CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Daging Aqiqah Sebaiknya Dibagi Mentah atau Dimasak?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60426a57def66802a4755221/daging-aqiqah-sebaiknya-dibagi-mentah-atau-dimasak

Daging Aqiqah Sebaiknya Dibagi Mentah atau Dimasak?

Permisi gan/sist sekalean, mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan yang kadang sukak jadi debat orang-orang. Et dah emoticon-Belo
 
Daging Aqiqah Sebaiknya Dibagi Mentah atau Dimasak?
ilustrasi aqiqah

Aqiqah merupakan salah satu sunnah yang sangat dianjurkan kepada orang tua untuk anaknya. Yaitu menyembelih kambing di hari ketujuh kelahiran anaknya tersebut. 

Dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan dan dagingnya dibagikan. Pertanyanya apakah daging Aqiqah itu dibagi dalam keadaan sudah dimasak atau masih mentah?

Dalam Jami-nya, Bab hal-hal yang dianjurkan dalam menyembelih aqiqah, Khallal berkata Abdul Malik al-Maimuni telah mengabarkan kepadaku bahwa dia pernah bertanya kepada Abu Abdillah, "Apakah aqiqah itu perlu dimasak, beliau menjawab "Ya".

Kata Khallal pula bahwa Muhammad bin Ali mengabarkan kepadaku. Dia berkata, "Telah menceritakan kepada kami bahwa pendapat Abu Abdillah tentang aqiqah dimasak dalam bentuk potongan potongan membujur," katanya lagi.


Quote:



Darinya pula, Muhammad bin Husein telah mengabarkan kepadaku bahwa Fadhal bin Ziyad telah mengabarkan kepada mereka bahwa Abu Abdillah pernah ditanya tentang aqiqah. "Apakah perlu dimasak dengan air dan garam?"

Dia menjawab itu memang dianjurkan. "Ditanyakan lagi kepadanya," jika dimasak dengan sesuatu yang lain,?" Dia menjawab tidak apa-apa."

Semua itu agar orang-orang miskin dan para tetangga tidak perlu lagi repot-repot memasaknya jika daging aqiqah sudah dimasak.

Hal ini tentu akan menambahkan kebaikan dan rasa syukur atas nikmat anak, Sedangkan para tetangga anak-anak dan orang miskin pun dapat menikmatinya dengan nyaman tanpa dibebani macam-macam. 


Quote:



Selain itu, ragam makanan lain yang bisa dihidangkan untuk mengungkapkan kesyukuran aebaiknya dalam keadaan sudah dimasak juga, dalam tradisi Arab, ragam makanan yang dimaksud misalnya:

Qira: Hidangan makanan untuk tamu.
Ma'dubah: Jamuan untuk para undangan dalam suatu walimah.
Tuhfah: Bingkisan makanan untuk peziarah.
Walimah: Makanan dalam pesta perkimpoian.
Khurs: Makanan untuk mensyukuri kelahiran bayi.
Aqiqah: Sembelihan pada hari pencukuran rambut kepala bayi, yaitu pada hari ketujuh sejak kelahirannya.
Ghadirah: Makanan pada pesta khitanan. Naqiah: Makanan menyambut kedatangan orang yang pulang dari perjalanan.
Wakirah: Makanan sehabis membangun suatu bangunan.


sumur


Quote:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 5 lainnya memberi reputasi
sumpah jarang bet dapet pertamax. PERTAMAX emoticon-Ngacir Tubrukan
Emang daging aqiqah emang mantap, enak, disate paling enak tuhemoticon-Cool
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ooo begitu.. ane suka ambil satenya tuh kalau dapat nasi aqiqah.. sama kuah tongsengnya emoticon-Big Grin
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Kalau dikampung ane rata rata dibagikan sudah dimasak sih jarang dibagikan daging mentahannya
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
oohh jadi gituu, dari dulu emang belum pernah sih dapet aqiqah daging mentah gituu, mesti udah olahan, ternyata emang ada aturannya
Dimasak aka tinggal makan
nah, yang penting sesuai keadaan aja ya gan ebrarti, yang etrbaik untuk diri sendiri dan sekitar bagaimana
Kalau pada umumnya sih dalam suatu aqiqah itu pastiinyang dibagii adalah daging kambing yang sudah dimasak..kebanyakan masakannya adalah masakan gulai..
Jadi pengen makan kambing, rekomen sate kambing yg kagak prengus dimana yak daerah Jaksel? emoticon-Belo
ane kagak masalahh dpt yg gimane aje sih sbnrnyaa tp ntr kl dah punya anak sewaktu2 kaga jd perdebatan batin lg lah perkara inih mau kirim yg udah jadi masakan apa dagingnye doang. tp enakeun ngasi udh jadi si tinggal makan, masak tinggal masak jugakk
Pantes sekarang banyak pihak catering makanan yg nawarin paket aqiqah yaa.. Biar gak repot beli kambing trus motong sendiri dan masak sendiri.. Hehe
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lebih baik di masak
Gak masalah dapet yang kayak gimana. Asalkan yang ngasih ikhlas aku udah seneng banget. Cuma gak pernah sih dikasih daging kambing yang mentahan gitu. Biasa kalau tetangga ada yan aqiqahan pasti sudah dimasak dan lengkap dengan nasi dan lauk lainnya. Yang penting daging aqiqah nya diberi dengan kondisi terbaik yang bisa dikasih sama yang aqiqahan. Sekarang juga udah banyak tuh catering yang nawarin aqiqah
Sekarang sih udah simpel banget.. Udah banyak yg dibuat nasi kotak langsung, jadi tinggal dibagiin dan dinikmati aja deh


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di