Kaskus

News

ruanghrAvatar border
TS
ruanghr
[Artikel HR] Knowledge, Skill, dan Attitude Dalam Dunia Kerja
KnowledgeSkill, dan Attitude. Ketiga hal ini mungkin sudah tidak asing kita dengar. Dimana knowladge berarti pengetahuan, skill artinya keterampilan, dan attitude berarti sikap.

[Artikel HR] Knowledge, Skill, dan Attitude Dalam Dunia Kerja
Knowledgeskill, dan attitude, adalah tiga kompetensi yang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Namun apa jadinya jika ketiga hal tersebut tidak semuanya dimiliki oleh setiap individu?

Pembahasan kali ini akan membahas lebih dalam bagaimana pentingnya kombinasi dari ketiga hal ini terutama dalam dunia kerja. Ketiga hal diatas sangat penting perannya dalam perkembangan sebuah perusahaan. Diantara ketiga hal tersebut, mana yang lebih penting dimiliki oleh sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan?

Michael Harris (2000), mengatakan bahwa wirausaha yang sukses pada umumnya adalah mereka yang memiliki kompetensi, yaitu yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kualitas individual yang meliputi sikap, motivasi, nilai-nilai pribadi, serta tingkah laku yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan/kegiatan.

Dari pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa pengetahuan saja tidaklah cukup bagi seseorang dalam dunia usaha atau dunia kerja. Pengetahuan juga harus disertai dengan keterampilan.

Keterampilan tersebut dapat berupa keterampilan manajerial, keterampilan konseptual, keterampilan memahami, mengerti, berkomunikasi, dan berelasi, keterampilan merumuskan masalah dan cara bertindak, keterampilan mengatur dan menggunakan waktu, dan keterampilan teknik lainnya secara spesifik.

Hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan tidaklah cukup. Seseorang yang berada di dunia usaha atau dunia kerja tentu juga harus memiliki kejujuran, bertanggung jawab, menepati janji, disiplin, taat hukum. suka membantu, komitmen dan menghormati, serta mengejar prestasi.

Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa ketidakseimbangan dari knowledgeskill, dan attitude yang dimiliki oleh sumber daya dapat menghambat kemajuan perusahaan. Bagaimana jika karyawan yang dimiliki sekarang memiliki ketidakseimbangan dalam ketiga hal diatas?

Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan dalam membentuk Sumber Daya Manusia yang memiliki knowledgeskill, dan attitude yang baik diantaranya adalah.

Pelatihan dan Pengembangan
Menurut Cut Zurnali (2004), the goal of training is for employees to master knowledge, skills, and behaviors emphasized in training programs and to apply them to their day-to-day activities.

Hal ini berarti bahwa tujuan pelatihan adalah agar para pegawai dapat menguasai pengetahuan, keahlian dan perilaku yang ditekankan dalam program-program pelatihan dan untuk diterapkan dalam aktivitas sehari-hari para karyawan. Pelatihan juga mempunyai pengaruh yang besar bagi pengembangan perusahaan.

Hargai Proses 
Penilaian yang hanya ditentukan dengan hasil akhir, dapat berdampak pada psikologi karyawan yang tidak mempedulikan proses dalam suatu pekerjaan. Hasil yang paling penting.

Hal ini dapat meningkatkan persaingan yang .....


Yuk, baca artikel selengkapnya melalui link di bawah ini :
Knowledge, Skill, dan Attitude Dalam Dunia Kerja [RuangHR.co.id]

Untuk melihat artikel dan informasi lainnya terkait RuangHR, dapat melalui link di bawah ini :
👉  RuangHR.co.id

Untuk membaca artikel kami lainnya, silahkan akses melalui link di bawah ini:
👉🏻ruanghr.co.id/berita/
Berita RuangHR

Untuk mendapatkan informasi terkait Human Resourcesdan lowongan kerja dari berbagai daerah di Indonesia, jangan lupa untuk mengikuti akun sosial media kami lainnya.
Twitter: @Ruanghrcoid
Facebook: ruanghr.co.id
LinkedIn: RuangHR.co.id
Tiktok: @ruanghr.co.id
Group Facebook: [url=http://SENSOR URL SHORTENER/qfP1xEM]SENSOR URL SHORTENER/qfP1xEM[/url]
Group Telegram: bit.ly/telegramRuangHR
0
1.1K
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan