CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Hidup di Desa Atau di Kota? Kegiatan Ini Sering Dilakukan Saat Tinggal di Pedesaan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603ecbe58b76876e8f200d7d/hidup-di-desa-atau-di-kota-kegiatan-ini-sering-dilakukan-saat-tinggal-di-pedesaan

Hidup di Desa Atau di Kota? Kegiatan Ini Sering Dilakukan Saat Tinggal di Pedesaan!

Hidup di Desa Atau di Kota? Kegiatan Ini Sering Dilakukan Saat Tinggal di Pedesaan!

Apakah kehidupan kota lebih menarik jika dibandingkan dengan pedesaan?
Agan dan Sista wajib tahu beberapa kegiatan dan aktifitas masyarakat pedesaan ini!


Hidup di kota atau di desa?
Mungkin jika pertanyaannya seperti itu, setiap orang akan memiliki jawaban dan alasan yang berbeda-beda ya GanSis.
Tentu saja kehidupan di desa dan di kota sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda akan hal tersebut!

Ada orang yang memilih untuk tinggal di pedesaan karena memang nyaman dengan suasana desa yang belum terlalu ramai dan jarang polusi udara.
Dan ada pula orang yang lebih memilih untuk tinggal di kota karena memang menyukai keramaian hiruk pikuk suasana kota, dan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan serta akses fasilitas umum yang memadai!

Di balik kelebihan dan kekurangan kehidupan di desa dan di kota, ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan di pedesaan namun jarang ditemukan di perkotaan.
Bagi mereka yang tinggal di kota dan dulu berasal dari desa, sering kali aktifitas dan kegiatan ini sangat mereka rindukan dan ingin mereka ulang kembali. Namun karena di kota kegiatan tersebut sangat jarang atau bahkan tidak mungkin untuk dilakukan, maka mereka hanya menyimpan rapat kenangan tanpa dapat lagi melakukannya!

Apa saja sih kegiatan yang sering dilakukan di pedesaan namun jarang ditemui di perkotaan?
Monggo simak di bawah!
emoticon-Monggo


Quote:


1. Berkebun
Kegiatan berkebun, mungkin di kota masih dapat dilakukan meskipun hanya dengan sistem hidroponik.
Namun berkebun di desa memiliki suasana yang berbeda karena langsung di lakukan di perkebunan atau ladang yang cukup luas dan asri.
Mungkin Agan dan Sista yang dulu tinggal di desa dan sekarang pindah di kota, pernah merasakan betapa nikmatnya makan sarapan dan makan siang di lahan perkebunan bersama keluarga atau pekerja yang lain.
Rasa kekeluargaan inilah yang menambah rasa istimewanya berkebun ala pedesaan!

Quote:

2. Gotong Royong
Sebenarnya gotong royong ini tidak hanya dilakukan di pedesaan ya GanSis.
Namun di perkotaan juga jarang dilakukan!
Biasanya masyarakat kota lebih memilih untuk membayar uang kebersihan untuk menyewa pekerja karena kesibukan, namun di desa hal tersebut tidak berlaku.
Di desa masyarakat sangat menjunjung tinggi rasa gotong royong, mereka akan mengadakan gotong royong kerja bakti setiap satu minggu sekali tepatnya setelah shalat Jum'at!
Canda tawa bapak-bapak saat gotong royong ini juga menjadi suasana yang sangat menarik dan penuh rasa kekeluargaan GanSis. Gotong royong selain untuk kemaslahatan masyarakat juga untuk menyambung silaturahmi antar warga.

Quote:

3. Menikmati Kesunyian
Bagaimana cara untuk menikmati kesunyian di kota yang super ramai dan riuh?
Mungkin hanya dapat dilakukan dengan berdiam diri di kamar, menyewa hotel atau menyewa tempat yang benar-benar kedap udara. Itu pun nampaknya belum benar-benar sunyi dan tidak ada kesan yang kita dapatkan dari kesunyian!

Di desa untuk mendapatkan kesunyian itu gampang GanSis. Selain memang karena pedesaan itu cenderung sepi dan tidak terlalu banyak penduduknya, di sini menikmati kesunyian benar-benar dapat menikmati rasa sunyi.

Quote:

4. Beternak
Bagi mereka yang mempunyai hobi beternak, baik itu ayam, kambing, sapi, domba, atau yang lainnya. Di pedesaan adalah tempat yang paling cocok GanSis.
Masih banyak lahan kosong, banyak pakan yang tersedia, dan tidak mengganggu tetangga.
Di kota masih dapat dilakukan sih beternak, namun untuk orang yang tidak mempunyai lahan luas, mereka harus menahan untuk memelihara hewan ternak. Pastinya juga akan menggangu kenyamanan lingkungan sekitar kan GanSis, karena lingkungan antar rumah sangat berdekatan!

Quote:

5. Sedekah Bumi
Nah ini sih pesta rakyat untuk syukuran panen raya GanSis.
Sedekah bumi biasanya dilakukan setelah musim panen, diadakan secara beramai-ramai seluruh masyarakat dengan membuat tumpengan dan makan bersama.
Kegiatan ini sangat asyik dan seru loh, mungkin GanSis pernah ikut merayakan sedekah bumi?


Quote:


Nah itulah tadi GanSis beberapa kegiatan yang serimg dilakukan di pedesaan namun jarang dapat dilakukan di daerah perkotaan.
Sebenarnya dari kegiatan-kegiatan tersebut ada beberapa hal baik yang dapat kita ambil GanSis. Yaitu rasa kekeluargaan, menjaga kelestarian alam, saling menghormati perbedaan, silaturahmi dan beberapa hal positif lainnya!

Bukan berarti yang di kota tidak melakukan hal positif ya GanSis.
Hanya saja memang masyarakat yang tinggal di kota, hanya memiliki sedikit waktu untuk berbaur dengan masyarakat sekitar dan juga situasi kota sendiri yang tidak memungkinkan untuk melakukan hal-hal di atas.

Oke, itulah thread yang membahas tentang pedesaan hari ini.
Semoga bermanfaat dan see you


Quote:


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar: Dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rifaye dan 8 lainnya memberi reputasi
Tinggal di desa yg ada sinyal dan jalan nya udah mulai bagus
hidup di desa sih idaman ane gan..maklum cita2 ane punya peternakan yang seperti film The Biggest Little Farm emoticon-Smilie
Wow. Jadi kangen kampung, Jadi pengen nyebur ke kali di kampung (alm) nyokap ane. (Cuma takut banyak buayanya skr emoticon-Takut)

Hidup di Desa Atau di Kota? Kegiatan Ini Sering Dilakukan Saat Tinggal di Pedesaan!
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh leighkurgnovan
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:

emoticon-Matabelo iya gan, ane seneng banget juga berkebun

Quote:

emoticon-Ngakak bentar lagi gan, lebaran

Quote:

emoticon-Matabelo hok o gan, kalau di kota gak ada kang gosip semua kerja
Tinggal didesa pasti nyaman asal tidak punya tetangga resek yang suka gosip.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
wah jadi pengen mudik emoticon-Malu

profile-picture
masnukho memberi reputasi
hidup di desa yg dekat kota 😂

di desa itu seru. Makanan tidak semua harus beli. bisa nanem sendiri kalau punya kebun. Kalau di kota serba beli. tapi untuk transaksi ini itu sangat mudah. BTW, berkebun emang paling oke deh buat ane
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Sedekah bumi ya?

Good times.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

emoticon-Ngakak owh iyo, akeh yo
Nyolong mangga

Quote:

emoticon-Ngakak kenangan masa lalu

Quote:

emoticon-Matabelo gitu juga keren
Klo saya mending tinggal di kota, dan cari hiburan ke pedesaan/pegunungan/pantai.

CMIIW
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Wkakakkaka nek mbengi njimpit ronda sambi hunting buah nggon tanggane skakkakaa
profile-picture
masnukho memberi reputasi
repek suluh Gan,
ngarit suket, nyolongi buah2an gone tanggane
urek2 welut, lah akeh pokoke emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Threadnya bikin rindu kampung halaman ganemoticon-Matabelo

Ane sendiri sih, sebenarnya ada keinginan untuk kembali ke desa, tapi apa daya kewajiban mengharuskan untuk menetap di kota
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Wah, sedekah buminya meriah banget kayaknya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
emoticon-Matabelo siapa yang rindu wayangan di lapangan
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan nowbitool memberi reputasi
emoticon-2 Jempol keren kan GanSis
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di