CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Setelah 55 Tahun, Gimana Ya Kabar Terbaru Naskah Supersemar Sekarang?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60470dd8c04b8575fe1c4fd2/setelah-55-tahun-gimana-ya-kabar-terbaru-naskah-supersemar-sekarang

Setelah 55 Tahun, Gimana Ya Kabar Terbaru Naskah Supersemar Sekarang?

Setelah 55 Tahun, Gimana Ya Kabar Terbaru Naskah Supersemar Sekarang?


Dua hari lagi setelah thread ini Ane buat adalah "ulang tahun" dari lahirnya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) yang menjadi penanda beralihnya Orde Lama menjadi Orde Baru dibawah kepemimpinan Soeharto.

Surat perintah yang terbit pada tanggal 11 Maret 1966 tersebut berisi instruksi dari Soekarno kepada Soeharto yang saat itu adalah Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban (Pangkobkamtib) untuk mengambil segala langkah dan tindakan yang kala itu dirasa perlu untuk mengatasi segala situasi keamanan dan ketertiban nasional setelah peristiwa G30S PKI.

Secara singkat, bisa dibilang Supersemar adalah surat yang sangat penting bagi sejarah Indonesia. Sayangnya, sampai saat ini kita semua tidak mengetahui dimana keberadaan surat tersebut. Tentu hal tersebut menjadi misteri yang kontroversial bagi rakyat Indonesia.

Terdapat beberapa misteri yang masih menjadi pertanyaan seputar Supersemar. Merangkum dari berbagai thread di Hot Topic "Rahasia Supersemar", berikut ini beberapa poin dari misteri yang terdapat dalam Supersemar:


Supersemar Punya Banyak Versi
Ya, karena ketidakjelasan dimana Supersemar yang asli, membuat Supersemar punya beberapa versi surat hingga saat ini. Sayangnya, dari banyak versi Supersemar yang beredar, diyakini kalau tidak ada yang 100 persen asli.



Soekarno Jadi Tahanan Rumah
Melansir dari situs Merdeka, setelah peristiwa Supersemar lahir, Soeharto malah menjadikan Soekarno sebagai tahanan rumah. Dikatakan juga kalau pada pemerintahan Soeharto, Soekarno disebut-sebut tidak mendapatkan perawatan yang baik.



Tidak Ada Seruan untuk Membubarkan PKI
Setelah enam bulan terjadinya G30S PKI, Supersemar pun lahir. Melalui surat tersebut Soekarno meminta kepada Soeharto untuk mengambil berbagai kebijakan untuk memulihkan ketertiban dan keamanan umum. Sehari berselang dari surat tersebut keluar, Soeharto pun mengambil langkah pertama dengan membubarkan PKI.

Namun yang unik, menurut adik Soeharto, Probosutedjo, ternyata tidak ada kalimat dalam Supersemar yang menyebutkan unuk membubarkan PKI. Tapi menurutnya Soeharto punya keyakinan pemulihan keamanan tersebut hanya akan terjadi kalau PKI dibubarkan.



* * * * *


Setelah 55 Tahun, Gimana Ya Kabar Terbaru Naskah Supersemar Sekarang?


Nah, setelah mengetahui sedikit ringkasan misteri dari Supersemar, sekarang Ane akan memberikan kabar terbaru mengenai pencarian naskah Supersemar yang asli.

Hingga saat ini, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) masih berusaha untuk mencari keberadaan Supersemar yang asli.

Sebenarnya sih, ANRI punya arsip Supersemar. Tapi, sayangnya ya dari berbagai versi. Dan, saat dilihat dari autentikasinya, eh ternyata itu bukan arsip yang asli.

Jadi, kesimpulannya adalah ANRI masih belum berhasil menemukan naskah Supersemar yang asli Gan.

Tapi, ANRI tetap melakukan berbagai usaha untuk mendapatkan Supersemar yang asli. Upaya yang dilakukannya untuk mendapatkan surat perintah tersebut adalah dengan menerbitkan daftar pencarian arsip. Bagi pemerintah atau lembaga yang menciptakan arsip ada sebuah kewajiban yang mengharuskan menyerahkan arsip statis miliknya ke ANRI.

Selain itu, ANRI juga punya sebuah program penyelamatan arsip yang tujuannya adalah untuk menyelamatkan berbagai dokumen atau arsip yang mempunyai nilai sejarah.

Ya, meskipun sudah 55 tahun tidak ada kejelasan dimana Supersemar versi asli, tapi sebagai rakyat Indonesia kita harus tetap optimis untuk menemukan arsip yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi tersebut.


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Pasti udah dimusnahkan lah, kalo diliat dari jangka waktu kekuasaan soeharto....

Kan orba seneng menghilangkan hal yang tidak disukai emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 9 lainnya memberi reputasi
Kemungkinan yang asli ada di keluarga cendawan. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 2 lainnya memberi reputasi
Kayaknya mustahil untuk ditemukan.
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang kabar terbaru naskah Supersemar saat ini.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sungguh Ku tak peduli
gak perlu buang energi dan waktu buat mencari sesuatu yg mungkin udah gak ada...apalagi para pelaku sejarahnya udah berpulang
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Kemungkinan besar sudah hilang dari muka bumi ini.

Aib buat suharto dan keluarga mana mungkin dipertahankan emoticon-Ngakak
profile-picture
bontakkun memberi reputasi
Ada yang tahukah nasibnya? 🙄
Sukar untuk ditemukan
Andai udh d bakar atau d sobek2 sma jendral snyum pun. Apa yg bs d lakuin oleh ANRI
profile-picture
rtrn memberi reputasi
Pertanyaannya bukan dimana naskah aslinya, tapi apakah valid soekarno bener2 teken itu semarsuper?
profile-picture
Cend0 memberi reputasi
Diubah oleh fenome
Ga bakalan ketemu lah.
Ngintip dikit supersemar, dengerin aja pidato sukarno setelah itu, cukup jelas lah.
Baru tahu ada pembaruan nice inpoh gan
kalo sekarang mah bisa dibilang hoax ...cuma katanya katanya tapi kagk ada aslinya ...
profile-picture
rtrn memberi reputasi
Emang beneran ada gan?
ayo cari sama2 emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Banyak versi supersemar gans, jaman dimana kita sangat amat yakin dengan supersemar ini ya jamannya presiden suharto, sekarang sudah mulai banyak yang menyangsikannya

bukan tanda tangan original

Kepala Pusat Jasa Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Binner Sitompul mengungkapkan, surat bersejarah itu hingga kini belum ditemukan.

"Kami telah melakukan pengujian terhadap empat naskah Supersemar yang ada saat ini, tapi keempat-empatnya belum ada yang asli," katanya usai acara sosialisasi Undang-undang No.43 Tahun 2009 tentang Kearsipan di Tuapejat, Senin (17/3).

Ia menjelaskan, hasil uji forensik tanda tangan pada dokumen/arsip oleh Puslabfor Bareskrim Mabes Polri pada 31 Juli 2012 terkait naskah Supersemar menyebutkan, tanda tangan atas nama Soekarno adalah bukan tanda tangan original atau tarikan langsung, tetapi hasil produk cetak.

GIF


sumur
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan bontakkun memberi reputasi
Diubah oleh proficiat
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo ada yg berhasil nemu yg aslinya, bakal dikasih imbalan apa ga?
emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pusing amat carinya, ya ada pada pak harto sebagai penerima perintah, selanjutnya dia musnahkan ya bukan lagi jadi sejarah. tapi yang perlu dicatat adalah hasil dan kejadian dari surat perintah itu.
semua sudah menjadi bagian dari terbentuknya negara ini sampai saat ini. semoga kedepan negara ini menjadi merdeka sejatinya bangsa. tak berkedok dan menjadi alat kepentingan bangsa lain.
emoticon-I Love Indonesia (S)
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di