CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mantan KSAU: Indonesia Memungkinkan Produksi Pesawat Tempur Sendiri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60478a15f85edf541f1b146b/mantan-ksau-indonesia-memungkinkan-produksi-pesawat-tempur-sendiri

Mantan KSAU: Indonesia Memungkinkan Produksi Pesawat Tempur Sendiri

Mantan KSAU: Indonesia Memungkinkan Produksi Pesawat Tempur Sendiri

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim, mengatakan Indonesia memungkinkan bisa memproduksi pesawat tempur sendiri.
Langkah ini, kata dia, bisa dilakukan guna mendukung pertahanan dan keamanan pada sektor udara dalam negeri.

"Kalau mungkin, pasti mungkin (produksi pesawat tempur dalam negeri). Tapi permasalahannya kan banyak hal yang jadi pertimbangan," kata Chappy dikutip dari Kompas.com.

Dalam pandangannya, setidaknya ada tiga pertimbangan yang mesti diwujudkan agar Indonesia benar-benar bisa mandiri dalam memproduksi pesawat tempur.
Pertama, adanya keputusan strategis dari elit sebagai pengampu kebijakan. Keputusan itu, misalnya, bisa diambil oleh presiden dengan cara menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres).

Menurut Chappy, hal tersebut diperlukan supaya target kemandirian produksi pesawat tempur bisa berjalan.

Kedua, perlunya kajian mendalam mengenai jenis pesawat tempur seperti apa yang akan diproduksi.

Chappy menuturkan kajian ini penting agar hasil produksi bisa menjawab tantangan pertahanan dan keamanan udara dalam negeri dalam jangka panjang.
“Artinya, kajian tidak semata-mata bertumpu pada situasi saat ini,” kata dia.

Ketiga, perlunya regenerasi sumber daya manusia (SDM) yang umumnya saat ini sudah mulai memasuki masa pensiun.

Menurut Chappy, kemandirian memproduksi pesawat tempur sangat dibutuhkan guna menjawab tantangan pertahanan dan keamanan udara dalam negeri yang kian dinamis.

"Jadi, kalau dalam aspek pertahanan-keamanan, kita harus sebetulnya memiliki pabrik pesawat, walaupun enggak sebesar Airbus atau Boeing," kata Chappy.

"Tetapi, minimal sekelas N219 kita bisa mandiri, terus pesawat fighter untuk menjaga perbatasan, misalnya, kalau bisa punya sendiri. Jadi banyak pertimbangan seperti itu.”

Menurut Chappy, hal tersebut diperlukan supaya target kemandirian produksi pesawat tempur bisa berjalan.


Kedua, perlunya kajian mendalam mengenai jenis pesawat tempur seperti apa yang akan diproduksi.

Chappy menuturkan kajian ini penting agar hasil produksi bisa menjawab tantangan pertahanan dan keamanan udara dalam negeri dalam jangka panjang.

“Artinya, kajian tidak semata-mata bertumpu pada situasi saat ini,” kata dia.

Ketiga, perlunya regenerasi sumber daya manusia (SDM) yang umumnya saat ini sudah mulai memasuki masa pensiun.

Menurut Chappy, kemandirian memproduksi pesawat tempur sangat dibutuhkan guna menjawab tantangan pertahanan dan keamanan udara dalam negeri yang kian dinamis.

"Jadi, kalau dalam aspek pertahanan-keamanan, kita harus sebetulnya memiliki pabrik pesawat, walaupun enggak sebesar Airbus atau Boeing," kata Chappy.


"Tetapi, minimal sekelas N219 kita bisa mandiri, terus pesawat fighter untuk menjaga perbatasan, misalnya, kalau bisa punya sendiri. Jadi banyak pertimbangan seperti itu.”

https://www.kompas.tv/article/145450/mantan-ksau-indonesia-memungkinkan-produksi-pesawat-tempur-sendiri

bangga jika Indonesia bisa membuat pesawat sekelas B-2 Spirit emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dungu_83rat dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Semoga aja....asal nasib nya jg kaya pesawat habibi yg dituker beras ketan sama thailand.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Quadpixel dan 5 lainnya memberi reputasi
Amerika serikat bisa ketakutan nih emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan jurumudi75 memberi reputasi
Indonesia mantap dan keren

Kaskuser pendukung Negara BARAT tidak bisa lagi teriak MAGA!
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan harunmasiku memberi reputasi
mungkin sih mungkin, tapi yg mau transfer teknologi dimari
siapa ? yang program sama korael aja gak ada perkembangan udah bertahun tahun, atau mau asal jiplak ? entar dibilang kek cina, curi ip emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Quadpixel dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
.dopost
profile-picture
harunmasiku memberi reputasi
Diubah oleh 3459423
Buset jet tempur.

Bikin motor dulu aja belon bisa.

Yg bisa bikin jet tempur di dunia keitung jari om. Itupun jg partsnya masih beli sebagian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Design nya pakek coreldraw bajakan, lanjut masup adobe potostiler bajakan, finishing di autocad bajakan bwat proofing 3d, win10 ori ...bawaan lappie.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Kebebasan berbicara dijamin undang2.siakan bicara ndan walau cm berkhayal.
profile-picture
profile-picture
Lusi.perr dan harunmasiku memberi reputasi
N219 bisa tembak jatuh pswt apa ya? Makanya cari yg transfer teknologi.

Tapi semua tergantung proyek, jd ya sudahlah, tetap bermimpi
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan harunmasiku memberi reputasi
mana ada yg mau transfer teknologi kalo beli pespur masih ketengan.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan harunmasiku memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jamannya udah drone iniii
Bikin aja drone patroli
Gak usah muluk2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 2 lainnya memberi reputasi
kalo cuman modal niat doang sih bocil kelahiran 2000an juga bisa
dana kuat kagak? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan harunmasiku memberi reputasi
bisa sih bisa
tapi kapan nah itu laen lagi, apalagi kalo mulai dari nol
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
darck91 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Mending beli kulkas super dingin buat nyimpen pfaksin pfizer dulu deh ndan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalau rakit Fesawat tempur is oke


Kalau dibilang produksi Fesawat temfur .. mending ente ngobrol ama Uduy saja ..

emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Yaelah pada pesimis komennya, hargain dulu napa? Minimal ada semangat klo kita bisa... Cuma, pak Chappy bilang "banyak hal yg harus dipertimbangkan"
profile-picture
profile-picture
harunmasiku dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
KFX IFX aja gagal Mbah... emoticon-Ngakak
profile-picture
harunmasiku memberi reputasi
Mimpiii adalah kuncii..

Untuk kita menaklukan dunia.



profile-picture
harunmasiku memberi reputasi
Yak..
Kembali jual kata-kata..
profile-picture
harunmasiku memberi reputasi
Kalo buat doang ya bisa. Masalahnua bisa jual atau nggak? Bisa kasih after sales apa nggak?
Buat pesawat itu bukan jual beli lepas
profile-picture
harunmasiku memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di