CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inilah Cara Bangsa Romawi Kuno Mencuci Pakaiannya, Sebelum Mengenal Sabun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6043a2ad170926793051b47a/inilah-cara-bangsa-romawi-kuno-mencuci-pakaiannya-sebelum-mengenal-sabun

Inilah Cara Bangsa Romawi Kuno Mencuci Pakaiannya, Sebelum Mengenal Sabun

Inilah Cara Bangsa Romawi Kuno Mencuci Pakaiannya, Sebelum Mengenal Sabun

gambar

Mencuci pakaian merupakan sebuah kegiatan yang biasa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Aktivitas harian ini seolah tak pernah bisa lepas dari wanita manapun di dunia. Bahkan rutinitas ini akan mereka lakukan sejak pagi, agar ketika siang pakaian tersebut sudah bisa kering dan bisa kembali digunakan. Di zaman dulu, mencuci pakaian biasa dikerjakan di sungai, atau tempat umum yang ada sumber airnya. Karena memang belum banyaknya kamar mandi di rumah masyarakat saat itu. Namun, saat ini para wanita tak perlu sibuk lagi harus mencari air untuk mencuci karena sudah adanya fasilitas untuk itu semua. Apalagi dengan kehadiran tekhnologi berupa mesin cuci yang sangat bisa membantu dan sangat praktis.

Pakaian yang kotor biasanya dicuci menggunakan sabun atau detergen agar nampak lebih bersih dan wangi. Saat ini beragam produk detergen dengan segala macam varian. Jika di era modern mencuci adalah sesuatu yang tak dianggap sulit lagi karena mudahnya ditemukan fasilitas penunjang, lalu bagaimana jika situasi ini ditarik kembali ke belakang di era peradaban romawi kuno. Saat itu sabun cuci belumlah ditemukan dan proses mencucinya pun tentu tak sepraktis seperti sekarang. Berikut potret mencuci pakaian ala romawi kuno!

1. Menggunakan Alkali

Inilah Cara Bangsa Romawi Kuno Mencuci Pakaiannya, Sebelum Mengenal Sabun

gambar

Di zaman romawi kuno, orang-orang menggunakan alkali untuk mencuci. Alkali sendiri yaitu garam ionok dari suatu unsur kimia alkali logam atau alkali tanah. Bahan kimiawi satu ini dipercaya mampu mengangkat kotoran menempel pada pakaian. Mereka yang mencuci akan memasukkan alkali tersebut dengan dicampur air kemudian menginjak-injak pakaian tersebut.

2. Menggunakan Lemak Hewan dan Dicampur Abu Gunung

Inilah Cara Bangsa Romawi Kuno Mencuci Pakaiannya, Sebelum Mengenal Sabun

gambar

Dulu dikisahkan ada sebuah legenda tentang Gunung Sapo yang berada di hulu sungai Tiber. Dalam legenda tersebut, bangsa Romawi Kuno biasa mengorbankan hewan di lereng gunung tersebut. Kemudian hewan itu dibiarkan membusuk hingga lemak dari hewan bercampur dengan abu gunung.

Lalu, lemak hewan dan abu gunung yang telah tercampur itu kemudian menjadi sabun dan diyakini mengalir ke sungai di mana tempat para perempuan Romawi Kuno mencuci pakaian. Dengan sabun tersebutlah mereka mencuci.

3. Menggunakan Urin Manusia

Inilah Cara Bangsa Romawi Kuno Mencuci Pakaiannya, Sebelum Mengenal Sabun

gambar

Sebelum adanya sabun, bangsa romawi kuno menggunakan urin manusia sebagai penggantinya. Biasanya air kecing tersebut akan ditampung di sebuah wadah, kemudian mereka akan memanfaatkannya untuk mencuci. Urin digunakan karena dipercaya mampu mengangkat noda kotor yang menempel pada pakaian.

4. Menggunakan Nitrum

Inilah Cara Bangsa Romawi Kuno Mencuci Pakaiannya, Sebelum Mengenal Sabun

gambar

Selanjutnya ada nitrum sebagai pengganti sabun atau detergen untuk mencuci pakaian. Senyawa satu ini juga dikenal sangat ampuh untuk menghilangkan kotoran di pakaian. Mereka terlebih dahulu merendam pakaian kotor tersebut, lalu akan menginjak-injaknya ketika proses mencuci.

5. Menggunakan Tanah Sardinia

Inilah Cara Bangsa Romawi Kuno Mencuci Pakaiannya, Sebelum Mengenal Sabun

gambar

Tanah juga digunakan sebagai sabun untuk mencuci yang mana orang romawi kuno memakai tanah Sardinia. Sardinia sendiri merupakan sebuah provinsi pada era itu. Proses mencucinya cukup memasukkan tanah tersebut ke dalam air, lalu rendam pakaian kotor ke dalamya. Dan cara mencucinya pun sama yakni dengan cara diinjak-injak.

Itulah cara mencuci pada peradaban romawi kuno. Usut punya usut bahwa jasa laundry pertama kali telah dikenal pada era ini dengan nama fullones. Maka bersyukurlah orang-orang yang hidup di zaman modern saat ini. Sebab tak perlu lagi susah payah dalam hal mencuci. Apalagi jenis sabun cuci dan detergen pun sudah banyak. Tak perlu repot-repot harus berpikir bagaimana menciptakan sabun, sebab semuanya telah tersedia.

Sumber :

Narasi pribadi

1



profile-picture
profile-picture
profile-picture
b4perman dan 29 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Ada yg pake urin gitu 😂😂😂
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jauh sebelum mengenal mesin cuci
profile-picture
Kruingputih4 memberi reputasi
itu klo pake kencing gitu tar baunya gmn cobaemoticon-Hammer2
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Atas sama bawah aye kerjanya nyabun aja emoticon-Leh Uga
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Atas Ane ngabisin 3 sabun setiap hari... Aneh deh...
Inilah Cara Bangsa Romawi Kuno Mencuci Pakaiannya, Sebelum Mengenal Sabun
Inilah Cara Bangsa Romawi Kuno Mencuci Pakaiannya, Sebelum Mengenal Sabun
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
klo baju/celana kena kencing eh dicucinya pake air kencing juga gmn tuh emoticon-Leh Uga
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jadi bau emoticon-Ngakakpesing atuh
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dicuci bukannya wangi malah pesing😂
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pada pinter2 ya orang dulu, pada kreatif.
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ada yg kreatip, ada jg yg gila idenya emoticon-Cape d...
bersyukurlah hidup di jaman now emoticon-Cool
tp apakah 1000 tahun yg akan datang kita diketawain jg oleh org2 yg nanti hidup di 1000 tahun kemudian?? emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Selain air kencing masih masuk akal semuanya
profile-picture
profile-picture
Gailham dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pake urin? Wah, malah bikin makin bau gak sih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irene.holmes dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
gakkebayang deh abg jaman dulu kalo nyabun malah bau urin emoticon-Wakaka
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa seperti itu?

Bahan pakaiannya apa?
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


ini toh yang suka ngabisin sabun orang laen
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan hvzalf memberi reputasi
dijawa menggunakah buah lerak untuk mencuci, dijamin wangi dan bersih
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Si @Kruingputih4 tuh Gan... Omelin...
emoticon-Cool
Inilah Cara Bangsa Romawi Kuno Mencuci Pakaiannya, Sebelum Mengenal Sabun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buburstroberi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Waduhh nyuci baju pake urin manusia, ditampung dulu lagi apa nggak malah bauk kencing ntar pakeannya
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
gw sbg penguasaromawi kok baru tau ya
profile-picture
profile-picture
Madthink dan hvzalf memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di