CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6065ddd8e4d7d76eb23ccc9e/isuzu-panther-mobil-bermesin-diesel-andalan-orang-indonesia-yang-kini-telah-tiada

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini ane bakal bahas seputar Isuzu Panther, mobil bermesin diesel andalan orang Indonesia yang kini telah tiada.

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Jika ditanya, mobil MPV apa yang memiliki mesin diesel dengan raungan keras, tenaga besar, bandel, macho, irit dan masih bisa minum solar subsidi tanpa masalah sama sekali? Tentu, ane akan menjawab Isuzu Panther. Siapa sih yang gak kenal sama mobil satu ini? Mobil yang sangat legendaris di mata orang Indonesia, sangat terkenal sampai sekarang, terkenal salah satunya karena "Jakarta-Bali hanya 44 ribu".

Mobil yang banyak digunakan oleh orang-orang ini sangat sering terlihat berseliweran di jalanan. Wajar saja, Panther sudah terjual hampir 500.000 unit, jadi bisa dibilang "mobil setengah juta umat". 

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Isuzu Panther bermula pada tahun 1991, ketika Isuzu Indonesia mulai menjual mobil bermesin diesel di segmen mobil keluarga, dengan nama "Panther". Pihak Isuzu menggunakan nama tersebut karena mereka ingin menjadi pesaing Toyota Kijang, tetapi dengan mesin diesel.

Pada awalnya, Panther memiliki 4 varian body, yakni Bravo, Miyabi, Sparta dan Golden. Panther Bravo menggunakan bentuk body yang seperti jeep-jeep offroad, Miyabi menggunakan bentuk body yang mirip dengan Bravo namun hadir dengan varian 2 pintu dan 4 pintu, Sparta menggunakan body yang mirip juga dengan Bravo dan Miyabi, sementara Golden menggunakan bentuk body yang standar, sama seperti MPV-MPV keluarga pada masanya.

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Panther pada masa-masa awal menggunakan mesin C223 yang berkapasitas 2.238cc 4 silinder inline OHV dengan sistem indirect injection. Sementara, untuk urusan tenaga, mesin ini memiliki tenaga 72hp dan torsi maksimum 140nm, tentu cukup besar untuk ukuran MPV bermoncong tahun 90an.

Mobil yang satu ini langsung direspon baik oleh masyarakat, karena harga solar yang jauh lebih terjangkau ketimbang bensin (dahulu solar masih di angka 350 rupiah seliter sementara bensin premium ada di angka 700 rupiah perliter), memiliki mesin yang irit, suara mesin yang gagah dan gahar, serta terkesan "macho". 

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Oleh karena penjualannya yang laris, pada tahun 1993 Isuzu pun memindahkan karoseri yang memproduksi body Panther ke perusahaan milik Astra sendiri, yakni PT Pulogadung Pawitra Laksana. Seiring dengan itu, Isuzu mengganti varian Panther yang awalnya Miyabi, Bravo, Sparta dan Golden menjadi Standard, Deluxe, Grand Deluxe dan Hi-Grade.

Isuzu tetap mempertahankan mesin C223 sebagai jeroan Panther, hingga akhirnya Isuzu mengganti mesin Panther menjadi 4JA1 yang bertahan hingga sekarang. Isuzu juga memberi ubahan kepada eksterior Panther, tetapi perubahan itu tidak terlalu signifikan.

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Pada tahun 1996 juga Isuzu mengeluarkan varian-varian baru dari Panther, yakni Grand Royale, Royale, Deluxe, Pick-up dan Sporty. Sementara, untuk varian Grand Deluxe dihapus dan digantikan Royale serta Grand Royale. Isuzu juga mengeluarkan varian baru Hi Sporty sebagai salah satu pilihan varian pada Panther, perbedaan dari sporty hanya di beberapa detil saja. Isuzu juga pada tahun-tahun berikutnya sempat mengganti nama varian Panther menjadi "New Royale", "New Hi-Grade" dan lain-lain. Perbedaan dari varian lama dan varian "New" hanya ada di nama saja, untuk fitur dan lain-lain sama saja.

4 tahun berselang setelah Isuzu mengganti mesin pada Panther, Isuzu kembali melakukan pembaruan kepada Panther. Pembaruan ini sangatlah signifikan, mulai dari posisi ban serep yang kini di belakang, bentuk yang membulat sehingga dijuluki "Panther Kapsul", varian yang kini diganti, penambahan turbocharger pada beberapa varian, interior yang berubah, velg yang juga berubah. Tentu, Isuzu membarui Panther untuk mengikuti perkembangan zaman yang sudah semakin modern.


Varian Panther pada generasi ini terdiri dari Touring, LS Hi-Grade, SS (LS dengan sasis pendek), LV, SV, LM dan SM (Smart Short pengganti Standard). Isuzu juga menambah varian transmisi menjadi 2 varian yakni otomatis dan manual. Sementara, turbo disematkan hanya pada varian Touring dan LS AT saja. Perbedaan mesin ber-turbo dengan tanpa turbo ada di torsi, untuk mesin ber-turbo memiliki torsi 192nm sementara mesin tanpa turbo hanya memiliki torsi 170nm.

Memasuki era tahun 2004, Isuzu kembali merubah drastis eksterior Panther. Isuzu merubah velg, highmount stoplamp belakang, grill, lampu dan foglamp depan, dan pembaruan lainnya. Untuk jeroan mesin dan interior masih hampir sama. Isuzu juga memberikan varian baru pada era ini, yakni LV Adventure dan Grand Touring. Untuk varian LM dan SM dihapus, digantikan oleh varian Smart.

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Dengan adanya aturan baru pemerintah terkait emisi, akhirnya Isuzu pun menambahkan turbo pada semua varian Panther pada tahun 2007. Hal ini tentu tak semata-mata dimaksudkan untuk menambah tenaga, tetapi menambah standar emisi menjadi Euro 2.

Sementara, varian transmisi otomatis bertahan hingga tahun 2009. Pihak Isuzu menghapus varian transmisi ini karena mungkin tak laris di pasaran. Panther sejak itu, hanya menyediakan varian transmisi manual saja, tak menyediakan transmisi otomatis. 

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Pada tahun 2013, Isuzu kembali melakukan perubahan yang cukup signifikan pada Panther. Perubahan tersebut tak se-signifikan perubahan yang dilakukan pada tahun 2005, tetapi lumayan terlihat. Perubahan ada di tampilan belakang yang diubah, speedometer, pintu belakang, rear tow hook, posisi ban serep dan model ban serep (Smart, LV, LS). 

Isuzu Panther setelah pembaruan pada tahun 2013 tetap laris selama beberapa tahun, tetapi pada tahun 2016-2017, Panther mulai menurun penjualannya. Bahkan pada tahun 2019, Isuzu Panther hanya terjual kurang dari 800 unit. Di negara lain pun, Panther sudah di-discontinue.

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Panther sempat menjadi topik perbincangan pada awal 2020 lalu ketika angkot Isuzu Panther kotak melewati banjir tinggi tanpa masalah sama sekali. Warganet pun memperbincangkan, dan mungkin penjualan Isuzu Panther sedikit terdongkrak naik. Memang, Panther kotak yang dipakai untuk menembus banjir tersebut tak memiliki busi, koil, kabel busi, jalur kabel dan soket yang mengalirkan listrik dan distributor, jadi aman untuk menerobos banjir. 

Akhirnya, pada tanggal 10 Februari 2021, Isuzu Panther, sang legenda yang telah menjadi andalan orang Indonesia, yang telah menjadi bagian kehidupan sebagian orang Indonesia, yang bandel dan irit, yang sangat legendaris, yang telah terjual sebanyak 433.177 unit, yang telah bertahan selama 30 tahun, terpaksa menghirup nafas terakhirnya atau disuntik mati.

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Ini mengejutkan sebagian orang, karena Panther merupakan mobil yang sangat laris di Indonesia. Isuzu terpaksa melakukan ini karena mereka ingin berfokus pada kendaraan komersil, dan minat masyarakat beralih ke SUV seperti Isuzu MU-X, serta Isuzu ragu mesin 4JA1 mampu memenuhi regulasi pemerintah yang mengharuskan standar emisi Euro 4 pada kendaraan baru-baru ini. Panther juga telah dikalahkan oleh rival beratnya sejak era-era tahun 90an, yakni Toyota Kijang, karena interior dan eksterior Panther dianggap "kurang" dibanding Toyota Kijang terbaru.

Tetapi, entah benar atau tidak, rumor terus beredar di masyarakat. Bahkan beredar rumor bahwa mesin baru pengganti 4JA1 sedang dites di Kalimantan. Sementara, mesin 4JA1 dipindahkan ke Isuzu Traga sebagai kendaraan komersil. Isuzu Traga juga hadir dalam varian microbus di ajang GIIAS beberapa tahun lalu, tetapi ane belum mendapat kabar kapan microbus Isuzu Traga dijual secara masif.

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Semoga, penerus dari Isuzu Panther cepat keluar. Dengan mesin baru, tetapi tetap berjiwa Panther yang tangguh, kuat dan irit. Tentu dengan tampilan baru dan interior baru tetapi masih muat banyak dan cocok dengan selera orang Indonesia.

Meski disuntik mati, Panther tetaplah menjadi mobilnya orang Indonesia. Tetap dicintai oleh penggemar dan pengguna mobil ini, karena running costnya irit, pake solar biasa bisa, ngegas itu langsung jalan, kuat di tanjakan, kalo kosong dan diisi penumpang banyak rasanya sama aja, dan masih banyak faktor lainnya.  

NB: satu fakta unik dari Panther. Bobot kosongnya lebih berat dari 2 buah LCGC ditimbang, atau tepatnya 2,15 ton!

Isuzu Panther, Mobil Bermesin Diesel Andalan Orang Indonesia Yang Kini Telah Tiada

Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Panther ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih bila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah! 

Sumber: 12345
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan ataupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toastemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buday dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ulungrinjani
Halaman 1 dari 6
Apakah Gansis punya pengalaman dengan kucing ini? Yuk dishareemoticon-Toast
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Ane juga menyayangkan discontinue panther. TBH ini mobil salah satu idaman ane.
Mobil ini pernah ane kendarai 1x varian LV. Enak dikendarai kemana aja gak perlu khawatir bakal nemu jalan kayak apa.
Sejak 2014 kepengen beli unit barunya. Tapi harganya itu emoticon-Frown
Kata teman ane yg piara panther, membeli panther itu ibarat 60% beli mesinnya. Sisanya karoseri dsbnya.
profile-picture
profile-picture
gogorancak dan jlamp memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bapak ane pernah punya ini dulu tp akhirnya milih clasican emoticon-Leh Uga
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Phanter Miyabi..

Karoseri legendaris
profile-picture
profile-picture
gonugraha76 dan BlueJupieZ memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Enak di irit bbm-nya dan kuat angkut banyak orang atau barang, selain hal tsb banyak gak enaknya 😁 suspensi keras, geternya mesin sampai ke kabin penumpang, tarikan lemot tapi menang kuat nanjak
Lebih cocok utk angkutan sih, kalo utk mobil keluarga harian yg nyaman nurut ane kurang pas 🙂
profile-picture
Gailham memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
"Panther pada masa-masa awal menggunakan mesin C223 yang berkapasitas 2.238cc 4 silinder inline OHV dengan sistem indirect injection. Sementara, untuk urusan tenaga, mesin ini memiliki tenaga 72hp dan torsi maksimum 140nm, tentu cukup besar untuk ukuran MPV bermoncong tahun 90an."

Panther seri awal ini justru kalo menurut gw kurang banget lah tenaganya. emoticon-Big Grin.
dulu gw inget pernah bawa pinjem punya teman itu di tanjakan lembang malah hampir melorot... wkwkkwkw...
Waktu itu gw pakean sehari2 chevy blazer, jauh banget lah.

Tapi udah mulai rada bener tenaganya setelah seri yg kedua.. apalagi yg udah turbo.
Kalo cuma 72 HP mah, sedan gw aja beratnya setengahnya 140Hp++
Kebayang kan?
emoticon-Ngacir2
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sebelum ada mobil "cross-cross" panther udah duluan dengan touringnya emoticon-Matabelo
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nyaris tak terdengar
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ls 2008 punya ane mulus cuma angkut berat kakau gak full oenumpang malah bawa daging beku sukoharjo ponorogo rasane sek kementul penak tur irit sokar pisan wlo getaran nya macam alat twrapi sixpack
profile-picture
profile-picture
Gailham dan gumble memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sparta emoticon-Smilie
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tinggal dikampung punya mobil ini sudah dianggap orang tajir.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pernah liat mobil kantor panther masih baru klo dr platnya sih keluaran 2020
profile-picture
profile-picture
jlamp dan pulaukapok memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Masih ingat dulu iklannya gan?

"Cring cring cring 44.000 dari jakarta sampai bali"
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Saya msh pake ls at
Enak irit tenaga gede
Matic lg.
Ga rewel
Perawaran murah
Spare part mudah dpt
profile-picture
yoseful memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Body nya mantep...kena angin anteng.
profile-picture
zen.lingga memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Terbaik di Zamannya inih emoticon-2 Jempol
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sampe sekarang masih pake hi-sporty 97, solar 150rb bisa buat jalan² semarang jogja gunung kidul pp emoticon-Baby Boy 1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
legend abis sih ni mobil.. panther discontinue karena nabrak regulasi emisi kah?? emoticon-Bingung
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Iritnya emang juara sih ini kucing, dari planet bekasi ke cibodas puncak cuma isi solar 50rb PP emoticon-2 Jempol

Tapi bawa ini mobil rasanya mau nyengir2 terus, selain karena iritnya juga karena getaran dan suara mesinnya serasa lagi bawa truk colt diesel "krang.. krang.. krang..." emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DayatMadridista dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Satu-satunya mobil keluarga yang mampu menyaingi kepopuleran toyota kijang, sebelum era avanza-xeniaemoticon-Cool
profile-picture
aluwungs memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di