CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Partai Diambil Pejabat Negara, LSI: Pertama Kali di Indonesia, Ironi Luar Biasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6042f879881d233022674e00/partai--diambil-pejabat-negara-lsi-pertama-kali-di-indonesia-ironi-luar-biasa

Partai Diambil Pejabat Negara, LSI: Pertama Kali di Indonesia, Ironi Luar Biasa

Sabtu, 06 Maret 2021 - 05:35 WIB

https://nasional.sindonews.com/read/355918/12/partai-demokrat-diambil-alih-pejabat-negara-lsi-pertama-kali-di-indonesia-ironi-luar-biasa-1614981810
views: 21.941

Partai Diambil Pejabat Negara, LSI: Pertama Kali di Indonesia, Ironi Luar BiasaKLB Partai Demokrat Deliserdang menetapkan KSP Moeldoko sebagai Ketua Umum. Foto: SINDOnews/Dok

JAKARTA - Peneliti Utama Lembaga Survei Indonesia, Saiful Mujani, turut menyoroti kisruh Partai Demokrat setelah Jhoni Allen dkk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) dan menetapkan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat.

Menurut Saiful Mujani, kudeta atau pengambilalihan Partai Demokrat oleh orang di luar partai adalah kejadian yang pertama kali di Indonesia. Ia menilai peristiwa ini adalah kemunduran demokrasi. Sebab, pejabat negara seharusnya melindungi semua partai di era demokrasi seperti sekarang ini.


"Zaman orba saja yang otoriter pengambilalihan kekuasaan lewat KLB oleh kader partai sendiri, kasus PDI misalnya. Di era demokrasi sekarang, Demokrat justeru diambil alih oleh pejabat negara yang mestinya melindungi semua partai. ironi luar biasa," ungkap Mujani melalui akun pribadi twitternya @saiful_mujani, Jumat (5/3/2021), malam.



"Demokrasi dunia sekarang memang sedang mundur (backsliding). Menurut studi terakhir Haghar dan Kufman (2021) penyebanya adalah tindakan-tindakan politik oleh pejabat yang justeru hasil demokrasi sendiri. kita mungkin masuk di sini," imbuhnya.



Diketahui, KLB Partai Demokrat yang dilangsungkan di The Hill Hotel & Resort, Sibolangit, Sumatera Utara, menetapkan KSP Moeldoko sebagai Ketua Umum. Penetapan Moeldoko sebagai Ketum Partai Demokrat berlangsung kilatt.




"Memutuskan, menetapkan Jenderal (Purn) Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2021-2025," kata pimpinan sidang KLB, Jhoni Allen Marbun.

Menanggapi hasil KLB tersebut, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), maupun putranya yang juga Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), secara tegas menyatakan bahwa KLB di Deli Serdang ilegal dan abal-abal. Sebab, KLB tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan dalam AD/ART Partai Demokrat.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Ya udah langsung counter attack donk...

Perih...atin....

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semoga amanah pak Moeldoko, hidup Demokrat emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
satwa liar dikaskus selalu menghindar dan gabisa ngejawab kalau ditanya seperti itu ?.

ada gitu pemerintahan dari rezim dulu sampai sekarang turut campur secara langsung dalam konflik internal partai politik ??

pada pura-pura bego dan amnesia soal jabatan publik yang melekat di moldoko itu KSP.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 5 lainnya memberi reputasi
KSP kok tugasnya ngrebut partai orang, yang bener itu KSP sbg Kepala Staff Kepresidenan atau KSP sbg Koperasi Simpan Pinjam

Lagian si Boss juga diem aja ketika bawahanya bertindak diluar tupoksi sebagai KSP, atau jangan jangan itu bagian dari tugas tambahan KSP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
namanya kekuasaan.. gak jauh2 dari kemurkaan.. udah dikasih hati tetep minta jantung..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Semua pasti ada yang pertama, baru pertama juga mentri ditanya mau nyapres dijawab..... Eh nyapres emoticon-Ngakak

Ada juga ketum baru dari anak mengapung nyingkirkan senior emoticon-Ngakak

Virus saja bermutasi emoticon-Ngakak


Baser mersi mana suaranya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Keep mewekemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Cuman di jaman orba dualisme partai mengakibatkan 5 nyawa melayang,100an orang luka parah dan banyak orang hilang di culik.
Kodam ikut campur urusan dualisme partai.
Menjijikan sekali sekelas anda membandingkan betapa kotornya demokrasi jaman orba tapi lebih baik dari kasus ini.
Liat lebih dalam kasus PDI dan jangan ajari masyarakat dgn pola pikir kebodohan anda.
Memunculkan narasi di permukaan tapi menutupi busuk yg di dalam.
Sejarahnya masih segar dan saksi2nya masih hidup.

Ane kagak bela moeldoko karna mank kurang etis tapi ane sangat jijik kepada orang2 yg mengatakan jaman orba itu demokrasinya lebih baik di banding era reformasi.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gabener.edan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Anggap aja karma emoticon-Traveller

AHY jadi ketum juga cacat dri sisi ad art, katanya diubah juga seblm ahy dipilih jadi ketum. Ya klo sekarang sama aja. Masyarakat awam liat hal ini seakan pemerintah lgi senggol sby emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Partai Diambil Pejabat Negara, LSI: Pertama Kali di Indonesia, Ironi Luar Biasa

Panglima ABRI Feisal Tanjung menilai protes di kantor PDI sebagai tindakan "subversif" pada 22 Juli 1996. Kepala Staf Sosial Politik ABRI Syarwan Hamid mendorong Soerjadi untuk mengambil alih dan memperingatkan gerakan tersebut sebagai "lagu lama PKI".

Dua hari kemudian, Kapolda Metro Jaya melarang Mimbar Demokrasi. Pada hari yang sama, Soeharto, yang semula tampak enggan mendorong Soerjadi pada Kongres Medan 1993, akhirnya bertemu Soerjadi.

Soerjadi mengatakan Soeharto menyebut ada "setan gundul" yang memperalat PDI untuk kepentingannya sendiri. Istilah "setan gundul" atau "setan gondrong", yang diciptakan rezim Orde Baru sebagai kata ganti PKI, merujuk pada aliansi pelbagai kelompok gerakan pro-demokrasi di bawah payung Majelis Rakyat Indonesia (MARI).

Tiga hari setelah pertemuan Soeharto-Soerjadi, Kerusuhan 27 Juli itu terjadi.

Asmara Nababan dan Baharuddin Lopa, anggota Komnas HAM, datang sehari setelah peristiwa yang dikenang dengan nama Sabtu Kelabu itu. Keduanya memimpin tim investigasi pelanggaran HAM dalam Kudatuli.

Hasilnya, Komnas HAM mencatat 5 orang tewas, 149 luka-luka, dan 23 orang hilang. Satu di antara orang yang diduga kuat dihilangkan usai peristiwa itu adalah Wiji Thukul, penyair Ketua Divisi Propaganda dan editor Suluh Pembebasan, suplemen kebudayaan Partai Rakyat Demokratik.

Komnas HAM menilai ada enam bentuk pelanggaran HAM dalam peristiwa tersebut: pelanggaran asas kebebasan berkumpul dan berserikat; pelanggaran asas kebebasan dari rasa takut; pelanggaran asas kebebasan dari perlakuan keji dan tidak manusiawi; pelanggaran perlindungan terhadap jiwa manusia; dan pelanggaran asas perlindungan atas harta benda.



sejarahnya masih fresh dan saksi2nya masih hidup macam megawati,budiman sujatmiko,maruar sirait dkk.
Meminjam tangan soerjadi tuk memporak porandakan PDI bahkan militer pun ikut campur.
Jauh sekali perbedaannya dgn kasus demokrat yg cuman ada moeldoko doang yg di depan.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Setelah yg pertama, akan ada yg kedua
Selalu dimulai dr yg pertama

emoticon-Traveller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
muldoko goblok
AHY lebih goblok
dah kan
semua kebagian goblok emoticon-Ngakak
nabi roki dan pengikutnya mana neh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Partai Diambil Pejabat Negara, LSI: Pertama Kali di Indonesia, Ironi Luar Biasa

Partai Diambil Pejabat Negara, LSI: Pertama Kali di Indonesia, Ironi Luar Biasa
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan secer memberi reputasi
Gw masih ga ngerti muldoko ini kader demokrat atau gimana.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emang kaya film2 gitu, kebaikan vs kejahatan? Kaga kali, yg ada ruwet vs ruwet rebutan jalan kekuasan? Emang kedua kubu bakal mikirin kita kalo salah satunya berkuasa?
Kaga kali emoticon-DP

Kejadian kaya ini bukan yg pertama dan juga bukan yg terkahir dan sangat bisa terjadi di partai lain.. Jadi biarin aja emoticon-Wakaka
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Cara² Orba.
profile-picture
secer memberi reputasi
Hidup jendral Moeldoko😁😁😁😁
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Sesama mantan jenderal.. Selesaikan secara jantan lah.. emoticon-Malu (S)

Tuh kasus selebram d makasar.. Ceweknya abis d tusuk aja berani tusuk balik kok.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan pulaukapok memberi reputasi
Diubah oleh valkyr1
Rezim PDIP partai banyak yang dibuat rusak, dari PPP, Berkarya dan sekarang Demokrat. Berawal dari sodomi rezim Seoharto ke Mega (PDIP), akhirnya PDIP jadi pelaku sodomi juga.
profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di