Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Cewek Sukses Bikin Minder Pria, Tanda Patriarki Masih Mendarah Daging di Negeri Ini
Cewek Sukses Bikin Minder yang Mau Ngelamar, Tanda Patriarki yang Masih Mendarah Daging di Negeri Ini


Pernah nggak sih gansist melihat sendiri betapa banyaknya wanita - wanita mandiri yang karirnya bagus dan sukses namun masih hidup melajang? Selain faktor luck, sifat dan kepribadian, ada faktor eksternal berupa budaya patriarki yang mengakibatkan wanita sukses dianggap sebagai sosok yang menakutkan untuk dimiliki.

Berbeda dengan lelaki yang memang dituntut untuk sukses dan mapan, semakin menjulang kekayaan dan bagus status sosialnya, makin banyak pula yang akan mengincarnya untuk menjadi suami. Kenapa bisa berbeda ya? Semua karena pandangan masyarakat yang dibenarkan di budaya orang Indonesia bahwa lelaki tidak boleh berada di bawah perempuan secara kemapanan, gaji dan otoritas. Jika wanita telah melebihi pria dalam ketiga hal tersebut, harga diri pria akan dipertaruhkan sebab wanita mandiri dan "berdaya" akan dianggap dominan dan bisa berlaku semaunya. Padahal belum tentu seperti itu. Nah, budaya ini biasa disebut dengan Patriarki.

Dikutip dari wikipedia.com bahwa Patriarki adalah sebuah sistem sosial yang memposisikan laki-laki sebagai pemimpin, penguasa dan dominan dalam kehidupan bermasyarakat. Contohnya saja dalam lingkup kecil seperti keluarga, sosok ayah memiliki kekuasaan terhadap istri, anak-anak dan kekayaan di rumahnya.

Seorang ayah yang juga merupakan suami memiliki kendali atas istrinya. Jika gaji istri 10× lipat gaji suami, maka akan memunculkan perasaan khawatir dan inferior dari sang suami. Takut jika istrinya tidak menganggapnya ada, gelisah jika istrinya berlaku sewenang - wenang karena merasa lebih kuat secara finansial. Maka dari itu muncullah tipe pria yang tidak ingin disaingi oleh istrinya, padahal pada dasarnya kehidupan berumahtangga adalah sebuah kerjasama bukan kompetisi. Seorang pria yang bermindset baik dengan wawasan yang luas seharusnya bangga terhadap wanitanya jika dia berprestasi, mendukungnya agar bisa maju sama - sama. Bukannya malah menyuruh istrinya berhenti berkarir agar tingkat ketergantungan diri istri terhadapnya semakin besar.

Patriarki tidak hanya berlaku pada hubungan di dalam keluarga, namun juga pola pikir di masyarakat bahwa perempuan seharusnya lebih rapi, bersih dan punya adab dibandingkan lelaki. Contohnya saja ketika si A yang seorang perempuan nggak mandi 3 hari, maka dia akan mendapatkan perkataan "Ih, cewek kok jorok sih!" beda dengan anak lelaki yang tidak terlalu disudutkan gendernya ketika melakukan hal yang sama. Mungkin gansist pernah punya pengalaman melihat dan mengalami sesuatu yang berbau patriarki? Share di kolom komentar ya!

Ane @adnanami  pamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan. Jangan sungkan untuk saling sapa di kolom komentar thread ini ya!



Referensi: wikipedia
Diubah oleh adnanami 27-03-2021 21:35
Shyesun.puchaAvatar border
UriNamiAvatar border
sitinur200Avatar border
sitinur200 dan 13 lainnya memberi reputasi
10
6.7K
218
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan