CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bbrp Uskup Keberatan dgn Vaksin Covid Johnson n Johnson krn Berasal dr Janin Aborsi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60406dd8a1f81335696e8bd1/bbrp-uskup-keberatan-dgn-vaksin-covid-johnson-n-johnson-krn-berasal-dr-janin-aborsi

Bbrp Uskup Keberatan dgn Vaksin Covid Johnson n Johnson krn Berasal dr Janin Aborsi

Bbrp Uskup Keberatan dgn Vaksin Covid Johnson n Johnson krn Berasal dr Janin Aborsi
Gbr diambil dr Tempo.co

Membaca berita dari CNN.com hari ini, ada salah satu judul berita yang cukup menimbulkan keingin tahuan TS.

Judulnya :
"Some US bishops discourage Catholics from getting Johnson & Johnson vaccine if others are available"

Jadi seperti yang sudah kita ketahui, Johnson & Johnson menjadi perusahaan farmasi ketiga yang berhasil mendapatkan ijin dari FDA atau BPOM-nya Amerika, setelah sebelumnya terlebih dahulu disetujui vaksin covid-19 dari Moderna dan Pfizer.

Perlu diketahui agan-agan, bahwa vaksin Covid-19 buatan Johnson & Johnson ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dua vaksin sebelumnya.

1. Cukup satu kali vaksin (vaksin-vaksin Covid-19 yang lebih dahulu ada, umumnya perlu dua kali jadwal vaksin).
2. Bisa disimpan di suhu pendingin biasa. Hal ini tentu saja sangat memudahkan masalah distribusi dan penyimpanan, bandingkan coba dengan dua vaksin yang lebih dahulu disetujui pemerintah AS.
3. Masalah harga, vaksin buatan Johnson & Johnson itu juga tergolong jauh lebih murah dibandingkan dua vaksin sebelumnya (cek sumber referensi 2).

Lalu apa masalahnya hingga muncul "perdebatan"?

Yang menjadi masalah adalah dalam prosedur pembuatan-nya, vaksin covid 19 versi Johnson & Johnson ini, memanfaatkan sel-sel yang dikembangkan dari sel-sel yang berasal dari bakal bayi yang digugurkan/diaborsi di tahun 1980an.

Sehingga kemudian muncul semacam keprihatinan dari 6 uskup di Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa mereka menganggap ada masalah etika dan moral yang terlanggar, bagi mereka yang menggunakan vaksin keluaran Johnson & Johnson ini.

Padahal sebenarnya dari Katholik Roma sendiri, sudah muncul keputusan resmi dari Paus, bahwa tidak ada masalah moral bagi penganut/umat Katholik untuk menggunakan vaksin covid-19, termasuk bagi vaksin covid-19 yang dikembangkan-nya menggunakan sel-sel yang berasal dari sel-sel janin bayi yang digugurkan (sumber berita no 3).

Jadi yang digunakan bukan secara langsung adalah sel-sel bayi yang digugurkan itu sendiri, tapi sel-sel yang dikembangkan dari sel-sel yang diambil dari bayi yang digugurkan.

Kalau menurut agan-agan di sini bagaimana?

Apakah karena vaksin-nya itu dalam pengembangannya ternyata memakai sel-sel yang kalau ditelusuri akan berujung pada sel-sel milik janin-janin bayi yang digugurkan, maka secara moral kita tidak bisa menerima vaksin tersebut?

Atau, ya karena toh janin bayi itu sudah digugurkan sekian puluh tahun yang lalu. Sesuatu yang sudah tidak bisa diubah, justru pengembangan vaksin ini, seperti menghasilkan sesuatu dari apa yang sebelumnya di"buang"?

Kalau bukan dari sisi logika, mungkin dari sisi emosional bagaimana?

Sementara bagi TS sendiri yang Katholik, ini juga menimbulkan pertanyaan lain lagi, mengapa uskup-uskup di Amerika Serikat bisa mengeluarkan pernyataan yang bertentangan dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Paus Francis?

Ada apa ini?


Sumber berita :
1. https://edition.cnn.com/2021/03/03/h...ine/index.html
2. https://www.biospace.com/article/com...a-s-sputnik-v/
3. https://www.tempo.co/bbc/7748/covid-...n-hasil-aborsi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iau dan 33 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
gelar tiker
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kesampingkan dulu masalah janin yang puluhan tahun lalu digugurkan (daripada dibuang).

Namun, bahan baku pembuatannya sekarang apa ya? apa masih janin juga?

"Jadi yang digunakan bukan secara langsung adalah sel-sel bayi yang digugurkan itu sendiri, tapi sel-sel yang dikembangkan dari sel-sel yang diambil dari bayi yang digugurkan."

ini maksudnya gimana ya? apa artinya kedepan tidak perlu lagi sel-sel bayi yang digugurkan karena sudah ada sel "lain" yang bisa dikembangkan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tokiwa88 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 21 balasan
emoticon-Wow kalo gak suka gak usah vaksin ...... beres emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Dari karakteristik nya,
Tampaknya vaksin J&J ini cocok untuk Indonesia yang terkendala distribusi karena kondisi geografis dan storage nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tokiwa88 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
mau keberatan / nggak, yg penting pekwan duluemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalau ane adu kuat aja dah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lonelylontong memberi reputasi
serius itu bahan baku vaksin covid dari janin? emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Yg lain aja lah klo gitu...


Bata only
profile-picture
profile-picture
profile-picture
heiji000 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yaa gampang aja sih klo ga mau vaksin ya harus positif corana dulu baru ga divaksin. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
emoticon-Betty
Selama itu bisa menolong manusia dari kepunahan, sekalipun itu dari sampah atau kotoran atau barang hina atau bahkan pemberian setan sekalipun tetaplah harus digunakan.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Buat ane pribadi sih, kalau itu benar baku vaksinnya pake janin, tentu ga sesuai etika yang udah berlaku di masyarakat. Sesuatu yang bertentangan dengan apa yang hidup di masyarakat, selama itu positif, tentu akan bertentangan dengan prinsip ane.

Kalo ternyata Indonesia suatu saat beli vaksin dari J&J, ane pun sangsi mau pake vaksinnya. Kalo pake yang ada kandungan pig-nya? Mungkin masih ane pertimbangin karena ada unsur kedaruratan.

Ya bodoh amat lah kalo ada manusia edgy yang teriak-teriakin ane "halah onta kadrun goblok".

Seenggaknya ane ga maksain yang lain untuk ga make sih. Mau pake ya silahkan. Tapi jangan paksa ane untuk pake sesuatu yang ga sesuai dengan prinsip ane.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Ya udah, ga usah di beli fuck-sin nya

emoticon-Cool
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh dominique.id
Quote:


bingung gw sama isi otak pemuka agama

lantas masalahnya dimana?
wong mereka gunakan sel bayi yang bakalan di aborsi
dalam kasus ini malah bayi aborsi tahun 80-an

manusia yang mati, masih bisa berkonstribusi bagi manusia yang hidup
itu jauh lebih mulia
daripada yang masih hidup
bacot sana sini, halangin orang lain dapat kehidupan yang lebih baik

belajar lah dari pendemo Deng Jia Xi di myanmar
walau meninggal karena di tembak aparat
dia masih menyumbangkan organnya untuk yg masih hidup

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nielzone dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pasti2periode
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Coba bayangkan.. bahkan bayi yg gagal lahir pun dapet pahala dan berguna bagi kehidupan org lain.
Tp org2 beragama lbh suka bayi itu mati sia2 sptnya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cr55. dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Kalo ane pribadi enggak keberatan sih. Setidaknya cara berpikirnya begini. Ntu janin aborsi yg dibuang masih bisa bermanfaat bagi org lain, meskipun dibuang oleh ortunya. Toh udah banyak produk/ilmu kesehatan lainnya yg sering menggunakan jenazah.
profile-picture
profile-picture
Gailham dan lonelylontong memberi reputasi
kalo memang bener jonson2 parah bener yah, ibarat umpan pelet ikan yang terbuat dari tepung ikan.

terlepas dari itu semua, ane mencium politik perang dagang nih antar perusahaan farmasi yang lagi panen raya atas hasil tanamannya.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Dari pada cuma jadi pupuk

Lebih berharga jadi vaksin
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
babysitter89 dan 2 lainnya memberi reputasi
Silahkan baku hantam di angkringan jonson mobel lejen
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
itu janin puluhan tahun dipelihara gitu sama mereka? emoticon-Leh Uga
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Tapi itu 6 uskup di US doang yg keberatannya pun bkn menolak, cm kata2nya itu, "Kalau bisa memilih vaksin yg lain, lbh baik vaksin yg lain."

Sementara dr pucuk pimpinannya sendiri, itu pernyataan resmi-nya cukup jelas bahwa tdk ada masalah pelanggaran moral/etika jika umat menerima vaksin yg prosesnya spt itu.
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di