CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bukan Tesla, Diam-Diam RI Lagi Rayu VW Bikin Mobil Listrik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6046b34010a93d4c7233b930/bukan-tesla-diam-diam-ri-lagi-rayu-vw-bikin-mobil-listrik

Bukan Tesla, Diam-Diam RI Lagi Rayu VW Bikin Mobil Listrik

Bukan Tesla, Diam-Diam RI Lagi Rayu VW Bikin Mobil Listrik

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan masih terus menjalin komunikasi dengan beberapa perusahaan mobil listrik dunia, salah satunya dengan perusahaan raksasa asal Amerika Serikat, Tesla.

"Yang sudah kita lakukan mengundang beberapa investor. LG dengan konsorsiumnya melibatkan Hyundai, Posco dan beberapa perusahaan dari China kita sudah tanda tangan sekitar US$ 9,8 billion. BASF dalam proses komunikasi, Tesla dalam proses komunikasi," sebut Bahlil salam MNC Group Investor Forum 2021, Rabu (3/3/21).

Namun, ada nama baru yang muncul. Ketika Tesla terus dirayu namun belum juga membuahkan hasil yang konkret, Pemerintah nampaknya mulai mengalihkan perhatian kepada pabrikan lainnya. Kali ini bukan ke perusahaan AS, melainkan pemain otomotif asal Jerman.

"VW (Volkswagen) itu juga dalam proses komunikasi," sebut Bahlil.

Jika jadi berinvestasi, kehadiran VW bakal menambah semarak industri mobil listrik yang masih berubah signifikan. Bahlil menyebut langkah itu karena banyak dari negara lain sudah mengambil target ambisius dalam pengembangan mobil listrik.

"Eropa pada 2030 ada 70% mobil mereka mobil listrik, China pada 2027-2028 menargetkan 60%, jadi hampir seluruh dunia alihkan fosil ke baterai. Kebetulan Indonesia punya cadangan nikel 25% dari total cadangan nikel dunia, jadi kita betul-betul punya alam luar biasa dan 80% bahan baku baterai ada di Indonesia, seperti kobalt, mangan, nikel," jelas Bahlil.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan hingga saat ini pihaknya masih bernegosiasi dengan pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla Inc.

Kendati demikian, menurutnya dirinya tidak pernah menyebut bahwa minat investasi Tesla di Indonesia terkait pembangunan pabrik mobil listrik.

"Yang benar begini, kita sudah NDA (Non-Disclosure Agreement) dengan mereka. Saya nggak mau mengulangi kesalahan. Kita tidak tidak pernah bicara pabrik mobil. Ada enam sebenarnya di tempat mereka itu, ada Starlink, launching pad, hypersonic, battery lithium pack, stabilizer energi, itu yang kita bicarakan," paparnya saat diwawancarai Founder and Chairman CT Corp., Chairul Tanjung, di Economic Outlook 2021 CNBC Indonesia, Kamis (25/02/2021).

Saksikan video di bawah ini:

Gagal Gaet Tesla, Luhut Pepet VW

link


"Yang sudah kita lakukan mengundang beberapa investor. LG dengan konsorsiumnya melibatkan Hyundai, Posco dan beberapa perusahaan dari China kita sudah tanda tangan sekitar US$ 9,8 billion. BASF dalam proses komunikasi, Tesla dalam proses komunikasi," sebut Bahlil salam MNC Group Investor Forum 2021, Rabu (3/3/21).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.h3 dan 4 lainnya memberi reputasi
Jepang ga ada rencana bangun mobil listrik kah?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan petani.syusyu memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bacot mau investor berjuta2 kl koruptor ga digantung yg nikmatin kalangan elo2 juga penjajah bangsa sendiri sedangkan rakyat dpt tagihan pajak doank
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GembelzBikerz dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jangan berlebihan sana nikel.
Namanya juga baterai lithium.

Bahan utamanya ya lithium. Bukan nikel.
Nikel itu hanya aditif saja
Alternatif nikel itu ada yang lain seperti besi .

Sumber lithium di dunia itu cuman China . Australia dan beberapa negara.

Apa bisa nanti seluruh dunia pakai mobil listrik dengan baterai lithium ?

Lebih baik pakai baterai alumunium
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caliber dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dalam proses komunikasi.... Perjanjiannya NDA lagi kah?? Atw belum jelas mau atw gak ya...
emoticon-Leh Uga

Masih pada colay di pabrik batere Tesla ya bong bajer APBN

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Hyundai aja klo boleh usul, Bgs kok kona sama ioniq. emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ayo para lebah istana waktunya gembar-gemborkan
"Yang benar begini, kita sudah NDA (Non-Disclosure Agreement) dengan mereka. Saya nggak mau mengulangi kesalahan. Kita tidak tidak pernah bicara pabrik mobil. Ada enam sebenarnya di tempat mereka itu, ada Starlink, launching pad, hypersonic, battery lithium pack, stabilizer energi, itu yang kita bicarakan,"

masih ada 5 lagi yg masih dalam pembicaraan droon. rayuan SM aja belum dikeluarkan. biarin cebi pada buka celana nya dulu.
vw ada bau-bau cina nya ga ?.

induknya apa subsidiariesnya di china gitu ?.

kalau engga, jelas cuma pencintraan kaya tesla kemarin.

ngelesnya juga NDA

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh KuwuRT
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Genit ah emoticon-Embarrassment
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Kena troll lagi ntar
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kemarin kaef inaf anjlok skrg antm tins inco pak ojokowi kalau ngeprank gak main main
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
negara apa lonte ???
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Smoga berhasil dan segera buka pabrik dimari shg banyak pengangguran tertampung agar tdk banyak org nggak pny kerjaan terus demo lagi demo lagi emoticon-Angel
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Utk pabrik mobil listrik, setahu ane VW sudah ada di China & itu produksi utk pasar Asia
Jd kalau mau bikin lg disini, rasanya mungkin saja, tp ga bakal secepat itu karena pasar mobil listrik belum banyak, kapasitas produksi di China sudah cukup rasanya karena VW baru jual mobil listrik ke negara tertentu aja yg pasarnya benar benar menjanjikan

Plus vw itu utangnya udah super duper banyak, serasa ga mungkin kalau mereka mau gambling utk bangun lini produksi baru
Diubah oleh y0g4
Bikin dewek bae lah mas. Ahline ana kuwe.
Apa2 tuku, lah pimen
emoticon-Cape d...
ditahan dulu aja deh pak jkowi nikel nya.... persiapin sendiri aja ke depan....
Bingung istana mau jualan apa lagi biar terlihat edgy. Covid di depan mata aja amburadul berantakan...
Kenapa gak mepet pabrikan jepang yaa.. Pasti lebih lancar negonya..
gapapa, tesla kan dri awal di sini emang katanya bukan mobil listrik


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di