CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sumbu Pendek Merapat! Kenapa Sih Masyarakat Sekarang Mudah Tersulut Emosi?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603ef078721d293b014cedb3/sumbu-pendek-merapat-kenapa-sih-masyarakat-sekarang-mudah-tersulut-emosi

Sumbu Pendek Merapat! Kenapa Sih Masyarakat Sekarang Mudah Tersulut Emosi?


Istilah sumbu pendek pasti sudah tidak asing lagi di telinga GanSist, ini adalah perumpaan bagi mereka yang mudah tersulut emosinya. Sumbu pendek ini bukan hanya baper loh, GanSist, ini lebih bar-bar lagi berujung anarkis. Sumbu pendek ini dipenuhi oleh amarah, segala cara digunakan untuk meluapkan emosinya. Tak peduli dengan perasaan orang lain, penting hati puas.

Ibarat sebuah petasan yang memiliki sumbu, makin pendek sumbunya maka tidak ada waktu untuk berpikir jernih, sehingga petasan akan cepat meledak. Beda halnya dengan petasan yang bersumbu panjang, maka akan ada waktu berpikir sebelum meledak. Istilah inilah yang dijadikan acuan buat masyarakat yang mudah tersulut emosi tanpa mau terlebih dahulu mencari kebenarannya. Maka, jangan heran jika media sosial selalu riuh dan ricuh karena media sosial tempat menjamurnya berita-berita hoax.
Sumbu Pendek Merapat! Kenapa Sih Masyarakat Sekarang Mudah Tersulut Emosi?
sumber
Masyarakat sekarang banyak yang bertindak di luar nalar, baik di media sosial maupun di dunia nyata. Di media sosial kita ambil contoh akan terjadi adu bacot, adu argumen yang tak berdasar, hingga berujung rasis.

Sedangkan di dunia nyata tak jarang kita temui maling yang tertangkap basah, dikeroyok, dihajar massa, hingga berakhir pembakaran. Tak ada sedikit pun empati di sana. Di mana ada yang dengan sukarela dan semangat 45 mengabadikan kejadian tersebut lewat jepretan atau rekaman video di ponselnya. Meskipun ada yang berpikir waras, ia akan kalah oleh jumlah, dan berujung pasrah, tak bisa berbuat apa-apa. Ada juga supporter bola yang bertindak anarkis terhadap supporter lainnya yang berujung kematian. Hanya karena beda pilihan, loh, GanSist. Miris, tapi itulah realita yang sering kita jumpai.

Masyarakat sumbu pendek ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor.

1. Pendidikan

Pendidikan agama, moral, hingga pendidikan akademik. Pendidikan agama sudah pasti itu merupakan pondasi utama sebagai makhluk sosial. Di mana ia harus bisa membedakan baik buruknya perbuatan dan akibat yang akan ditanggungnya jika melanggar. Pendidikan moral dan prilaku juga berperan penting dalam membentuk pribadi seseorang. Sedang pendidikan akademik bisa menentukan pola pikir seseorang. Bukan berarti orang dengan pendidikan akademik rendah maka pola pikirnya juga sama, bukan. Ambil contoh, orang yang dengan pendidikan akademik paling engga sedikit banyak taulah tentang hukum asas praduga tak bersalah. Namun, itu kembali lagi ke oknumnya sih.

2. Tekanan Ekonomi

Kehidupan tetap harus berjalan, suka atau tidak suka dengan beban hidup yang ditanggung. Kesulitan ekonomi banyak membuat orang-orang mengambil jalan yang salah dan berakibat fatal. Kebutuhan pangan, bayar kontrakan, bayar listrik, tagihan sekolah, dan tetek bengek lainnya yang kadang membuat napas seketika sesak memikirkannya. Stres pasti! Maka ketika ada momen untuk melampiaskannya, tanpa pikir panjang akan diluapkan semua amarahnya.

3. Lingkungan

Ruang lingkup seseorang sedikit banyak mempengaruhi kehidupan seseorang. Yang paling berperan penting adalah lingkungan keluarga. Ajarkan sejak dini tentang kasih sayang terhadap sesama, menghormati orang lain, berempati dengan orang lain, dan juga tidak memaksakan kehendak. Banyak orang tua yang sadar atau tidak telah menjerumuskan anak-anaknya ke arah negatip. Misal, ketika sang anak meminta sesuatu apalagi jika sudah mengamuk, maka dengan sekuat tenaga orangtua akan mengabulkannya. Semua permintaan terpenuhi, jika tidak anak akan tantrum. Bibit-bibit sumbu pendek sudah tertanam sejak dini.

Mungkin GanSist punya pendapat lainnya? Tetap santuy dalam berpendapatemoticon-terimakasih

Ane pamit undur diri, jumpa lagi di thread ane selanjutnya. Tetap semangat dan bahagia selalu

Sumbu Pendek Merapat! Kenapa Sih Masyarakat Sekarang Mudah Tersulut Emosi?


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iissuwandi
Halaman 1 dari 4
Karena keimanan jg gan, lemah iman bisa membuat cepat meledak emoticon-Hammer2
Maka dari itu pertebal keimanan agar terhindar dari godaan setan2 emoticon-Cool
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Karena sumbunya ora dawa mamakeee
profile-picture
profile-picture
dhyno49 dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
benar menurut lu belum tentu benar bagi orang lain, maka itu butuh prespektif = sudut pandang, jika suatu kasus gak mengunakan prespektif sebagai pemecahan masalahmaka ujung2nya gak ada win2 solution
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Diubah oleh santaikalus
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
karena masih menganut asas Pegimana Nanti yg penting lawan dulu walaupun salah....
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
No 1 yang paling berpengaruh.
Paling keliatan tuh di grup2 sosmed.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Otewe nebelin iman 😭😭😭
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mungkin pemicunya dari lingkungan juga kali ya gan? klo lingkungannya sering pada marah2 otomatis dia juga jadi cepet marah emoticon-Big Grin

cmiiw
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau di generalisir, semua karena miskin..
Diubah oleh Zhendong.Wanmei
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Woi kadrun2 ditanya ama ts
profile-picture
profile-picture
profile-picture
private13 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Motif utama untuk menjadi sumbu pendek adalah faktor EKONOMI, apabila EKONOMI mereka terjamin, saya berani jamin mereka tidak akan pernah gampang tersulut dengan cepat, karena ada yg jauh lebih penting yg harus diurus, contohnya keluarga, anak ,istri, dan pekerjaan mereka sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rinka17 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Mungkin karna kebanyakan Micin kalik

emoticon-Ngakak
karena terbiasa malas baca,,,,,, akhirnya jadi malas mikir.......


tulisan lepas alas kaki depan congor aje ga dibaca tetap aja nyelonong pake alas kaki... emoticon-Ngacir

profile-picture
Gurke memberi reputasi
Kalo orang dulu makannya roti sumbu, Gan. Meskipun begitu gak mudah tersulut. Buktinya dulu bangsa kita disebut bangsa yang ramah. Tapi seiring waktu keramahan mulai punah, kek hutan rimba yang juga mulai punah. 😭
profile-picture
profile-picture
bingsunyata dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Krn materai masih murah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucinkx dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kata2 TS di poin pertama ini bisa ane baca "paling nggak tau" atau juga "paling nggak, tau" why not use seenggaknya? emoticon-Ngacir
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
karena eh karena, kurang piknik emoticon-Big Grin
Kurang piknik
kebanyakan makan garam jadi darah naik emosi ikut naikemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Ane rasa no 2 itu cukup besar efeknya.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
1. karena kelebihan duit orang bisa menhina sambil nyantaidan
ngeflay...orang banyak duit mah bebas...ekspresi...kadang dia lupa
apa yg dia ucapkan tadi .......kek kalean2emoticon-Wakaka
2. karena banyak kekurangan.....alias orang yg gk ada duit sudah pasti
menyalahakan....ujungnya2 menghina tipe kek gini siap tempur ato
siap balas balik dengan argumenya


jadi persolaanya ada di serba kelebihan dan serba kekurangan

mending jade poros tengah aja dah damai
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di