CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
Nolep - Sebuah Cerita Singkat Pribadi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6044cb0ce8d93929f2094bfa/nolep---sebuah-cerita-singkat-pribadi

Nolep - Sebuah Cerita Singkat Pribadi

Spoiler for Sampul Thread:
Ilustrasi Sampul from Canva

Halo Gan Sis. Welcome to My Thread, ini adalah threadyang ke-7 ane, karena thread sebelumnya yang ane tulis itu kebanyakan hanya sebuah puisi, maka, di thread kali ini ane mencoba untuk menulis sebuah thread yang memiliki narasi, dan karena di sini ane hanya menceritakan cerita singkat pribadi ane sendiri atau bisa dibilang curhatan, jadi, enggak perlu ane bikin indeks, ya, karena cukup sekali duduk Gan Sis bisa baca thread enih sampai habis.

Spoiler for Profil TS:

Sebelumnya mohon maaf kalau tulisan ane ini berantakan, karena pada dasarnya ane bukanlah seorang konten kreator andal di mari, ane hanya seorang kuli yang sedang belajar menulis.

Thread ini hanya berisi tentang curhatan kepribadian TS dan kegemaran TS yang terlihat kurang lazim di mata orang lain.

Selamat Membaca

Nolep - Sebuah Cerita Singkat Pribadi

NOLEP
Spoiler for Ilustrasi:

Nolep, Sebuah istilah yang sering ane dengar di media sosial. Awalnya ane enggak tahu apa itu Nolep, istilah apa? Dari mana? Dan ditujukan untuk siapa?, tapi karena rasa penasaran ane yang saat itu cukup kuat untuk mencari tahu arti dari istilah itu, ane mencoba untuk mencari tahu di situs pencarian terpopuler Google. Dengan kata kunci "Apa itu Nolep?" ane menemukan salah satu situs yang menjelaskan istilah Nolep dengan pembeberan yang cukup jelas di mari. Seperti ini penjelasan singkatnya, Gan.
Quote:

Nah, dari ciri-ciri yang dijelaskan itu lah yang membuat ane memberikan predikat kepada diri ane sendiri sebagai Nolep, tapi, sebenarnya enggak semua ciri-ciri itu ada di diri ane, Hanya beberapa saja. Untuk penyebabnya sendiri, jujur, ane tipe orang yang malas untuk melakukan kegiatan sosial di lingkungan sekitar. Setiap ada kegiatan sosial seperti Bakti Sosial, Agustusan, Pemilu, dan acara-acara sosial lainnya, ane selalu menghindar dan lebih memilih mengurung diri di kamar yang bagi ane itu adalah suatu kebahagiaan. Ya, memang terdengar konyol jika kebahagiaan yang ane dapat hanya dengan menyendiri di kamar saja, sampai ane pernah dibilang "orang aneh" sama tetangga gara-gara enggak pernah ikut berbaur kalau ada kegiatan sosial, sakit gan kalau diomongin tetangga, apalagi ane orangnya cemen/cetek mental disentil dikit langsung down, ane juga enggak tahu kenapa kok sifat ane bisa begini sulit banget diajak sosialisasi dan selalu merasa kikuk kalau di kerumunan.

NOLEP JUGA BUTUH TEMAN
Spoiler for Ilustrasi:

Selain rasa malas untuk melakukan kegiatan sosial atau bermasyarakat, tidak mempunyai teman adalah penyebab kedua yang ane miliki. Yah ... sedih banget, ya, Gan, hidup ane berasa hampa banget. Penyebab kedua ini sebenarnya bukanlah sebuah pilihan, karena dalam hati nurani, ane masih membutuhkan teman walau hanya satu teman saja, seenggaknya bisa diajak untuk tukar pikiran, lah. Berusaha untuk mendapatkan teman sudah ane lakukan dari mengajak ngobrol partner kerja agar semakin akrab dan sampai ikutan nongki malam sama anak-anak di kampungan ane, tapi entah kenapa jiwa ane selalu menolak untuk melakukan kegiatan yang dapat menguras tenaga itu. Ending-nya ane memilih untuk menghindar dan mengurung diri di kamar. Benar-benar sebuah pilihan yang salah. Mungkin ini memang sudah takdir ane untuk menjadi seorang Nolep, seorang Nolep akut emoticon-Frown.
Spoiler for Pekerjaan Ane:

ANAK NOLEP SUKA ANIME, NGEGAME, DAN BACA MANGA?
Spoiler for Ilustrasi:

Memang, anak Nolep itu identik dengan hal-hal yang berbau jejepangan, ane juga menyukai hal-hal jejepangan termasuk anime-animenya yang manarik untuk ditonton, tapi ane enggak begitu maniak soal anime, hanya beberapa saja yang ane tonton, ada satu judul anime yang ane suka sampai saat ini, kalau enggak salah judulnya "Kimi No Nawa/Your Name", tapi di sini ane enggak mau ngebahas banyak soal anime ini, ye hehehe emoticon-Big Grin
Spoiler for Anime yang Pernah Ane Tonton:
Next, selain anime, gamejuga termasuk ke dalam hal yang ane sukai, ngegame adalah aktivitas yang paling digemari oleh beberapa anak Nolep, termasuk ane, tapi ane pribadi hanya menyukai game-game yang mengusung tema sosial saja, walaupun ane bisa dibilang orang yang ansos atau anti sosial di dunia nyata tapi berbanding terbalik jika ane sudah masuk ke dunia game. Game yang ane mainin bukan ML, PUBG, atau FF, tapi game ringan yang bisa dibilang game jadul karena game ini sudah lama banget rilisnya, kira-kira sekitar tahun 2010/2012-an. Nama gamenya AWO atau Avatar world online, mungkin game tersebut terdengar asing di telinga Gan Sis, tapi ini satu-satunya game santai yang ane mainin dari tahun 2014 sampai sekarang, dulu game ini ada versi Indonesianya juga, lo.
Spoiler for Game yang Ane Mainin:
Game ini cukup seru, karena ada banyak fitur sosial yang bisa agan mainkan, seperti mengobrol ke sesama player, berkebun, memancing, membeli aksesori, memasak, dan masih banyak fitur menarik lainnya. Ane sampai pernah dapet kenalan cewek lewat game ini, lo, tapi itu hanya sesaat saja emoticon-Big Grinselain itu ane juga sering banget dapat pulsa gratis di game ini dengan cara menipu player lain yang masih nubie hahaha sampai lupa sama dosa yang bakal ane tanggung nantinya.
Next untuk poin terakhir yang identik dengan Nolep adalah Baca Manga
Spoiler for Ilustrasi:
ini bisa dibilang aktivitas intelektual para anak Nolep wkwkwk, untuk kasus ini ane benar-benar enggak suka, Gan. Kalau soal membaca ane lebih suka untuk membaca buku pengembangan diri ataupun novel karena bacaan-bacaan tersebut banyak nilai edukasinya, seperti novel karya Fiersa Besari, Boy Candra, Sapardi Djoko Damono, dan yang lainnya. Berikut adalah novel-novel yang pernah ane baca, dan kebanyakan dalam bentuk ebook.
Quote:
Masih banyak lagi sebenarnya koleksi ebookane dan banyak yang belum sempat ane baca, bahkan buku fisik yang ane beli juga cuma ane jadiin pajangan, bukan karena malas baca tapi sibuk dengan pekerjaan emoticon-Big Grin.
Quote:
Quote:

Di sisi lain, kadang ada rasa sedikit takut juga soal buku yang cuma ane jadikan pajangan, soalnya ane pernah baca artikel tentang Orang yang suka membeli buku tapi jarang dibaca itu ada istilahnya dalam bahasa Jepang yaitu "Tsundoku" yang artinya orang yang suka menumpuk buku tanpa membacanya. Dalam bahasa Indonesia sendiri bisa disebut "Bibliomania" yang artinya juga serupa dengan istilah "Tsundoku".
Spoiler for Arti Bibliomania Dalam KBBI V:
Ada satu kutipan cerita dari artikel yang sudah pernah ane baca mengenai orang yang mengalami "Tsundoku" ini.
Quote:
Spoiler for Sumber Artikel Tentang Tsundoku yang Ane Baca:
Nah, dalam kutipan di atas Uri selalu membeli buku, tapi, karena kesibukannya akhirnya dia hanya menumpukkan buku-buku yang dibelinya tanpa dibaca. Apa yang Uri alami ini sama dengan apa yang ane alami juga, ane selalu membeli buku tapi lebih banyak dipajang daripada dibaca. Sampai sekarang kegemaran ane yang terlihat kurang lazim ini pun masih terus berlanjut, tapi ane mencoba untuk bisa mengontrol diri ane untuk tidak membeli buku, karena tentu saja ending-nya hanya masuk ke dalam "list tumpuk" ane.
Quote:

MEMILIKI KEPRIBADIAN INTROVER
Spoiler for Ilustrasi:

Agan pernah dengar istilah Introver enggak? Introver itu kepribadian yang bersifat suka memendam rasa dan pikiran sendiri. Nah, Selain ane seorang Nolep ternyata ane juga mempunyai kepribadian Introver yang di mana ane suka memendam rasa dan pikiran sendiri, ane bukanlah orang yang mudah bergaul layaknya orang-orang ekstrover dan ane pun bukan orang yang mudah beradaptasi layaknya orang-orang ambiver. Sifat pemendam rasa yang dari dulu sampai sekarang masih bertahan membuat hidup ane semakin terasa sunyi, ya, ane memang bukan tipe orang yang kalau lagi ada masalah curhat ke keluarga, saudara, ataupun teman sekolah ane dulu. Ane lebih nyaman curhat atau mengeluarkan keluh-kesahnya lewat media sosial, contohnya kayak di forum kaskus ini, ane merasa nyaman karena bisa curhat tanpa orang lain tahu siapa diri ane, walaupun tulisan keluh-kesah ane ini mungkin dibaca ribuan orang yang enggak ane kenal, tapi rasa percaya diri ane untuk menuliskannya di mari enggak luntur. Capek gan sebenarnya jadi orang yang memiliki kepribadian kayak ane ini, aktivitas apapun yang akan dikerjakan pasti selalu dipikirkan terlebih dahulu ....
Quote:
Pokoknya ane bakal berpikir seribu kali sebelum melakukan tindakan yang bakal ane ambil. Sampai saat ini ane belum punya solusi untuk mengubah pribadi ane yang suka berpikir sebelum melakukan suatu tindakan walaupun itu tidak berisiko.

Cukup sampai di sini saja cerita singkat yang ane tulis di mari, ane enggak bisa menceritakan secara detailnya, kalau ada waktu luang ane bakal lanjut bikin threadselanjutnya.

Terima kasih sudah mampir dan membaca

Nolep - Sebuah Cerita Singkat Pribadi

Nolep - Sebuah Cerita Singkat Pribadi

N a r a s i : T u l i s a n P r i b a d i
2 0 2 1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiqihism dan 3 lainnya memberi reputasi
Mungkin anda memang nolep dan itu akui saja. Tapi anda bisa melakukan aktivitas pekerjaan seperti biasanya. Kemudian pulang dan istirahat, melepas lelah. Melakukan suatu hal yang anda sukai, "selama itu kebenaran". Lalu sempatkan sekali dua kali, curhat pada satu orang yang sangat anda percayai. Tidak peduli nantinya dia cuma mendengarkan/memberi saran/bahkan menghina. Yang penting beban anda terlepas menurut anda sendiri. Dan anda bisa tertawa lepas. Menertawakan diri anda sendiri.
Kemudian jika waktunya tiba, anda benar-benar menemukan teman. Teman hidup maksudnya. emoticon-Wow
profile-picture
Yudasa98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ttp semangat gan
profile-picture
Yudasa98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hahhh.... sedang merasakan
profile-picture
Yudasa98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hmmm...
Klo pandangan gue soal nolep sih gini... "pengangguran" yg terlalu menyibukkan diri,
Biasanya dilakukan secara berlebihan entah dilakukan sendiri atau bersama orang lain dgn frekuensi kebiasaan yg sama,

Kalo TS punya pekerjaan..menurut ane sih belum bisa dibilang nolep. Karna TS memiliki tanggungjawab atas pekerjaan tersebut,

Seseorang yg memiliki tanggungjawab terhadap sesuatu dan sadar akan tanggungjawab tersebut, menurut ane gak bisa dibilang nolep...

Solusi?
Banyakin piknik, khususnya ke tempat² menarik yg agan belum pernah datangi...
Paksa diri berkomunikasi dgn orang lain yg berbeda frekuensi
profile-picture
Yudasa98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
coba seharian pergi gak sengaja bawa handphone, secara tidak langsung ente akan terdorong untuk berkomunikasi sama orang yang tidak dikenal, entah itu dengerin curhatan orang tersebut, atau menemukan hal-hal baru yang belum pernah anda temukan.

Jujur ane juga orang suka menyendiri, dan kalau terlalu banyak orang ane jadi kurang nyaman.

Coba lakuin olahraga sederhana yaitu lari di dpn komplek/dijalan, kalo ketemu orang lain yg olahraga, sapa aja, siapa tau dapat teman baru
profile-picture
Yudasa98 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di