CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Isu Pelajaran Agama Akan Dihapuskan Buat Heboh, Kemdikbud Buka Suara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/604744006cb55c24f976a4b0/isu-pelajaran-agama-akan-dihapuskan-buat-heboh-kemdikbud-buka-suara

Isu Pelajaran Agama Akan Dihapuskan Buat Heboh, Kemdikbud Buka Suara

Isu Pelajaran Agama Akan Dihapuskan Buat Heboh, Kemdikbud Buka Suara
Ilustrasi guru. /Ade Mamad/PR

PIKIRAN RAKYAT - Isu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menghapus pelajaran agama dalam Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 buat heboh masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hendarman membantah isu tersebut.

Ia mengatakan Kemdikbud akan menghapus pelajaran agama adalah info salah dan tidak pernah memiliki niatan untuk menghapus pelajaran tersebut.

“Kemendikbud tidak pernah berencana menghilangkan pelajaran agama dalam Peta Jalan Pendidikan 2020-2035. Mata pelajaran agama akan tetap ada,” katanya, dari Antara.

Hendarman pun mengatakan, pelajaran agama sangat penting, terutama di Indonesia. Sehingga Kemdikbud merefleksikannya pada profil Pelajar Pancasila.

Sebagaimana diberitakan Pikiranrakyat-bekasi.com dalam artikel "Heboh Isu Penghapusan Pelajaran Agama, Kemendikbud: Kami Tak Pernah Berniat Menghilangkan", Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 dirancang agar ekosistem pendidikan mampu menghasilkan anak-anak Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.

“Dapat dilihat pada keterangan di setiap halaman bahwa dokumen tersebut masih berupa draf. Substansinya belum lengkap sehingga tidak dapat dikatakan dokumen final,” katanya.

Hendarman menyebutkan Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 mulai disusun atas masukan yang sangat positif dari Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Dalam perjalanannya, Kemendikbud telah bertemu dan meminta masukan kepada lebih dari 60 pihak,” kata Hendarman.

60 pihak tersebut terdiri dari organisasi kemasyarakatan, perguruan tinggi, organisasi keagamaan, asosiasi profesi, institusi pendidikan, organisasi multilateral, dan lain sebagainya.

Hendarman menambahkan saat ini status Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035 masih berupa rancangan yang terus disempurnakan dengan mendengar dan menampung masukan serta kritik membangun dari berbagai pihak.

Selain itu, dirinya mengatakan bahwa Kemendikbud mendengarkan dan menindaklanjuti kritik yang membangun.

“Kemendikbud menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas atensi berbagai kalangan demi penyempurnaan Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 ini dan akan terus menyampaikan perkembangan terkait penyusunannya,” kata Hendarman.***(Rivan Muhammad/Pikiranrakyat-bekasi.com)

Sumber
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
pelajaran agama di sekolah formal buat apa

kalok ada yang meledak nama sekolah juga tercoreng jadinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 6 lainnya memberi reputasi
Penting supaya bisa tambah memupuk perpecahan? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
60 pihak siapa saja


Kalo cuma dari mumakdiah san en uk ya sama aja..

Persaingan global ga cukup hanya pelajaran agama...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 4 lainnya memberi reputasi
Hapus aja dah, bikin negara makin mabok agama (agama mayo) ampe pemilihan OSIS ribut nyari ketua yg seiman. Blom kasus lagi paksaan siswi harus berjilbab di sekolah negeri, katanya biar gk digigit nyamuk.

Agama tu urusan pesonal lah kalo emg mau belajar y jatohnya diluar jam sekolah ato masuk pesantren sekalian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dunkersz dan 11 lainnya memberi reputasi
pendidikan agama itu tak bisa majukan negara
yang bisa majukan negara itu adalah
penddikan ekonomi,teknologi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 6 lainnya memberi reputasi
Gua dukung pelajaran agama dihapus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 5 lainnya memberi reputasi
Dihapus lebih baik emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 6 lainnya memberi reputasi
Memang bagusan dihapus kok

Lebih bagus di kembalikan ke ulama agama masing"

Nanti yg ngawasin kemenag

Kecuali yg memang sekolah yg basis agama model al azhar ato madrasah

Pengen liat kemenag kerja beneran, ga cmn notasi bacot "saya mentri semua agama"

Cuma pas polemik yg agama malah mingkem, urus cmn haik haji doang

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anus.bau.edan
ga masalah di hapuskan

biar pendidikan agama belajar di tempat masing masing
seperti di fokuskan di Madrasah
atau yang kristen ikut kebaktian, atau ada kelas khusus gitu

kalau memang siswa butuh, yowis, silahkan ikut madrasah
gw dulu juga gitu
paginya sekolah, sore nya madrasah

lagian pelajaran agama cuma dihapuskan, bukan dilarang
it's no big deal sebenarnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Cikklancang
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ga usah sekolah lah mending main tiktok aja
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Jangan di hapuskan secara menyeluruh lah, setidaknya saat level SD masih ada pelajaran agama, ga kebayang nanti bakal banyak yang ga mampu solat atau baca al quran, kalo pas udah smp dan sma, apalagi kuliah gua setuju banget, karna gua ngerasa pas di tahap itu, pelajaran agama udah ga begitu penting...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
0....
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan hajigabin memberi reputasi
Memang sebaiknya agama itu menurut aku batasnya sampai SD saja.

Di SMP dan SMA diganti pendidikan budi pekerti dan filsafat.

Jaman sekarang ngeri cok, pendidikan agama di sekolah semakin konservatif dan intoleran. Guru guru sudah terinfeksi faham faham ala ala kadal gurun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sadhunter dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ontapesek
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Untuk sekolah umum/negeri mapel agama bagus untuk dihapus.
Kalau sekolah keagamaan, bolehlah membuat mapel agama
Jokowi akan menghapuskan pelajaran agama itu hoax
profile-picture
profile-picture
goal481 dan pilotugal2an541 memberi reputasi
ane setuju di hapus, cuma bikin overdosis mabok agama

sekolahan harus persiapkan murid untuk masa depan bukannya di jejalin agama emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo di hapus keknya kristen sama buddha paling siap ya.. ane ga tau kalau hindu, kristen katolik ane anggap sama aja..

Kristen dan buddha udah nerapin sekolah minggu dari kemaren2


Emang pelajaran agama ya harusnya dari asalnya yaitu tempat ibadahnya
Gw yakin maksud draftnya jg bukan dihapus, tp klo soal ga disebut gw kira karena konseptor awal udah berpikir itu masuk di konsep pancasila

Tp memang gw jg lebih setuju pelajaran agama tetap diatur oleh pemerintah, seperti yg sudah2 kerjasama antara kemendikbud dengan kemenag pada level pendidikan dasar s.d. sma

Dengan begitu kurikulum, acuan materi, do n dont nya bs sedikit lebih terarah dan paling engga sedikit menghindarkan anak2 dr paparan ajaran yg keras / kurang sesuai dengan harapan pemerintah

Seandainya hal ini murni diserahkan kepada wali murid / lingkungan, pemerintah jd engga punya kontrol terhadap materi2 yg disampaikan ke anak2

Tp ya sekali lagi konsep pembelajaran, materi dsb harus disusun dengan matang biar jatohnya kagak ngasal jg
profile-picture
pilotugal2an541 memberi reputasi
Agama itu penting. Tapi jgn dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan, karena kurikulum membentuk pemahaman yg baku atas ilmu. Sedangkan agama perspektifnya sangat luas dan beberapa bagiannya multitafsir.

Bisa dibayangkan bentrokannya kyk apa?
Mau contoh? Dulu kita yg sekolah islam di indonesia diajarkan lagu sifat wajib Tuhan. Sekarang udah besar pemahaman saya jadi bentrok bahwa jangankan sifat, lagunya aja diharamkan...
profile-picture
profile-picture
goal481 dan pilotugal2an541 memberi reputasi
kurikulum agama untuk bicah itu palingan soal siksa neraka.
dari kecil ditakut-takuti dengan gambaran siksa neraka yang serba gore berdarah-darah, dari sekian banyak bocah gimana mungkin nggak cetak satu dua biji psikopat coba.emoticon-Ngakak
belum lagi doktrin benci ini itu.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di