CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6066f62cc5785f0e8359f726/mengulik-lebih-dekat-kisah-lorena-karina-bus-hijau-andalan-para-perantau

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar PO Lorena-Karina, Si Hijau yang sudah diandalkan para perantau sejak dahulu.

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



Bus, dengan ciri khas berlivery hijau-putih, memiliki gambar bintang di sisi-sisi bus, bertuliskan jenis sasis dan tingkat emisi Euro di samping kanan dan kiri, itulah Lorena dan Karina. PO ini memang sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu sampai sekarang, baik di kalangan masyarakat maupun busmania.

PO Lorena berawal ketika Bapak G.T Soerbakti pada tahun 1970 mendirikan sebuah CV, yakni CV Lorena. Nama "Lorena" diambil dari nama anak pertamanya yang kini sudah menjabat sebagai salah satu pimpinan Lorena-Karina, yaitu Ibu Eka Sari Lorena Soerbakti.

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



Meski CV Lorena sudah didirikan pada tahun 1970, pada tahun 1973 barulah Lorena menjalankan trayek bus pertamanya. Trayek pertama Lorena adalah Bogor-Jakarta via Cibinong, dengan 2 unit armada Mercedes-Benz OF 1113.

Ternyata, respon masyarakat saat itu cukup baik. Lorena pun berhasil menambah armada, dan pada tahun 1975 PO Lorena membuka trayek Bogor-Bandung via Puncak yang memang terkenal dengan jalur ekstrimnya.

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



Dengan menjabatnya Bapak GT Soerbakti sebagai ketua DPP Organda DKI Jakarta pada tahun 1977, maka Lorena pun bisa menambah trayek dengan mudah. Lorena terus berkembang, sementara jabatan Bapak GT Soerbakti pada tahun 1979 "naik tingkat" menjadi Ketua DPP Organda Departemen Khusus.

Pada tahun 1984, PO Lorena akhirnya membuka trayek AKAP. Dengan rute Jakarta-Surabaya, Lorena membawa gebrakan baru dengan armada yang nyaman. Armada PO Lorena berfasilitas AC, Reclining Seat, toilet, fasilitas hiburan audio-video, smoking area, dan fasilitas lainnya. Fasilitas-fasilitas tersebut pada era pertengahan tahun 1980an masih terbilang sangat jarang di bus-bus AKAP. Lorena juga menyediakan servis makan dan snack, yang juga mungkin masih sangat jarang sewaktu itu.

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



Sementara, dengan jabatan Bapak GT Soerbakti yang "naik tingkat" lagi menjadi Ketua DPP Organda bagian departemen pembinaan perusahaan era 1983-1987 dan akhirnya menjadi ketua DPP Organda pada era 1987-1998, Lorena pun bisa menambah trayek dengan sangat mudah. Lorena terus menambah trayek AKAP, merambah ke Bali, Madura, kota-kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Hingga pada tahun 1989, Bapak GT Soerbakti memutuskan untuk mengakuisisi PO Raseko dan mendirikan PT Ryanta Mitra Karina yang menjadi awal mula berdirinya Karina sebagai sahabat Lorena menjelajahi Sumatra, Jawa, Madura dan Bali. Karina juga merupakan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi bus AKAP juga, tetapi berbentuk PT. Nama "Karina" juga diambil dari nama anak Bapak GT Soerbakti yaitu Ibu Karina Soerbakti.

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



Lorena-Karina pada era-era tahun 90an terus berkembang, berhasil melewati krisis ekonomi, terus menambah kualitas dan jumlah armada, dan pada tahun 2002 Lorena memutuskan mengganti nama perusahaan dari "CV Lorena" menjadi "PT Eka Sari Lorena Transport". 

Lorena terus memperbaiki kualitas pelayanan dan armada, dan akhirnya pada tahun 2003 PT Eka Sari Lorena Transport memperoleh sertifikat ISO 9001:2000. Lorena menjadi PO pertama di Tanah Air yang mendapatkan sertifikat ISO tersebut. Sementara itu, Lorena-Karina pun terus menambah kualitas pelayanan dan armada.

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



Perusahaan yang didirikan oleh Bapak GT Soerbakti ini pada tahun 2008 sampai tahun 2018 juga pernah mengoperasikan bus Transjakarta. PT Eka Sari Lorena Transport selama mengoperasikan bus Transjakarta memiliki 13 unit articulated bus atau bus gandeng di koridor 5 Transjakarta, dan 34 bus standar yang dioperasikan di koridor 7 Transjakarta.

Akhirnya, pada tahun 2017, Lorena-Karina berhasil memboyong 12 unit bus Double Decker yang bersasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542. Ini merupakan gebrakan baru, karena Lorena-Karina merupakan PO bus pertama di Indonesia yang memesan bus Double Decker sebanyak itu dalam sekali pesan. 

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



Tak sampai disitu saja. Lorena-Karina pun memesan lagi unit bus-bus baru dan 8 unit bus Double Decker. Bus tingkat tersebut semua menggunakan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, dan berbalut body Jetbus 2+ SDD buatan karoseri Adiputro, Malang.

Lorena-Karina terus memperbaiki layanan, menambah armada, menambah trayek, hingga sekitar 6-8 bulan sebelum thread ini dibuat Lorena-Karina terpaksa menelan pil pahit. Satu unit bus Double Decker seharga 3,4 milyar terbakar habis di Pool Lorena Lebak Bulus, Jakarta. Kebakaran yang menghanguskan bus Double Decker tersebut diduga disebabkan oleh korsleting listrik.

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



Kini, Lorena-Karina memiliki lebih dari 500 unit bus yang melayani rute di Sumatera, Jawa, Madura dan Bali. Lorena-Karina juga memiliki anak usaha yang bergerak di bidang jasa pengiriman paket, yaitu ESL Express.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1970 ini selalu menggunakan sasis bus besar dari Mercedes-Benz. Mulai OF 1113, OH 1113, OH 1518, OH 1521, OH 1525, OH 1526, OH 1626, O500R 1836, sampai O500R 2542 pun Lorena andalkan. Dari 500 unit bigbus milik Lorena-Karina, semua memiliki sasis Mercedes-Benz, tak ada yang menggunakan sasis dari pabrikan lain. Alasan dibalik itu tentu karena Lorena-Karina telah setia menggunakan sasis Mercedes sejak zaman dahulu.

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



Untuk urusan karoseri, Lorena-Karina banyak menggunakan karoseri-karoseri seperti Adiputro, Rahayu Santosa, New Armada, dan karoseri lainnya. Tetapi, armada yang rilis baru-baru ini hampir semua menggunakan body besutan karoseri Adiputro. Memang, Lorena-Karina sedang memesan bus SR2 Suite Class dari karoseri Laksana, tetapi dominan bus-bus terbaru Lorena-Karina menggunakan karoseri dari Adiputro.

Lorena-Karina melayani kelas Super Eksekutif, Eksekutif, VIP dan Bisnis. Untuk kelas Bisnis menggunakan seat 2-3 dengan fasilitas toilet, AC, TV, reclining seat dan selimut yang berkapasitas 53 kursi, kelas VIP menggunaan seat 2-2 dengan fasilitas yang sama seperti kelas bisnis yang berkapasitas 40 kursi, kelas Eksekutif menggunakan seat 2-2 dengan fasilitas tambahan legrest (di beberapa trayek) dan smoking area yang berkapasitas 28-34 kursi, sementara untuk Super Eksekutif menggunakan seat 1-2 dengan fasilitas yang kurang lebih sama seperti kelas Eksekutif yang berkapasitas 21 kursi saja. Kabarnya, Karina akan meluncurkan bus sleeper class, tetapi ane belum tahu kapan bus itu rilis.

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



Untuk harga tiketnya, Lorena-Karina membandrol harga tiket yang terkadang murah, terkadang mahal. Misalnya, sebelum wabah menyerang Lorena-Karina membandrol harga 500 ribu rupiah untuk tujuan Jakarta-Bali, dan itu sudah mendapat kelas Eksekutif dengan sasis OH 1626. Sementara, untuk tujuan Jakarta-Jember kelas Eksekutif, harga tiketnya ada di angka 435 ribu rupiah sudah mendapat bus kelas Eksekutif Double Decker dengan sasis O500R 2542, dibilang murah enggak mahal juga enggak.

Lorena-Karina setahu ane menggunakan sistem penjatahan BBM "solar jatah", jadi ugal-ugalan akan lebih minim. Driver bisa mendapat uang tambahan apabila menyetir dengan irit, dan biaya perawatan pun menjadi lebih minim.

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



PT Eka Sari Lorena Transport setahu ane hanya memiliki usaha di bidang bus AKAP, bus AKDP, bus APM (Angkutan Pemadu Moda), pengiriman paket dan SPBU saja. Sayang, Lorena-Karina belum memiliki rumah makan dan bus pariwisata. Mungkin kedepan, PT Eka Sari Lorena Transport akan memiliki layanan bus pariwisata dan rumah makan.

Memang, ada loket bus Lorena di dekat rumah ane. Tetapi sayang, loket bus Lorena hanya melayani tujuan ke Jember, Probolinggo dan Banyuwangi saja, tak melayani tujuan ke Jakarta. Mungkin ketika suatu saat nanti ane ingin pergi ke Bali, ane akan menumpang bus Lorena ini.

Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau



Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih bila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!

Sumber:12345
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan atau mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sutangragas dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Jendral Ijo, dulu tahun 90an berasa seperti ningrat kalo naik bus ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bus sultan pada jaman nya.. Ane selalu cinta sama P.O yg satu ini, karnaaaa mereka tidak pernah ugal ugal'an di jalan, baik kondisi jalan yang bagus atau jalanan sepi kendaraan, meski ada beberapa oknum juga yg masih ugal2an tp masih minim ga sebanyak rival nya yg mengutamakan kecepatan dibanding kenyamanan passenger's.. Kangeeen naikk lorenaaaa
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pesaing ketatnya Rosalia nih wkwk
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Sekali naik lorena jurusan Lampung-Bali. Udah bayar full diturunin cuman nyampe jember, udah gitu masa disuruh bayar lagi bis ke balinya. Karena yang ke Bali cuman ane sendiri sih makanya diturunin...
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Belum pernah naik gegara tiketnya mahal
emoticon-Ngakak

Ane demen kalo liat Bus yg buat ESL.
emoticon-Om Telolet Om!
Ke jakarta naik bus ini.
Memang nyaman bener.

Ane msh inget motto lorena.
Sabar, sopan, senyum.
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan iskrim memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Layanan esl nya juga cepet. Dulu pernah ngirim dari sumatra ke bali, ngirim bareng ind4h cargo, esl tembus 7 hari pas, si endah 11 hari. Esl lbh dr 30kg harganya jadi 7200/kg, si endah 9rb/kg
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan iskrim memberi reputasi
Bus mudik masa kecil dulu ni, dulu udah paling wah yang super executive nya, saingan cuma kramat djati emoticon-Big Grin
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Diubah oleh diperkosa.tuyul
Pernah naik yg DD dr MLG ke bulus
Pas keluar dr RM di Cikedung sblm masuk tol, eh malah masukin penumpang
Padahal udah mo nyampe tujuan tetep aja ada sarkawi emoticon-Ngakak
Seketika langsung ilfeel sama ijo tajur emoticon-Wakaka
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Diubah oleh MirrorBoy
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mantap jiwa ini bus. emoticon-Recommended Seller
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Nah..... Bagus kan bus nya?
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Dulu tahun 90an bus ini mewah banget.. klo naik bus ini udah top bner..
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wahh ht lagi nih emoticon-Toast
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Denger2 AH Nasution punya saham di lorena... Maknya namanya LORENA ( LOLOS REVOLUSI NASIONAL) emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan iskrim memberi reputasi
Mayoritas driver bis ini dari suku Batak, bawaan nyetirnya ngeblong 🤪 ane dulu suka, sekarang takut euy 🙈

Dulu ke sby-malang pernah berangkat paling sore dari pulogadung, eh sampe sby bisa lho di jam 7 pagi haha gile kan itu jaman masih laga pantura blom ada cipali
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Ampun dah.. trit bus lagiemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan iskrim memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kata driver bus lain, kalau udah kena salip Lorena/Karina, langsung ilang... susah di kejar.... bener nggak?! karena cita2 naik bus ini belum tercapai sampe saat ini...
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Lorena =loreng nusantara emoticon-Hansip, pas baca tread ini ga taunya nama anaknyaemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan iskrim memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
The best 90an ini.. ane termasuk Lorena holic yg setia...

Yoyooii..
Mengulik Lebih Dekat Kisah Lorena-Karina, Bus Hijau Andalan Para Perantau
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan cocobi19 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ngerasain jambi jakarta taun 95an.. nyaman banget, sampe dikapal ferri ga turun tetep dalem bis...
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di