CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jogja Kota Hujan Es, "Dibikin Es Teh Seger, Tuh"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603f49e11630502d4654fee9/jogja-kota-hujan-es-quotdibikin-es-teh-seger-tuhquot

Jogja Kota Hujan Es, "Dibikin Es Teh Seger, Tuh"

Sepagi tadi, cuaca panas menyengat. Namun, sesudah adzan Dhuhur, kota Jogja mulai meredup. Sinar mentari mulai hilang, pekat merajai langit. Saat ane lagi rebahan di lincak depan rumah, tetiba hujan deras mengguyur dan mengenai muka. Otomatis ane langsung masuk rumah. Belum lama di dalam rumah, terdengar teriakan tetangga. "Hujan es, hujan es!" Tak lama, terdengar suara berisik di atas seng, seperti dilemoari batu. Ane keluar, dan ... hey, benar, ini hujan es!

Halo Agan Sista, jumpa lagi dengan ane, Mayya Rossa, penyaji thread inspiratif dan informatif. Kali ini ane akan bahas salah satu fenomena alam, yaitu hujan es.

Jogja Kota Hujan Es, "Dibikin Es Teh Seger, Tuh"
hujan es dimulai sekitar pukul 13.10

Siang ini, di Jogja memang terjadi sebuah fenomena langka, yaitu hujan es. Ane sendiri, seumur hidup baru kali ini mengalaminya. Pas kapan hari itu juga terjadi hal serupa di Turi, Sleman.

Di sebelah rumah ane, ada kamar mandi dan sumur umum yang beratapkan seng. Makanya, tadi begitu denger "klontang-klontang" ane ama suamik langsung keluar rumah. Suaranya ngeri bener, GanSist.


{thread_title}

hujan ane rekam di depan rumah

Hujan es terjadi sekitar 10 atau 15 menit. Ane malah jadinya di luar rumah untuk ngelihat fenomena langka itu. Norak? Ndeso? Biarin dah. Ane baru liat sekali ane. Selalu ada (wow) yang pertama 'kan? (Minjem kata-kata sese-agan)

Ane pun sempet mengabadikan momen langka tersebut. Tadi, begitu terjadi hujan es, ane langsung post di story WA. Dan most koment di story ane adalah,"Dibikin es teh enak itu, Sist."

Jogja Kota Hujan Es, "Dibikin Es Teh Seger, Tuh"
beberapa komentar balasan story WA

Nah loh. Ujan-ujan, dingin, suruh bikin es teh. Kenapa gak teh jahe atau kopi jahe anget aja sihh?

Lalu, bagaimanakah hujan es ini bisa terjadi, bahkan di negara beriklim tropis?

Hujan es atau disebut juga hail ini terjadi karena adanya kondensasi uap air yang sangat dingin di atmosfer pada lapisan di atas titik beku. Awan yang bersuhu di bawah nol derajat celcius, maka akan sangat mungkin membentuk inti es.

Jogja Kota Hujan Es, "Dibikin Es Teh Seger, Tuh"
mayan gede kan, Gansist

Hujan es ini diawali dengan adanya awan cumulonimbus, yaitu awan hitam pekat yang biasanya berbentuk seperti bunga kol. Tadi pun cuaca hitam pekat. Ane pikir malah akan terjadi hujan angin seperti di perbatasan Jogja-Magelang kemarin siang. Ternyata, malah hujan es.

Pada hari sebelumnya, biasanya cuaca terasa panas dan gerah. Dan ini beneran, Gansist, kemarin seharian emang rasanya gerah banget. Semalem sempat mendung, tapi gak hujan.

Oke Gansist, sekian aja kabar dari ane. Alhamdulillah, hujan es kali ini tak berdampak apa pun. Selalu jaga diri di masa pandemi, tetap sehat dan bahagia.

Jogja, 3 Maret 2021

Dari ane, yang baru pertama kali ini lihat fenomena hujan es.

Sumber:
- Dokumentasi pribadi
- Di sini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
Es Lemon aja
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane Otw bawa pope ice, marjan, marimas 😂
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan dalledalminto memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wuihhh, beneran udan es
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
wkwkwk dah di post aja di kaskus
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

user kaskus semakin terdepan

emoticon-Ngakak

kapan lagi dapat cuan

emoticon-Betty
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
wah pantes sekarang anginnya kerasa adem bener
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wah kalo diwarteg ga usah pesen es teh tuh.. tinggal pungut es nya didepan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
mayyarossa dan kevinpo12 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wahh jadi penasaran nihh emoticon-Matabelo

soale tempat ane ga ujan'e tadi siangemoticon-Ngakak
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
lah iya beneran gede banget itu? dulu di bandung pernah juga tuh hujan es. seru sih idenya, bikin teh langsung nadah aja dibawah hujan emoticon-Ngakak
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalo ane sih agak sangsi kalo dikonsumsi.. walaupun kalo yang jatuh dari langit (gak ke genteng dulu) harusnya lebih pure yak?? emoticon-Bingung
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mayan gedhe ya esnya, auto puyeng tuh kalau nimpa kepala
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nggumunan
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Menarik sekali hujan es di jogja, dan ini merupakan kejadian yang banyak terjadi. Maka penting untuk mengetahui apa yang terjadi dan kita berada di waktu yang akhir. Kalau dibuat es teh tampaknya juga tidak segar karena cuaca tentu saja dingin saat hujan es.
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ga coba dikumpulin, trus masukin gelas emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
mayyarossa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa gak sekalian mandi hujan ?
emoticon-Leh Uga
Kemaren temen ane yg di Jogja juga bikin story hujan es gan, suaranya keras banget
Itu es kalo dikosusmi bahaya ga ya?


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di