CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
3 Prinsip Kebaikan yang Tidak Boleh Kita Lupa Selama Hidup
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603fab1e6fdd6a7fe152f3f8/3-prinsip-kebaikan-yang-tidak-boleh-kita-lupa-selama-hidup

3 Prinsip Kebaikan yang Tidak Boleh Kita Lupa Selama Hidup

Prinsip Kebaikan
3 Prinsip Kebaikan yang Tidak Boleh Kita Lupa Selama Hidup

Kebaikan merupakan sumber ajaran yang diperoleh oleh manusia dari manusia lain yang menjadi sebuah dasar dalam hidup. Agar dapat memahami makna dalam hidup bersama dengan satu manusia bersama manusia lain. Memaknai ajaran untuk; mengasihi dan menghormati.

Siapa diantara kita yang tidak ingin melakukan hal baik dalam hidupnya? Tentu saja, semua orang menginginkan hal itu harus dia lakukan. Mengapa demikian orang harus melakukan hal itu? Pertanyaan yang sampai pada hari ini tentu kita masih mendengarkannya.

Salah satu contoh; seseorang sedang berjalan di tengah kota yang ramai, kemudian kebetulan saja dia berpapasan dengan seorang dengan kondisi fisik yang terbilang cukup memprihatinkan, matanya kehilangan pengelihatan secara normal, lantas demikian orang tersebut langsung menolongnya untuk melewati keramaiaan itu. Menjadi pertanyaan, apakah perilaku itu berdasarkan pemaksaan atau permintaan dari orang yang kehilangan pengelihatan tersebut? Tentu tidak. Maka, inilah kemudian disebut sebagai kebaikan yang dilakukan terhadap sesama manusia, tanpa memandang siapa dia bagi diri kita. Dan masih banyak contoh yang lainnya dalam hidup ini.

Sentral kehidupan manusia pada umumnya, hanyalah bagaimana dia dapat melakukan hal baik dalam dirinya dan terhadap orang lain, sebab, kebaikan merupakan harapan paling universal dalam diri setiap orang. Jika ingin menjadi orang yang dikenal akan kebaikan, maka, lakukan hal yang mencerminkan nilai-nilai kebaikan. Tanpa membutuhkan pengakuan oleh orang lain terhadap diri kita.

Dengan Demikian, Simaklah Prinsip Kebaikan Dalam Diri Manusia yang Merupakan Dorongan Dari Dalam Dirinya berikut ini:

1. Kebaikan yang merupakan tradisi
3 Prinsip Kebaikan yang Tidak Boleh Kita Lupa Selama Hidup

Pilihan untuk menjadi baik atau sebaliknya, merupakan rahasia hidup masing-masing orang. Namun, pada dasarnya kebaikan itu sudah murni dibentuk sejak lahir oleh keluarga, maka, kapan dan di mana pun tempatnya orang itu akan terus berlaku baik kepada semua orang. Dia tidak akan mebutuhkan sebuah hormat dari orang lain untuk dirinya, sebab yang dia lakukan merupakan cerminan dari tradisi keluarganya sendiri.

2. Kebaikan memberikan kita tujuan hidup
3 Prinsip Kebaikan yang Tidak Boleh Kita Lupa Selama Hidup

Sadar atau pun tidak, ketika kebaikan selalu kita perbuat demi orang lain dengan ketulusan hati, lambat laun rezeki pun selalu mampir dalam hidup kita, dengan ceritanya yang berbeda-beda. Orang baik tentu hidupnya selalu dilimpahkan rezeki, sebab dari tangannya dia selalu membantu orang lain. Itulah iman sesungguhnya dalam diri kita sebagai manusia.

Kebaikan yang kita perbuat, mampu menghantarkan kita pada beberapa aspek hidup yang jelas, misalnya profesi kita sebagai petugas medis, dan kita mampu melayani setiap orang demi kesembuhan mereka dengan penuh cinta, maka itu sudah mencerminkan bahwa kebaikan kita sudah menghantarkan kita pada kejelasan hidup. Karena orang mengingat ketulusan pelayanan kita. Dan masih banyak lagi kebaikan-kebaikan yang tidak dapat kita sampaikan secara terperinci.


3. Kebaikan itu dapat membantu orang lain
3 Prinsip Kebaikan yang Tidak Boleh Kita Lupa Selama Hidup

Bukan lagi hal baru bagi kebaikan, jika bukan tujuan kita berbuat baik hanyalah kepada kita sesama manusia. Menolong orang, memberi dan menerima merupakan satu kesatuan yang melekat dalam sifat kebaikan.

Kebaikan mampu meberikan kita rasa syukur dalam hati yang paling mendasar, meningkatkan rasa kepeduliaan kita kepada orang lain. Yang kebetulan saja berada dalam masa kekurangan.

Kebaikan itu modal paling sederhana untuk kita dikenal dan dihargai, bukan karena kita menginginkan hal itu, tetapi itulah balasan atas kebaikan diri kita pada orang lain. Tidak harus memberi banyak kepada orang lain, baru kita merasa bahwa kita sudah melakukan kebaikan, tetapi sekecil apapun kita sudah memberi dari kepunyaan kita, maka kebaikan sesungguhnya adalah: DEMIKIAN.


Sumber Gambar : unsplash.com
UPG/ 31’1020
Ditulis oleh: @hugomaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekatse dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hugomaran
Prinsip kebaikan
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Jancuk056 memberi reputasi
Sahabat kaskus apa kabar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manofgod77 dan 2 lainnya memberi reputasi
Jangan lupa bagikan saran pikirannya....
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Jancuk056 memberi reputasi
Wah suka sekali ama thread ini
Menyejukkan jiwa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Waah die hadir lagi emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Setujuh banget sama Adik satu inih

emoticon-2 Jempol
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Prinsip kebaikan

-berbuat baik tnpa pandang background
-berbuat baik tanpa mengharap imbalan
-berbuat baik meski dianggap tdk baik

profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kebaikan itu membuat kita hidup.
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ketika kita berbuat baik namun terkadang si penerima kebaikan kita justru berprasangka tidak baik kepada kita.
Maka tetaplah berbuat baik hiraukan opini negatif tentang kebaikan yg kita sudah berikan
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mantap thread nya, buat yang lagi ngerasa udah berbuat kebaikan sama orang lain tapi tanggapannya gak sesuai dengan hati kita, baca thread ini jadi bikin tenang, dan gapapa, kita udah berusaha yang terbaik emoticon-Smilie
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kebaikan adalah kepuasan batin
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Trit kebaikan kok sepi?

Fix : kaskuser jahat

Atau kata baik disitu hasil sensor?
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nice thread.. kalau berbuat baik sama orang pasti nanti kita juga terima kebaikan yang lebih banyak
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Biasakan berbuat kebaikan kepada sesama dengan tulus, pasti bikin tenang
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
nah bener, kalau semua orang melakukan ini, wah bisa bisa dunia dalam keadaan damai sentosa sejahtera
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane setuju nih.. Kalau kita berbuat baik ntar juga balik ke kita sendiri.. Bisa dapet rejeki dari arah yang tak terduga
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jangan lupa selalu berbuat baik sekecil apapun itu
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di