CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mohon Maaf! Permohonan Indonesia Untuk Membeli Jet F-35 Ditolak Amerika Serikat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/605eeea42cf00203da421f20/mohon-maaf-permohonan-indonesia-untuk-membeli-jet-f-35-ditolak-amerika-serikat

Mohon Maaf! Permohonan Indonesia Untuk Membeli Jet F-35 Ditolak Amerika Serikat

Mohon Maaf! Permohonan Indonesia Untuk Membeli Jet F-35 Ditolak Amerika Serikat

Jakarta, CNBC Indonesia - Minat Indonesia meminang jet tempur F-35 pupus. AS hanya akan memberikan F-16 blok 72 Viper.

Di kawasan Asia, hanya Australia dan Singapura memastikan diri memiliki jet tempur F-35 buatan AS.

Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Muhammad Lutfi mengatakan Indonesia belum bisa memiliki pesawat jet F-35 yang merupakan generasi ke-5 atau generasi terbaru dari jet tempur seri F berteknologi 'siluman'.

Sebelum memiliki pesawat tersebut, menurut Lufti, Indonesia harus memiliki pesawat generasi ke-4 dan ke-4,5 terlebih dahulu.

"Kita mesti mempunyai pesawat tempur di level itu sebelum kita berangkat ke generasi kelima," kata Lutfi dalam konferensi pers virtual.

"Untuk mencapai ke F-35 itu, level 4 dan 4,5-nya itu di F-16 blok 72. Ini adalah pesawat F-16 tempur termutakhir, sebelum kita bisa mendapatkan platform F-35."

Namun untuk mendapatkan pesawat jet F-35, Indonesia harus menunggu hingga 9 tahun, dan menurut Lutfi ini terlalu lama dan tidak akan relevan lagi pada masa depan.

"Kalau kita harus menunggu 9 tahun ini keburu kadaluarsa, jadi kita mesti mendapatkan pesawat di tengah, dan sekarang AS sedang memperbaiki offernya dan akan memberikan Indonesia beberapa terobosan yang sebelumnya belum pernah kita lihat," paparnya.

Menurut Lutfi, Pemerintah AS nantinya akan memberi pesawat tempur baik yang dapat dikerjakan Indonesia tanpa harus reservasi.

"Jadi kasarnya AS bakal kasih semuanya ke Indonesia karena kita (AS dan RI) adalah sahabat lama yang akan menjadi sahabat sejati baru, karena kita mempunyai nilai-nilai norma yang sama tadi," ujarnya.

Sebelumnya Indonesia sudah memiliki pesawat jet F-16 versi A/B yang keluar pada tahun 1990-an, dan kini sedang akan diremajakan untuk menjadi versi C/D, dengan AS menawarkan Indonesia pesawat F-16 blok 72, maka pertama kalinya AS menawarkan pesawat tempur generasi ke-4 dan ke-4,5 ke Indonesia.

Lutfi melihat ini adalah bagian dari komitmen AS karena kedua negara mempunyai nilai-nilai persamaan, demokrasi yang bebas menjadi common denominator atau faktor persekutuan yang memperlihatkan kebersamaan kedua negara.

Menhan Prabowo sebelumnya melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan AS Mark Thomas Esper pada pertengahan Oktober lalu. Dikutip dalam laman resmi Kementerian Pertahanan AS, dalam pertemuan tersebut kedua menteri membahas mengenai keamanan kawasan, prioritas pertahanan bilateral, dan akuisisi pertahanan.

https://www.cnbcindonesia.com/news/20210324202912-4-232655/duh-nasib-ri-mau-punya-jet-tempur-siluman-tapi-ditolak-as

apa artinya pesawat tempur generasi ke 4 dan 4,5 ya?

mengapa Indonesia gak buat pespur sendiri daripada mengharapkan bantuan negara lain?

dalam hal apapun, berharap itu gak enak..
jangan terbiasa berharap, kalo bisa dikerjakan sendiri ngapain ngarep ke orang lain..

jadilah negara yg mandiri!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gultom1980
Halaman 1 dari 8
Kok singapura boleh ya? Padahal singapura masuk kategori negara kecil dan miskin..

apa salah Indonesia sama amerika sehingga mereka pilih pilih negara begini?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.buky dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 44 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 44 balasan
Nunggu 9 tahun .mereka dah bikin pesawat dengan pilot di darat dan di kendlikan stelit.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu F16 di embargo bertahun2, skrng punya duit mau beli barang tp dilepeh, tp herannya masih aja mau punya hub mesra ama Amrik...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Kalo gak boleh beli F35 ya beli saja SU57
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
sorry ya, posisi deputi sherif sudah diambil, yang tersisa posisi satpam, mau? wani piro?emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
simsol... dan gultom1980 memberi reputasi
Pasti gak boleh, yg negara sekutu gak semuanya dpt emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
outsiders1609 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Makanya indo berbaiat ma US.. Ane jamin langsung d kasih kok.. emoticon-Malu (S)

US (bahkan semua negara big 5) itu tidak kenal istilah netral/non blok.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nasrul.putra dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tinggal beralih ke SU57
profile-picture
profile-picture
profile-picture
judogal dan 2 lainnya memberi reputasi
Ngapain sih pemerintah ngemis ngemis ke amrik, noh russia dah siap di pinang.. Bucin amat sama amrik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ga pantes lah, sadar diri, orang miskin mah pake avanza aja cukup, duit buat bikin rumah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
biar gw tebak
boleh beli, asal AS boleh bikin pangkalan militer disini emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
meowzie dan gultom1980 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sebelum memiliki pesawat tersebut, menurut Lufti, Indonesia harus memiliki pesawat generasi ke-4 dan ke-4,5 terlebih dahulu.

makanya pak prabowo dengan cerdas dengan beli dassault rafale
yang udah gen 4.5
2024 setelah rafale datang dan prabowo presiden langsung beli f35
yakin jadi macan asia ditakuti cina komunis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
dibolehin juga gak jadi beli. nanya2 doang. duitnya kaga ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuperABLU dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hutang lo 6000t, proyek kfx jg ngutang sekarang mau beli f 35.

Indo masi jd sasaran intel asing ubek2 negara.
Kl perang masa f35 vs f35 emoticon-Leh Uga
Beda ma rusia elo beli bebas tembak mana aj, makanya indonesia sengaja dijauhkan dr rusia kalau beli mentok jatuh ke negara2 sekutu as.

Indo, malay, india, korsel, jp sering dikomporin perang t4 sasaran sales.


profile-picture
profile-picture
meowzie dan gultom1980 memberi reputasi
Diubah oleh Cosmoflip
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
π‘ƒπ‘’π‘ π‘Žπ‘€π‘Žπ‘‘ π‘‘π‘’π‘šπ‘π‘’π‘Ÿ π‘šπ‘Žβ„Ž π‘šπ‘Žβ„Žπ‘Žπ‘™ π‘˜π‘™π‘œ 𝑔𝑀 π‘ π‘–β„Ž π‘šπ‘–π‘™π‘–β„Ž π‘π‘’π‘Ÿπ‘π‘Žπ‘›π‘¦π‘Žπ‘˜ π‘Žπ‘—π‘Ž 𝑑𝑒𝑙𝑒 π‘Žπ‘™π‘Žπ‘‘ π‘π‘’π‘Ÿπ‘Žπ‘›π‘” π‘Žπ‘›π‘‘π‘– π‘’π‘‘π‘Žπ‘Ÿπ‘Ž .. π‘˜π‘Žπ‘¦π‘Žπ‘˜ 𝑠 400
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan gultom1980 memberi reputasi
Taiwan aja yang dijadiin "anjing peliharaan"nya AS juga gak dapat F-35
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kerupuklatos dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sukurlah klo begitu, Lagian klo di kasih juga cuman pesawatnya doank..
Perlengkapan senjatanya juga dikendalikan tuan rumah, Gak bebas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 4 lainnya memberi reputasi
Dipikir maintenance stealth murah apa TNI AU ngutang pertamina ja g dibayar bayar emoticon-Ngakak

Rat emoticon-army @diperkosa.tuyul
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan gultom1980 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di