CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sinyal Bos Tesla yang Berpotensi Turunkan Pamor Nikel Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60429098ca46c211e13e7db0/sinyal-bos-tesla-yang-berpotensi-turunkan-pamor-nikel-indonesia

Sinyal Bos Tesla yang Berpotensi Turunkan Pamor Nikel Indonesia

 Sinyal Bos Tesla yang Berpotensi Turunkan Pamor Nikel Indonesia
Elon Musk bakal mengganti nikel dengan besi untuk baterai kendaraan listriknya.
Substitusi ini berpotensi menurunkan posisi tawar RI dalam negosiasi industri baterai dengan Tesla.
Momentum baterai lihtium-ion masih akan berlanjut dalam 15 hingga 20 tahun ke depan.




Pendiri dan bos Tesla, Elon Musk, kembali menyatakan kekhawatirannya pada komoditas nikel. Barang tambang ini menjadi bahan baku utama untuk memproduksi baterai. Namun, ketersediaanya tak sesuai dengan keinginan produsen mobil listrik asal Amerika Serikat itu.

Apabila kondisi tak berubah, Musk bakal mengganti nikel dengan katoda berbahan dasar besi. “Nikel adalah kekhawatiran utama kami untuk meningkatkan produksi baterai lithium-ion. Karena itu, kami mengubah (baterai) ke katoda besi. Banyak besi (dan lithium)!,” cuitnya dalam akun Twitter @elonmusk, Jumat (26/2).

Mengutip dari Reuters, pada tahun lalu sebenarnya Musk pernah memberi sinyal pada penambang nikel dunia untuk menggenjot produksinya dalam skala besar. Bahkan Tesla menjanjikan kontrak besar untuk jangka panjang yang dapat menjamin pasokan perusahaan.

Satu hal yang menjadi syarat utama bagi para pemasok adalah para penambangnya harus memperhatikan faktor lingkungan. Syarat ini juga yang Tesla berikan kepada pemerintah Indonesia, selaku produsen nikel terbesar dunia, dalam negosiasi bisnis baterai.

Dibandingkan besi, nikel menyimpan energi listrik lebih padat. Mobil dapat berjalan lebih jauh dengan sekali pengisian daya. Tesla membutuhkan logam mineral itu tak hanya untuk kendaraan listrik, tapi juga proyek tenaga surya.

Beberapa analis menyebut volume yang dibutuhkan Tesla tidak menarik bagi penambang untuk meningkatkan produksi. Jumlahnya sedikit sehingga tidak akan menaikkan harga dalam jangka menengah.

Perusahaan saat ini mendapatkan produk baterai nikel-kobalt-mangan (NCM) dari LG Chem asal Korea Selatan. Untuk baterai nikel-kobalt-aluminium, pasokannya dari Panasonic Corp, Jepang.

Kedua perusahaan itu secara tidak langsung membeli nikel dari perusahaan tambang dalam rantai pasok yang panjang. Tesla, yang sangat menekankan penambangan berkelanjutan, pun tidak dapat mengungkapkan sumber nikel dalam rantai pasokannya.

Nah, Indonesia tengah menanti calon mitra untuk masuk dalam bisnis baterai. Pemerintah berencana membentuk induk usaha atau holding bernama Indonesia Battery Corporation (IHC).

Di dalam induk itu terdapa empat badan usaha milik negara alias BUMN. Keempatnya adalah PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau MIND ID, PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), dan PT Aneka Tambang Tbk alias Antam.

Ada tujuh perusahaan global yang tertarik masuk dalam proyek itu. Dua perusahaan yang serius, yakni Contemporary Amperex Technology (CATL asal Tiongkok dan LG Chem. Sedangkan Tesla masih melakukan penjajakan dengan pemerintah.

TESLA-CHINA/DELIVERY

Ilustrasi mobil listrik Tesla. (ANTARA FOTO/REUTERS/Yilei S)
Diskusi dengan Tesla Masih Berlanjut

Pemerintah terus bernegosiasi dengan Tesla. Namun saat disinggung mengenai progresnya, Deputi Investasi & Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto enggan membeberkan lebih lanjut.

Penyebabnya, Indonesia telah mengantongi non-disclosure agreement (NDA) alias perjanjian larangan pengungkapan informasi. "Saya masih ada NDA dengan Tesla. Tidak bisa berbicara banyak," kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (2/3).

Ketua Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia alias Perhapi Rizal Kasli mengatakan saat ini, sejumlah perusahaan memang sedang terus melakukan studi dan riset untuk pengembangan penyimpanan daya (energy storage) dan baterai mobil listrik.

Kehadiran produk-produk itu untuk menciptakan baterai yang aman, efisien, murah, andal, dan ramah lingkungan. Baterai mobil listrik yang saat ini paling banyak digunakan adalah jenis lithium-ion. Komponen katoda atau kutub positifnya merupakan campuran nikel, kobalt dan mangan. Sedangkan anodanya (kutub negatif) berbahan baku lithium.

Sejumlah perusahaan sedang mengembangkan dan mencari subtitusi nikel dan kobalt. Kedua komoditas ini harganya mahal dan cadangannya tidak terlalu besar di dunia. “Apapun bahan bakunya, Indonesia sebagai negara yang memiliki sejumlah cadangan mineral strategis harus segera memanfaatkan momentumnya,” kata Rizal.

Indonesia menguasai 30% cadangan nikel dunia, bahan baku baterai EV. Jumlahnya setara dengan 21 juta ton. Negara kepulauan ini juga memiliki 1,2 miliar ton aluminium, 51 juta ton tembaga, dan 43 juta ton mangan.

Tak hanya di penyediaan bahan baku saja, Indonesia juga dapat tampil sebagai produsen baterai mobil listrik. "Bahkan hingga ke industri mobil listrik, sehingga sumber daya alam negara ini mendapat nilai tambah yang optimal," ujarnya.

Momentum baterai lihtium-ion ini masih akan berlanjut dalam 15 hingga 20 tahun ke depan. Pemerintah dapat menerapkan kewajiban memasok untuk kebutuhan pasar dometik atau DMO, seperti komoditas batu bara.

Perhapi menyarankan agar riset dan kajian tentang pengembangan teknologi berbasis mineral dikembangkan dengan serius. ”Sehingga Indonesia bisa tampil sebagai pemain utama dalam pengembangan mobil listrik," kata dia.
TESLA-RESULTS

Ilustrasi mobil listrik Tesla. (ANTARA FOTO/REUTERS / Mike Blake/pras/dj)
Posisi Tawar Indonesia Dinilai Akan Berkurang

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan berpendapat posisi nilai tawar Indonesia akan berkurang karena ketergantungan akan nikel mulai menurun. Negara ini dapat dianggap tak lagi menarik untuk masuk dalam industri baterai global.

Apalagi Tesla mulai mengalihkan fokusnya menggunakan besi ketimbang nikel. “Kita bukan lagi menjadi prioritas dalam pengembangan baterai," ujarnya.

Untuk itu, perlu adanya antisipasi agar iklim investasi menarik kembali. Kemudahan dan insentif harus tetap diberikan agar tidak ada perubahan rencana investasi dari penanam modal.

Indonesia masih berpeluang mengembangkan nikel untuk industri energi dan baja nirkarat (stainless steel). Namun, untuk baterai diperkirakan akan segera ada substitusi bahan bakunya.

Jepang kini mengembangkan baterai tidak berbasis nikel. Dengan pertimbangan harga komoditas ini akan semakin mahal karena permintaannya meningkat. Sedangkan Tesla, selain mempertimbangkan jumlah, juga menyoroti masalah lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dalam berinvestasi.

Cadangan bijih besi Indonesia, menurut Ketua Umum Indonesian Mining and Energy Forum (IMEF) Singgih Widagdo, relatif kecil. Angkanya di bawah 1% secara global. Australia, Brazil, Rusia dan Tiongkok pemilik cadangan bijih besi besar dunia saat ini.

Indonesia memang bisa masuk ke bisnis baterai melalui komoditas nikel. Cadangannya terbesar dunia sehingga memainkan peranan dalam pemanfaatan bahan nikel dunia. Grafik Databoks di bawah ini menampilkan perbandingannya.

Dari sebaran bijih nikel, cadangannya sebanyak 4.5 miliar ton tersebar di Sulawesi dan Maluku. "Pengembangannya sangat menjanjikan untuk membangun industri hilir ke depan," kata dia.

Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah harus mampu memperkirakan tujuan investor dari awal sampai pasarnya terbangun. Baru setelah itu, memberikan kemudahan fiskal dan nonfiskal untuk menarik investasi.

link


Apabila kondisi tak berubah, Musk bakal mengganti nikel dengan katoda berbahan dasar besi. “Nikel adalah kekhawatiran utama kami untuk meningkatkan produksi baterai lithium-ion. Karena itu, kami mengubah (baterai) ke katoda besi. Banyak besi (dan lithium)!,” cuitnya dalam akun Twitter @elonmusk, Jumat (26/2).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
gak bakal sebab blm ada teknologi baru yang bikin baterai lebih banyak daya tampungnya kl dia pindah ke besi si tesla bakal gali lubang sendiri soalnya pabrikan mobil listrik lain ttp pakek baterai nikel bakal kalah pamor si tesla ama mobil listrik laen kl dia ganti pakek besi lah sebab yg beli mobil listrik itu org berduit jd mereka ada duit buat beli mbl yg lbh tahan lama dipakek jalan masa lu mau mobil listrik tp tiap 100km kudu ngecash 2-3 jam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kyknya ini mah manuver Tesla aja utk meningkatkan daya tawar mereka dlm negosiasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
gara gara luhut jual mahal emoticon-Cape d...

pengennya cina yg invest emoticon-Cape d...

taik bener luhut ini emoticon-Cape d...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
wajar indon gampang dibuli wong indon kagak bisa bikin apapun. coba china yang diancam bahkan google aja takut balasan china.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jerrystreamer1 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya beginilah kalau basic orang IPA megang perusahaan. Dia bukan bergerak secara politik & ekonomi, tapi cari alternatif lain dengan cara-cara IPA.

Beda dengan pimpinan perusahaan-perusahaan minyak jaman old yang basicnya bisnis dan bukan engineer kayak Elon. Mereka kalau SDA minyak dihambat, maka politiklah yang maju lewat elit-elit partai negaranya. Makanya banyak negara-negara terguling hanya karena SDA.

IPS: Makan daging gak diperbolehkan, maka harus paksa dengan berbagai cara supaya makan daging diperbolehkan

IPA: kalau makan daging gak boleh, maka ciptakan alternatif lain dengan menciptakan daging buatan dari jamur, kedelai, dan lain-lain

Jadi beruntung tahun 90an ke atas hegemoni teknologi dipegang oleh orang-orang IPA langsung. Bayangkan kalau Tesla dipegang orang IPS dan Indonesia menghambat nikel emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokohadiningrat dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Alhamdulillah bagus lah. Biar cepet ancur ekonominya.. habis hancur ekonominya hancur sekalian rezim pembunuh maaher Ath Thuwailibi tuh...

Maaher mati rezim mati... Aamiin YRA
Mungkin itu doa Maaher sebelum wafat.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
3rdRoom dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
untuk yg ini, ane sangat menyarankan untuk mendukung langkah pemerintah. praktik bisnis tesla si elon ini culas. dia mau bikin pabrik baterai disini karena nikel ada disini, padahal yg diminta pemerintah adalah pabrik baterai sampai dengan mobilnya. dan hasilnya pemerintah ngalah karena tesla janji bakal bikin baterai kapasitas besar ESS disini

fyi ESS sangat penting buat pengembangan PLTS, PLTA, PLTAngin yg mana itu bagian dari program energi bersih pemerintah. deal

tapi si tesla masih nawar lagi, dia mau bikin pabriknya kalo dia dapet previledge buat pasokan nikel dari disini, minta banyak dan harga murmer. disini pemerintah kepentok sama pengusaha tambang lokal. pemerintah mungkin bisa ditekan dan dibegoin sama si elon, tapi pengusaha tambang kawakan indonesia macam bakrie dan haji isam jelas sulit dikadalin sama tuh bocah kemaren sore

si elon ini lagi berusaha ngadalin mbahnya kadal, ya dilepehin lah sama mereka, dan karena si elon ini tahu kalo dia punya basis massa di dunia maya, meweklah dia disana seolah-olah pengusaha tambang indonesia ini ga becus, ga sesuai ekspektasi dia. plus ngancem mau beralih dari nikel ke besi, tujuannya? nekan pemerintah biar pemerintah nekan pengusaha lokal

kalo opung sampe ikutin permintaan tuh bocah kemaren sore, fix goblog sih. tesla cuma nama, kalo duit so small buat apa. mending fokus ke LG sama panasonic yg jelas bakal jadi pemasok utama pabrikan mobil jepang dan korsel, plus mereka ada pabrik mobilnya disini ga kek si tesla yg direkturnya cuma bocah ingusan yg bisanya ngerengek di twitter

tunjukin sama tuh bocah ingusan, kalo dunia ga berputar kek yg dia pengen emoticon-fuck3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dante_craze dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kudo212
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
bacot mulu
profile-picture
profile-picture
Skyland999 dan secer memberi reputasi
Makin ambyar aja deh... Padahal LG dan Panasonic dapet nikel dari Singapur... Singapur dapet nikel dari Indonesia... Singapur nipu2 si musk pake foto2 bodong tambang nikel milik pengusaha singapur ramah lingkungan... Dan si elon percaya aja ama singapur atw jepang atw korea...

Itulah kedodolan hakiki elon musk dan juga indonesia. Yang satu mau ditipu2 pake foto. Indonesia mau ditipu2 pake janji2 singapur, korea, eropa dan jepang biar nikel dijual murah... Caranya disogoklah pejabatnya.. kayak pejabat Pajak gampang disogok

As always

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan qavir memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Itu cuma alasan buat jatohin harga aj, biasa lh tarik2an buat nego harga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ANTAM itu produksinya ore dan feronickel. bukan nickel murni.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan qavir memberi reputasi
Unipersitass cumaa buat tarbiyahhh kadrun ya bgtu hasilnyaa.... Kerjaanya kopar kapirr ....


Ngolahh nikel ga bisa... Mundurrr jaman dinosaurus.....


Vivis ontak berkahhhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
G bisa gaet tesla, gaet aja sainganya. klo perlu yg dari China itu Wuling sekalian minta bantuan bwt bikin pengisian listrik d spbu..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Yakin aja selama ada orang kurang akal sehat, pastinya bakalan tersendat, contohnya sudah banyak sih
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gara2 cuitan ini.. Anjlok hrg nikel dunia.. Saham ANTM n InCO pun ikut jeblok
emoticon-Sorry
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan parmitu212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sedih ya gak punya daya dan teknologi sendiri buat ngolah... jadi disetir dehemoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan slider88 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Waduh, pupus deh
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
India sudah bikin batere besi,
Kepulauan India mewek-mewek jualan nikel mentah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh peyotpetot
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
nikel masi aman
yg butuh nikel bukan cuman buat batre doank
industri baja alloy & stainless justru menyerap 80% nikel dunia
batre cuman 5%

jadi tanpa tesla pun nikel kita masih diminati pasar dunia
terutama industri baja eropa yg sampe menggugat ke wto
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dante_craze dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Ngajaknya befikir out of the box.

Tapi kebijakan ekonominya lebih banyak berdasarkan teori ekonomi umum. Kebijakan ekonominya, cuman bersifat umum, ningkatkan investasi, utamanya PMA, masalah pajak, dlsj. Dimana out of the box nya kebijakan ekonomi begini. Akan lebih banyak gagalnya.

Dimana out of the box nya kebijakan ekonomi yang ada, makanya, mimpi kurs IDR/USD Rp 10.000 nggak pernah kesampeian. Biar kata udah abis satu musim kompetisi.


Padahal, pake cara mikir sederhana aja, ekonomi akan maju kalo produktifitas ningkat. Produktifitas akan ningkat kalo ada kenaikan faktor faktor produksi. Faktor produksi, secara sederhana, cuman empat besar, bahan baku, labor, tehnologi dan skill.

Bahan baku, Indonesia melimpah, bahkan hasil lautnya dicuri orang asing.

Tinggal masalah, labor, tekhnologi, dan skill. Tiga tiganya ini akan berkembang, kalo sistem pendidikan bagus, diikuti sistem RND yang juga bagus dan transparansi.

Lha, gimana mau ngehasilkan labor, tehnologi dan skill yang mumpuni, kalo sekolahnya aja pake sistem zonasi.
Gimana mau ngehasilin tehnologi maju, kalau RND nya aja nggak terstruktur, dananya aja seuprit.


Satu musim kompetisi berlalu, tanpa ada pengembangan tehnologi yang berarti. Universitas betaburan, sarjananya banyak yang nganggur.



Asumsi gua, Indonesia ini akan tetap dibuat ketergantungan dengan impor dan PMA, agar para pedagang yang diotaknya cuma cari untung, asong, aseng, asing, biar tetep bisa idup nyaman santai ndekam di balik dinding ruko, sambil bikin sesajen apik harum untuk penguasa alam gelap sejenis jin, kuntilanak atoupun gondoruwo bahkan tuyul.

Kalo otak Indonesia mampu mandiri dengan tehnologi hasil RND sendiri, para aseng asing asong, nggak bisa dapet keuntungan lagi dari jual barang impor dan PMA, kenyamanan hidup dibalik ruko bisa terancam.
profile-picture
profile-picture
goal481 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di