin membuat coretan tentang vertigo, penyakit kambuhan yang bisa  menyerang siapa saja terutama kaum perempuan. Vertigo ini bukan penyakit mematikan sejenis kanker se tetapi tetap namanya penyakit tak enak lah.


Saya tidak akan membahas vertigo dari segi keilmuan medis atau kedokteran tetapi saya hanya akan membahas pengalaman saya selama pernah beberapa kali terserang vertigo. Bagaimana kisah saya? yuk, kita simak ya



Vertigo adalah salah satu nama penyakit dengan diagnosa oleh dokter dengan keluhan di kepala. Biasanya keluahan yang dirasakan adalah pusing yang amat sangat dan pusingnya ini adalah kepala serasa muter. Bumi yang kita pijak ini serasa bergoyang dan tentu lambung akan berpengaruh sehingga apa yang ada di dalam lambung akan bisa di pastikan semua isinya keluar kalau tetap memaksakan untuk beraktivitas. Dan juga jangan sekali-kali menganggap remeh vertigo !!!

Saat pertama kali vertigo menghampiri atau saya rasakan saat itu hamil 8 bulan anak ke tiga (sekarang anaknya sudah umur 6,5 tahun).Apa yang saya rasakan saat itu ? Hanya saat bangun tidur kepala serasa ringan dan tidak fokus. Suhu badan normal, saat itu saya tetap melakukan kegiatan pagi menyiapkan sarapan untuk anak-anak dan suami.  setelah semua pekerjaan selesai kepala semakin terasa tidak enak dan perut terasa mual. dengan segera saya ke kamar untuk tidur dan untung sempat membawa palastik kresek. Entah, kenapa saat itu saya kepikiran untuk membawa. Setelah sampai kamar saya coba untuk tidur ternyata yang saya rasakan tidak menajdi baikan justru semakin tersa berputas dan mual semakin tidak bisa ditahan lagi. setiap mencoba embuka mata isi perut pasti akan ikut kelur. Merasa enakan tidak pusing lagi saya coba untuk membuka mata dan isi perut pasti ikut keluar seperti sampai tak ada yang keluar yang bisa isi perutnya karena sudah habis. saya mencoba untuk memejamkan mata dan tenang. 

Akhirnya setelah saya bisa istirahat dengan tenang merilekskan pikiran hingga hampir jam 11 siang vertigo reda dan saya bisa menhubungi suami untuk pulang mengantar ke dokter. Ini serangan vertigo pertama saya tak tahu ada apa dengan saya, kenapa seperti ini?
Dan ternyata serangan pertama bukanlah yang terakhir karena vertigo itu penyakit kambuhan dan bisa kambuh dan kapan saja. Saya kira satu kali mengalami vertigo tak terulang lagi karena sudah kurang lebih tiga tahun, aman. Ternyata saya salah.

Serangan vertigo ke dua kalinya adalah saat keluar dari kamar operasi sesar kelahiran anak ke empat saya (sekarang sudah umur 3,5 tahun) Saat berada di dalam ruang operasi, vertigo belum terasa tetapi begitu keluar dari ruang operasi silau terkena cahaya lampu. Vertigo mulai terasa untuk membuka mata terasa sangat sulit karena silau. Saat saya paksaakan gejolak isi perut terasa dan itu terasa sangat nikmat sekali karena obat bius dari jahitan juga sudah mulai hilang. Padahal, anak-anak datang menjenguk rasanya sungguh tak berdaya. diam, terpejam dan tidak memaksa untuk membuka mata hanya itu yang bisa saya lakuan agar vertigo tidak terlalu parah menyerang, saya mencoba untuk tidur dan beristirahat. Dan, akhirnya vertigo mereda.

Serangan belum berakhir belum lama ini pada tahun 2020 kemarin lagi, vertigo ke tiga ku rasakan lagi. Kali ini menyerang sama seperti serangan pertama pagi hari, bangun tidur membuang beban kandung kemih selama semalam hajat saat keluar kamar mandi. Bumi berputar berjalan pun hanya bisa sambil memejamkan mata dan berpegangan dengan tembok. Saya langsung mematikan lampu dan mencoba untuk tidur lagi dan tak lupa berpesan pada suami "vertigo kambuh tidak bisa menyiapkan sarapan". Dan, juga berpesan pada anak-anak untuk tidak main jauh di dalam rumah saja karena ibu sakit". Alhamdulillah, anak-anak paham. Saat itu berharap hanya sebentar saja vertigo menyerang ternyata dari pagi sampai pagi lagi vertigo baru mau pergi.

Apa sebenarnya penyebab vertigo ? Kecapekan dan banyak pikiran itu kata dokter. Tentu itu benar, adanya. Untuk itu agar tidak terserang vertigo jangan banyak pikiran ( jangan terlalu tegang memikirkan sesuatu) dan istirahatlah yang cukup.


Tips bila vertigo terlanjur menyerang :
1. Jauhi sumber cahaya
Sebisa mungkin kurangi hubungan dengan cahaya, sehingga penglihatan tidakmerasa silau. 

2. Rilekskan pikiran
Lepaskan semua beban pikiran yang ada sejenak, buang apa yang menjadi pikiranmu, misal dikejar setoran, belum bayar arisan. intinya kosongkan pikiran dan pastinya dekat diri dengan Sang Maha Kuasa dan mohon ampun padaNya.
caranya tarik napas buang tahan sebentar dan hempuskan nafas secara perlahan lakukan berulang kali samapai merasa pikiran tenang serta bisa sambil berdzikir.

3. Tidur
Setelah pikiran terasa tenang, istirahatkan badan dengan cara tidur untuk beberapa waktu. Bila sudah merasa baikan serta ingin mencoba bangun tidur jangan langsung/spontan bangun tapi lakukan perlahan. Awali dengan posisi terbaring, miring dulu kemudian duduk bila memang sudah tidak terasa pusing baru coba untuk berdiri dan berjalanlah dengan perlahan. Stabilkan dulu keseimbangan tubuh.

INGAT!!!
JIKA ALARM TUBUH SUDAH BERBUNYI UNTUK ISTIRAHAT SEGERALAH UNTUK MENGISTIRAHATKAN TUBUH ANDA


Dan juga, jangan lupa untuk ke dokter setelah melakukan pertolongan pertama tetapi tidak mereda vertigonya ya !!!


Kenapa saya menggunakan kata serangan untuk vertigo ? Karena memang datangnya yang tiba-tiba sering kita tidak sadari gejalanya.

Demikian, coretan saya tentang vertigo. Dipersilahkan untuk memberikan krisan atau mau berbagi pengalaman yang sudah pernah merasakan serangaan vertigo pernah boleh silahkan komen, rate dan cendolnya. Terimakasih  emoticon-Kiss (S)

Mohon maaf bila ada yang kurang pas atau tidak berkenan. 



sumber coretan murni opini pribadi

sumber gambar


Magelang, Akhir Maret 2021

ummuza


emoticon-rosebbbemoticon-rosenuwunemoticon-rose

profile-picture
profile-picture
profile-picture
monicamey dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Vertigo, penyakit kambuhan yang bisa menyerang kapan saja dan siapa saja..terutama kaum perempuan.
Bagi yang belum pernah merasakan vertigo, jangan sampai ya... Jaga kesehatan
Tumbang gw gara2 vertigo.
Langsung masuk ugd.
Diagnosis pertama disangka stroke.

Yg bikin kesel, masuk tengah malem, besok paginya disuruh pulang.
Maklum rs militer.

Supaya g kambuh, gw minum vit B12.
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
ane pusing mendadak biasanya tgl 25 keatas itu vertigo bukan yah emoticon-Hammer2
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Gue pernah pusing banget. Dula darah anjlok. Jadi harus ngemut permen.
profile-picture
profile-picture
oktavianus0807 dan ummuza memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kayanya dulu pas kecil pernah deh emoticon-Matabelo
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nggak enak banget kalau vertigo tuh, pusing biasa aja udah sangat menganggu aktivitad apalagi pusing bertigo udah sulit buat aktivitas
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Diubah oleh mine388
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nice articel, membantu banget nih, ane sering migrain dan mual soalnya. Klo sdh terasa hrs istirahat dan jauhi hp
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah gue juga pernah vertigo. Ga enak banget semua muter padahal gue cuman tiduran
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Berobat dah. Ntar dapet mertigo emoticon-Smilie
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
𝙱𝚊𝚑𝚊𝚢𝚊 𝚓𝚞𝚐𝚊 𝚝𝚎𝚛𝚗𝚢𝚊𝚝𝚊 𝚐𝚊𝚗....
𝙷𝚒𝚔𝚜...
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
𝚂𝚎𝚖𝚞𝚊 𝚒𝚝𝚞 𝚋𝚎𝚛𝚊𝚠𝚊𝙻 𝚍𝚊𝚛𝚒 𝚏𝚒𝚔𝚒𝚛𝚊𝚗 𝚢𝚊....
𝚆𝚊𝚑...𝚠𝚊𝚑...
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Wah emang bener sih kalo vertigo tu emang gak enak bgtttt aslikkkkk rasanya kek mau pingsan terus muter muter
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Nice info, jangan sepelekan alarm tubuh
profile-picture
ummuza memberi reputasi
ane pernah meskipun gak parah, kalo tiduran cuma bisa ngadep 1 arah. kalo puter badan, langsung muter2 dunia ini rasanya emoticon-Frown
profile-picture
ummuza memberi reputasi
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Memang yang namanya penykit itu semua bernhya dan tidak boleh di sepelakan. Termasuk vertigo ini, bnyak sekali efeknya jika vertigo ini di sepelekan. Jadi sgeralah ke dokter agar semua cepat teraatasi
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Iya mertua ane pun juga vertigo gan.. minum amplodipin udah sembuh sekali niih
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Ane juga sudah 3x kena vertigo kurun waktu 7 tahun, 2 masuk igd, 1x terakhir di rumah, yg paling parah sampe muntah2, disuntik,karena kepala pusing muter2 ga hilang2.
profile-picture
ummuza memberi reputasi
temen kuliah ane ada yang sering absen soalnya vertigonya lagi kambuhan, kesian banget emoticon-Mewek
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di