CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Limbah Rumah Tangga Penyubur Tanaman, Simak di Sini Apa Aja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6065301726cf8210d13c013e/limbah-rumah-tangga-penyubur-tanaman-simak-di-sini-apa-aja

Limbah Rumah Tangga Penyubur Tanaman, Simak di Sini Apa Aja

Ampas Kopi dan Air Cucian Beras, Penyubur Organik Tanaman


Limbah Rumah Tangga Penyubur Tanaman, Simak di Sini Apa Aja

Bahan penyubur ini, agan sista mungkin sudah ada yang melakukannya di rumah. Bahan yang hampir selalu ada di setiap rumah. Limbah rumah tangga yang boleh dikatakan akan dibuang saja tanpa dimanfaatkan.

Dulu, memang sering sih dengar kalo air bejas cucian beras jangan dibuang bisa untuk nyuburin tanaman. Nanun, pada prakteknya, ane cuma ngelakuinnya sesekali aja, kalo lago ingat. Nah, kalo, ampas kopi baru akhir-akhir ini, ane lakukan, setelah melihat tayangan di salah satu televisi swasta yang meliput pemberian penyubur tanaman dari limbah rumah tangga ini.

Limbah Rumah Tangga Penyubur Tanaman, Simak di Sini Apa Aja


Assalammualaikum

Nah, sobat kaskus, ada beberapa bahan limbah rumah tangga yang bisa kita gunakan atau manfaatkan lagi untuk menyuburkan tanaman. Ini di antaranya.


1. Ampas kopi

Kebetulan, ampas kopi selalu ada di rumah, jadi, setiap sore, ampasnya ane kumpulin dalam satu wadah. Biarkan sampe agak mengering, ato bisa juga ampas kopi masih dalam keadaan basah. Hanya saja airnya sudah dibuang, jadi gak akan mengganggu tanaman.

Limbah Rumah Tangga Penyubur Tanaman, Simak di Sini Apa Aja
Ampas kopi bisa diberikan langsung pada tanah baik pagi atau sore hari. Fungsinya adalah memberikan kesuburan pada tanah. Jadi, jika tanaman di pekarangan atau dalam pot sudah berkurang kesuburannya, kita bisa memberikan ampas kopi ini. Ini juga bisa mencegah hama yang mengganggu tanaman seperti kutu, siput.

Setelah agak kering dan menggumpal, baru kita aduk tanahnya. Tanah lebih subur dan tanaman pun tumbuh dengan baik.

2. Air Cucian Beras

Limbah Rumah Tangga Penyubur Tanaman, Simak di Sini Apa Aja

Untuk air cucian berasnya sendiri, ane juga siramin ke tanaman. Di rumah lagi nanam kacang panjang, kangkung, daun bawang cabe rawit sama beberapa jenis bunga.Dan, hasilnya tanaman daunnya lebih cepat berkembang dan lebih indah, hijau.

Cara memanfaatkan air bekas cucian beras ini juga mudah kok. Hampir setiap hari, kita masak nasi. Nah, sewaktu mencuci beras, airnya jangan dibuang, kita tampung dalam atau wadah. . Setelah itu, agan sista, sobat kaskus bisa langsung kok, nyiramin ke tanaman. Bisa juga dijadikan difermentasikan terlebih dahulu menjadi pupuk organik cair

3. Cangkang Telur

Kalo limbah rumah tangga ini manfaatnya sedikit berbeda. Pemberian cangkang telur ini, bisa mencegah kerusakan tanaman karena kutu yang sering hinggap dan beterbangan ke tanaman milik kita.

Cangkang telur yang sudah tidak terpakai kita bersihkan lalu dikeringkan sebentar. Setelah itu remas hingga berubah bentuk menjadi kepingan-kepingan kecil. Agan sista bisa menaburkannya ke tanah di mana tanaman tadi kita tanam. Bisa juga dicampur dengan ampas kopi tadi.

Limbah Rumah Tangga Penyubur Tanaman, Simak di Sini Apa Aja


Tanaman baik bunga atau sayuran bisa lebih bagus tumbuhnya.

Limbah Rumah Tangga Penyubur Tanaman, Simak di Sini Apa Aja

Limbah Rumah Tangga Penyubur Tanaman, Simak di Sini Apa Aja


Tidak terlalu sulit bukan untuk mengaplikasikanya. Bahan-bahannya pun cukup tersedia. Jadi, tidak ada salahnya memanfaatkan bahan-bahan tersebut untuk menyuburkan tanah dan tanamannya.

Demikianlah thread kali, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir

Jangan lupa tinggalkan jejak berupa cendol, rating dan koment yang baik

Foto : dokpri

Referensi
di sini

di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kwhaleyf dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh uliyatis
Halaman 1 dari 4
Pejwan
profile-picture
profile-picture
miniadila dan suciasdhan memberi reputasi
Yuk, mampir ke sini pecinta tanaman emoticon-terimakasihemoticon-2 Jempolemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
miniadila dan suciasdhan memberi reputasi
Diubah oleh uliyatis
Wah info baru nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cangkang telur mah mending diolah lagi aja jadi serbuk buat konsumsi:goyang

klo buat tanaman menurut ane rada rugi emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
wanpantau dan uliyatis memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Oh, gitu, ya, makasih infonya, soalnya kulit telurnya sering nggak kepake, ato dibuang gitu aja
profile-picture
wanpantau memberi reputasi
Air cucian beras ternyata bisa berguna buat tanaman juga. Hehe. Baru tau. Trims bun infonyaemoticon-Angel
profile-picture
uliyatis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah, baru tahu ternyata ampas kopi sana air cucian beras bisa menyuburkan tanaman, terima kasih infonya, Sist
profile-picture
uliyatis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terimakasih ilmunya gan.

emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
uliyatis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Rendaman kulit pisang kata temen ane juga bisa buat penyubur gan
profile-picture
uliyatis memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Keren gan infonya..
profile-picture
uliyatis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ampas kopi sachetan kalau dikasih ke tanaman bakalan jamuran
profile-picture
profile-picture
wanpantau dan uliyatis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:
profile-picture
greynimation memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
pemanfaatan limbah secara alami tuh. daripada dibuang begitu saja di tempat sampah.

gak ada yang sia-sia pastinya. cuma akal manusia yang belum sampai untuk memahami fungsinya.

emoticon-Shakehand2 emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan uliyatis memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
saya juga uda coba praktekkan. Yg siram pakai kopi. emoticon-Smilie
terimakasih info2nya gan.
profile-picture
uliyatis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Ampas kelapanya mana?
profile-picture
profile-picture
uliyatis dan wanpantau memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dengan air cucian beras setidaknya kita jd ingat untuk menyiram tanaman , menyiramnya ini yg membuat tanaman tumbuh sehat
profile-picture
uliyatis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cangkang" telur,keong dikeringin trs tumbuk halus,bs buat pupuk ato pakan hewan klo dirumah saya.
Limbah Rumah Tangga Penyubur Tanaman, Simak di Sini Apa Aja
Bekas makanan,kulit buah,sisa sayur diblender ato dibusukin dulu dengan air,nanti disaring buat siram ke tanaman.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogahruwet dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Pupuk kompos namanya
profile-picture
uliyatis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di