CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Galau antara nikah atau enggak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60682a166505094bbe6d707e/galau-antara-nikah-atau-enggak

Galau antara nikah atau enggak

gw umur 24 tahun tapi entah kenapa gw masih belum kepikiran buat nikah sementara pacar gw pingin maunya cepet-cepet nikah...gw maunya masih pingin nikmati masa muda belum mau nikah,tapi si doi maksa-maksa gw sambil ngambek buat harus nikah muda,sebenarnya dilema gw mau aja, tetapi di satu sisi gw masih pingin nikmati masa muda gw, tolong kasi saran agan dan suhu yang ada di kaskus barangkali ada yang bisa ngasa gw masukan mengenai hal ini ? 

terimakasih 
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
Emgnya kalo nikah skrg ga bisa nikmatin masa muda y gan? Masa muda di sini artinya apa dulu? Hidup bebas tanpa ada yg ngelarang atau hidup ga ada tanggungan dan tanggung jawab yg besar?

Kalo udah siap lahir batin ya silahkan menikah. Pacaran2 kelamaan jg ga bagus.
profile-picture
nantasukma771 memberi reputasi
Hahahaha
Biasa cewek gan, liat temen2nya merried dia mau juga, intinya sih ente harus siap, bayangkan aja seumur hidup nanti, orang ini yang akan ente liat tiap hari, pas tutup mata sampai buka mata lagi, klo ente rasa dialah orangnya ya udah sikat aja.
Nikah tp jgn hamil

Nikah ga repot, punya anak iya
profile-picture
nantasukma771 memberi reputasi
Urgensinya apa?
itu resiko kalo punya pacar seumuran atau cuma beda 1-2 thn aja, udh pasti elo disuruh cepet2 menikahinya emoticon-Big Grin
buat sebagian cowo umur 24thn itu emang masih pengen bebas dan belom memikirkan utk berkeluarga tapi beda sama cewe umur 24thn itu sdh harus ada kepastian utk berkeluarga,
saran gue lebih baik lepasin aja pacar elo utk mencari cowo lain yg udh siap menikah dan elo bisa bebas tanpa ada tekanan utk menikah, jadi cowo jgn pernah menikah krn terpaksa nanti pada akhirnya elo bakal menyesal
profile-picture
siapainiwoi memberi reputasi
Berhubung saya seumuran dengan ts saya pernah mengalami hal yang sama, di umur yang sekarang ini memang saya belum kepikiran untuk menikah dan lebih memilih menikmati masa muda.

Alangkah baiknya ts bicara dengan pacarnya, kemungkinan untuk menikah itu butuh berapa waktu lagi? Beberapa bulan atau tahun nah itu jelaskan pada pacarmu, jika penjelasan tersebut menemui jalan buntu ya melepaskannya mungkin jalan terbaik sebab jika ts belum siap mental dipaksa untuk menikah bukannya senang menjalani nanti malah terasa beban menjalani.
Saran saya di omongi dulu...

Ingat ts, wanita lebih memilih pria yang menunjukkan keseriusan untuk ke jenjang pernikahan meskipun dia tidak(belum) cinta!
Mkn solusiny begini ente kimpoi aj dl tp jgn pny anak dl Krn klo pny anak jiwa muda mu tuk berkelana akan sirna. Klo mmg dia yg terakhir bagi mu to klo lu dgn dia masih nimbang2 ya udh ikuti aj alam liar mu Jon.
Bener sis daisy di atas...menikah bukan berarti ga bisa menikmati masa muda...jgn kuatir. Justru kan enak bisa ena2 tiap hari. emoticon-Big Grin
Cuman nikah itu butuh kematangan, matang scr finansial yg utama...krn faktor utama pemecah RT tuh finansial. Jadi diperhitungkan baik2 dulu...ntar nikah bisa hidup mandiri dan mapan sehari2 ga? Klo.bisa sih ga ngumpul sama ortu/mertua.

Satu lagi masalah anak juga harus dibicarakan, mau punya anak kapan?...krn biaya hamil melahirkan itu ga sedikit, dan tanggung jawab besarin anak itu bukan main2...klo mau tenang puasin main2 ma pasangan ya tundalah punya anak dulu...

Nikah itu kaya level Hardnya game kehidupan, klo ga siap ya mending jangan. Pertimbangkan baik2. Klo ga kuat mental ya kacaulah...gabisa dng gampang bilang 'putus yuk'
Saran aku sih kalo km belum siap jangan dipaksakan...karena memang pernikahan itu membutuhkan banyak kesiapan, ga cuma materi, tapi juga kesiapan psikologis, mental, dll...

So daripada dipaksakan, nanti malah kesiksa sendiri lho, trus nanti ngerasa ga bahagia, trus nanti bisa aja malah pisah/cerai...kan malah dampaknya kemana2...ngelibatin anak gadis org lagi...kasian...

Saran aku, kasi tau pacar km kalo km belum siap, kalo doi mau nunggu ya kasi kepastian siapnya kapan...kalo ga mo nunggu ya uda, biarkan doi mencari kebahagiaan sendiri...jodoh ga akan kemana ko...emoticon-Big Grin
Jangan maksain diri tar malah cere berabe
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Apa yang agan ketahui mengenai pernikahan ?
Dari apa yang agan ketahui itu, mana yang agan yakini hingga ke tulang sunsum-sanubari yang terdalam ?
Kalau tidak/belum ada yang diyakini, ...........
Karena keyakinan (entah mengenai apa terkait pernikahan itu) adalah salah satu pilar penyangga. ===> Selain ekonomi, kalau pada jaman sekarang.
Putusin aja, percaya ama gw.

Trus lu cari yg beda 4-5 tahun deh

atau anak SMA gitulah mayan jajanin bakso dah cukup.
profile-picture
njir memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cepet nikah bre, biar bisa bercocok tanam secara legal dan bisa di ekspor nanti
Kalo di debat dan dijelasin biasa aja gak bakal nerima deh yakin
Soalnya aku dulu pernah gitu

Mujarabnya tu pas dijelasin rinci ma suamiku

Aku gak kepikiran sampe situ, sampe mataku benwran ke buka lebar

Mulai dari
Belum siap finansial
Tanggung jawab gede, karena nikah tu yang ditanggung gak cewek doang, tapi orang tua si cewek juga jadi tanggung jawab si cowok

Cewek mah anggepnya kan nikah udah gitu, aku jadi tangung jawabmu ya...suamiku

Tapi cowok harusnya berpikir beda, tanggungannya bukan cuma istri, tapi juga keluarga inti si istri, orang tua sendiri pasti juga masuk, jadi kudu siap mental

Mo tinggal dimana, itu juga pikiran terbesar cowok

Dan hal hal lainnya

Coba tanyain kecewekmu, alasan dia ngbet ngajak nikah kenapa, kalo ngambek berati dia gak logis, kalo penjelasannya gak mutu berati dia belum siap nikah

Kasih aja target nyata buat dia, tapi jangan terlalu lama

Kalo dah pacaran 3 tahun ya udah di percepat persiapannya

Tapi kalo baru berapa bulan bahkan mungkin minggu udah ngajak nikah karena bla bla bla
Dia harus diselidiki, takutnya cuma pingin melarikan diri dari kenyataan dan tuntutan.... bahaya
profile-picture
aremdaun memberi reputasi
inget kata guru guy "masa muda belum berakhir!"
Nikah itu bukan hal yang enteng.

Orang asia memang rata-rata maksain nikah muda

Lo bayangin aja 20 tahun sekolah tambah 3-4 tahun kuliah

Terus kerja, terus kalo udah kerja harus nikah

Nikah buru-buru punya anak, responsibility nambah

Kapan mau menikmati hidup? Pas udah tua renta di panti jompo?
apakah nikmatin masa muda bebas dng maen/nongkrong sm temen ga ada beban n tanggung jawab?
disaat masih muda itu coba kejar mimpi akan lebih baik..
putusin aja pacarmu, nanti cari jodoh pas mw nikah
nikah ama pacaran nyaris gak ada beda gan selama gak punya anak.

Bikin aja kesepakatan kalau nikah agan boleh main sesukanya. Tapi pastinya si bini juga mau main sesukanya.

Tapi kalau dah punya anak, dah beda sih. Dah beda jauh.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di