CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Sepeda /
Komunitas Sepeda Ini Menciptakan Sepeda Dari Serat Ganja, Dijamin Ramah Lingkungan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/604e3edc06234418562bdda7/komunitas-sepeda-ini-menciptakan-sepeda-dari-serat-ganja-dijamin-ramah-lingkungan

Komunitas Sepeda Ini Menciptakan Sepeda Dari Serat Ganja, Dijamin Ramah Lingkungan

Komunitas Sepeda Ini Menciptakan Sepeda Dari Serat Ganja, Dijamin Ramah Lingkungan

Quote:


Tak kenal maka tak sayang begitu kata anonim yang tidak perlu kita ketahui siapa orangnya tapi liat maknanya. Ternyata jika kita menilik ke belakang peradaban orang2 pendahulu kita telah menghadirkan ganja di tengah kehidupan mereka. Mulai dari sumber makanan, suplemen makanan, obat bahkan pakaian, kertas, bahan bakar kendaraan, body mobil dan produk kebudayaan2 lain pertama berasal dari serat ganja.

Alam begitu adil dengan menyediakan segala kebutuhan berdasarkan porsinya. Seperti ganja yang salah satu varian besarnya yaitu hemp, ganja yang memiliki THC atau tetra hidro kanabinol (zat psikoaktif yang memiliki potensi terapi medis & rekreasi) yang rendah. Ane ga mau bahas ini lebih dalam, intinya ane cuma mau bilang kalo ini sepeda ente bakar terus ente hisap asapnya atau sepeda ini ente makan gak akan membuat ente jadi lapar dan bahagia emoticon-Ngacir

Sumber ; Robinson, Rowan. 1995. The great book of hemp: the complete guide to the environmental, commercial, and medicinal uses of the world’s most
extraordinary plant. Inner Traditions / Bear & Company.


Salah satu dari sekian banyak produk yang bisa dihasilkan dari hemp dan sesuai dengan judul atau tema trit ini adalah sepeda. Berikut adalah salah dua sepeda yang terbuat dari serat ganja.

1.Sepeda ganja ini dirancang dan dikembangkan oleh Nicolas Meyer dkk dari Onyx Composites. Mereka tidak hanya ingin menunjukkan tetapi juga membuktikan bahwa serat alami dari pohon ganja / hemp dapat menjadi alternatif serat sintetis seperti serat kaca atau serat karbon yang merusak lingkungan dikarenakan proses pembuatan kaca dan serat karbon membutuhkan banyak energi karena bahan bakunya harus dilebur pada suhu yang sangat tinggi. Terlebih lagi, bahan mentah ini tidak terbarukan dan membutuhkan banyak usaha untuk bisa dipanen. Serat ganja dan bambu dapat diperbarui, mudah dipanen, tidak melepas karbon melainkan mengikat karbon serta membutuhkan lebih sedikit energi untuk dibuat menjadi serat yang berfungsi sebagai bahan utama pembentukan bahan industri yang dalam hal ini adalah sepeda.

Spoiler for Penampakan 1:



Berkaca dalam sebuah demonstrasi yang dilakukan oleh Henry Ford sendiri ke mobil kreasinya yang dipukul menggunakan kapak dan tidak rusak sedikit pun. Prototip mobil Ford ini dilaporkan memiliki kekuatan benturan sepuluh kali lipat dibandingkan baja, dan memiliki berat 1.000 lbs lebih ringan dari mobil biasa. Mobil berbahan serat ganja ini dibangun menggunakan tangan
dan menggunakan baja hanya pada bagian kerangkanya. Bahkan jendela mobil ini juga dibuat dari plastik berbahan serat ganja. Berkaca pada demonstrasi ini maka komunitas ini mencoba untuk membuat sepeda yang kuat,tahan lama dan ramah lingkungan yang terbuat dari serat ganja


Komunitas Sepeda Ini Menciptakan Sepeda Dari Serat Ganja, Dijamin Ramah Lingkungan


Sumber ; “Pinch Hitters for Defense”. Popular Mechanics, 1941. Dec 1941. Vol. 76,
No. 6. Hlm. 1–3



Spoiler for Penampakan 2:


Untuk membuktikan bahwa rangka sepeda tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga sangat awet Nicolas Meyer berlaga di beberapa triatlon mengendarai sepeda ganjanya. Baik pengendara sepeda dan sepeda dinyatakan negatif dalam drug test emoticon-Ngakak

Spoiler for Penampakan 3:


Sumber Ketiga Gambar Di Atas

2. Sebuah komunitas bernama Evolve Bicycles menciptakan sepeda dengan rangka dari bambu dan serat ganja. Sepeda ini karya Erba Cycles, pemasok sepeda yang benar-benar cantik yang berbasis di Boston yang dibuat dengan tangan dari bambu dan ganja.

Spoiler for Penampakan Sepeda dari Hemp & Bambu:


Rangkanya tersedia dalam berbagai gaya dan dibuat dengan bambu yang ringan dan lebih kuat dari baja dengan sambungan yang disatukan oleh serat ganja yang lentur namun sangat kuat.

Sumber Berita & Gambar

Aktivitas industri hidrokarbon menyebabkan pencemaran serius dan meracuni jutaan manusia hanya untuk memproduksi sesuatu yang sudah diproduksi oleh alam selama jutaan tahun lalu melalui serat pohon yang di negara kita belum kembali Legal.

Bagian luar atau kulit dari batang ganja terdiri atas serat yang lebih kuat dan jauh lebih panjang namun lebih tipis daripada serat batangnya. Ciri khas fisik serat kulit batang ini telah memberikan manusia kesempatan untuk membuat alat yang sangat penting dalam bertahan hidup, yaitu pakaian dan tali-temali. Serat kulit batang ganja bersifat hidrofobik (menolak air) sehingga sulit membusuk serta jauh lebih kuat daripada serat kapas, rami atau abaca. Penggunaan serat ganja untuk bahan industri lebih efisien & efektif dari segi biaya, tingkat keramahan lingkungan hingga waktu pengerjaan.Sayangnya karena ganja atau hemp adalah pohon dan pohon tidak bisa dipatenkan oleh perusahan2 tertentu tentu ini akan mengancam monopoli perusahan2 berbasis industri dimana pembeli "dipaksa" untuk membeli dan dalam kasus ini pembelian dalam bentuk impor ke negara2 dimana Ganja atau Hemp sudah kembali legal.

Sumber ; Deitch, Robert (2003) Hemp: American history revisited: the plant
with a divided history. page 12. Algora Publishing. Accessed 2021–03–14


Quote:


Sebagai manusia yang sangat cinta dan perduli lingkungan atau yang biasa orang sebut go green banget emoticon-Hammer ane menaruh hati pada sepeda yang terbuat dari serat hemp sehingga tidak ada rasa penyesalan setiap mengayuh sepeda kesayangan ane karena tahu dan yakin bahwa proses pembuatan sepeda ane minim perusakan terhadap bumi. Tapi sayangnya Indonesia masih melarang pemanfaaatan tanaman ini dalam bentuk apapun sehingga mungkin impian ini hanya sebatas angan2 hingga Pemerintah mau membuka diri terhadap pemanfaatan SDA tertua & terbaiknya demi bukti kemandirian Negara dalam mengelola alamnya dengan baik demi kesejahteraan rakyatnya. Regulasi yang tidak ada tentang ganja dan turunannya selain hukuman berupa ancaman penjara hingga hukuman mati membuat masih mustahil kita akan melihat pesepeda berseliweran dengan sepeda yang dihasilkan dari serat sebuah pohon yang mudah ditanam dan dipanen ulang ini.Kalau boleh berandai2 produk turunan ganja boleh hadir diantara kita maka sepeda buatan serat ganja / hemp ini adalah sepeda yang ANE banget.

Sekian tulisan singkat ane ini. Tetap semangat ngegowes dengan senantiasa patuh pada peraturan lalu lintas dan memperhatikan keadaan sekitar. Olahraga terbaik adalah olahraga yang menyehatkan diri sendiri dan tidak merugikan orang lain. Salam olahraga dan salam senyum sehat 🙏👊😎


Spoiler for Jangan BUKA nanti ADIKSI :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunshii32 dan 8 lainnya memberi reputasi
Pertamax di trit cimeng emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
luqman miracle dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Jadi inget kisah Om ane yang beli sepatu merk adiday yang hemp pas pulang dari luar negeri gara2 itu sepatu ada logo daun ganjanya, om ane sempet diinterogasi abis2an di bandara CGK dan akhirnya sepatunya diambil pihak bandara alasannya mau dimusnahkan. Untungnya om ane ga dipenjara, kan ga lucu gara2 bawa2 sepatu terus dipenjara emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
richardus96 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bubunyailana
Lihat 47 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 47 balasan
Kayanya bukan sepedanya yang ramah lingkungan aja deh gan tapi yang naik sepedanya juga emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiatheis dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Jgn deket2 kalau ada kerusuhan..
Ngeri dibakar masa emoticon-Malu (S)
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keren tritnya Om. Jadi nambah2 ilmu tentang dunia industri nih emoticon-thumbsup:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiatheis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Pantesss ganja ilegal. Ternyata ada cukong2 yang takut pasarnya produksi sendiri emoticon-Cape d...
profile-picture
luqman miracle memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Wowww.. bisa dibuat sampe jd sepeda..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waa dijadikan sepeda ya.. kereenzz
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ide kreatif sekali....berarti utk bandar ganja bs untung gede neh. Krn ganja nya di beli banyak sama tuh orang, utk bikin sepeda.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apa sepeda juga bisa dibuat dari serat tumbuhan lain juga??
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Kok unik banget ya yah bahannya dari serat ganja...
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 23 balasan
kerenn sii! <3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Keren nih.. Bisa jadi opsi pemanfaatan ganja apalagi sepeda masih hits ni
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
saya ingin sekali menaiki iza sepeda yg merupakan ganja emoticon-Swedia
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Naik sepeda itu bisa terbang kah gan?
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
bakal terbang nih yg make wkwkwk
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ahaha mantap sih ini, kira2 jadi kontroversi gak kalau di sini
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gokil bisa dibikin sepeda juga
kreatif kebangeten ini mah
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di