CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603e6df2067c8469eb3e295d/cara-mudah-mencangkok-tanaman-buah-delima-supaya-cepat-tumbuh-akar

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar


Kaskus DeYudi69 - Tanaman sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Selain sebagai penghasil oksigen (O2), banyak juga tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat alami.

Salah satu tanaman yang berkhasiat obat adalah tanaman delima, tanaman ini kaya akan kandungan zat antioksidannya. Yang pernah ane lihat secara langsung, tanaman delima memiliki 3 jenis, yaitu delima putih, delima merah dan juga delima hitam.

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Dalam thread kali ini ane akan membagikan tutorial cara mudah mengembangbiakkan atau memperbanyak tanaman buah delima.

Tanaman ini dapat kita kembangbiakkan dengan cara menanam bijinya atau dengan melakukan pencangkokan. Bila kita menanam bijinya, maka pilihlah buah delima yang sudah benar-benar matang, biasanya ditandai dengan kulit buahnya yang pecah seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Biji delimanya kita ambil, kemudian kita jemur di bawah terik matahari minimal selama 2 jam dan maksimal 6 sampai 8 jam saja, tujuannya untuk mengurangi kadar air di dalam biji delima supaya ketika disemai pada tanah bijinya tidak mudah busuk.

Dibandingkan dengan cara menanam bijinya, ane lebih suka memperbanyak tanaman buah delima ini dengan cara dicangkok, karena tanaman hasil pencangkokan memiliki beberapa kelebihan diantaranya, tidak terlalu tinggi, dan dapat berbuah walaupun pohonnya masih kecil. Sedangkan bila menanam bijinya kita harus menunggu sampai 2 tahun lamannya supaya tanaman delima kita mampu menghasilkan buah.

Nah, ada pun alat dan bahan yang diperlukan dalam pencangkokan ini antara lain :

1. Gunting Tanaman

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

2. Cutter

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

3. Tali Rafia

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

4. Plastik Bening Isian 1 KG

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Potong plastik menjadi seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

5. Bawang Merah

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buat Keratan pada Batang Delima

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Pilihlah batang tanaman delima yang memiliki diameter 1 sampai 2 cm.
Alat yang kita pergunakan untuk membuat keratan ini adalah gunting pemotong tanaman, kita buat 2 buah keratan melingkar pada batang tanaman delima yang berjarak kurang lebih 5 sampai 7 cm.

2. Buat Cangkokan dengan Cutter

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Setelah selesai dikerat, langkah selanjutnya kita membuat cangkokan. Secara otomatis panjang cangkokan ini akan mengikuti jarak keratan yang kita buat di awal.

3. Kerik Lapisan Kambium pada Batang Delima

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Dengan mengerik lapisan kambium pada batang delima, bertujuan supaya tidak tumbuh lapisan kulit pada kayunya, yang mana bila ditumbuhi kulit kayu, maka proses pencangkokan kita akan gagal.

4. Oleskan Bawang Merah pada Batang yang Dicangkok

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Penggunaan bawang merah disini, bertujuan supaya batang yang kita cangkok lebih cepat tumbuh akar, karena dalam bawang merah mengandung zat yang dapat mempercepat pertumbuhan akar. Oleskan bawang merah pada setiap ujung batang yang dicangkok, karena dari situlah akan tumbuh akar.

5. Ikat Plastik Bening Ukuran 1 Kg pada Batang Delima

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Gunakan tali rafia untuk mengikat kedua ujung plastik bening pada batang delima. Kemudian isi plastik tersebut dengan tanah humus seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

6. Ikat Plastik yang Sudah Penuh Berisi Tanah dengan Tali Rafia

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Setelah terisi penuh dengan tanah maka ikat plastiknya dengan beberapa kali ikatan menggunakan tali rafia seperti pada gambar di atas.

Tips dari ane, sebaiknya kita melakukan pencangkokan ini di musim penghujan, karena tingkat keberhasilannya akan lebih tinggi di musim penghujan.

Setelah menunggu selama 1,5 bulan, hasilnya seperti pada gambar di bawah ini Gan-Sist. Sudah mulai keluar akar dan sudah bisa dipotong batang di bagian bawah plastik cangkokannya, kemudian dapat ditanam pada polibag, planterbag, atau pun ditaman secara langsung pada lahan yang sudah disiapkan.

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Spoiler for video lengkap cara mencangkok delima:


Spoiler for Delima Hasil Cangkok:


Terima kasih sudah membaca thread ane kali ini, semoga bisa bermanfaat ya. Sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Penulis : DeYudi69

Sumber referensi : opini pribadi
Sumber gambar : dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan fanya06 memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Reserved
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan fanya06 memberi reputasi
nais bgt impohnya gan emoticon-2 Jempol
ntar buahnya "merah delima" yg sakti madraguna itu bukan gan emoticon-Hammer2
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wahh mayan ni blajar nanememoticon-Leh Uga
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Belajar bercocok tanam nih.
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan wahyubarker memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Waktu sd dulu ada praktek mencangkok. Usah lamaa bener ga cangkok tanaman
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Makan buah delima sambil milah2 bijinya dalam mulut emoticon-Ngakak
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Mantep ente bre emoticon-Smilie
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nyimak
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Thanks for sharing
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waa tengkyu tipsnya. Jadi pengen nanam delima inii maah
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Cangkok bisa jadi solusi aih cuma lama nunggunya sampe berbulan2 untuk nunggu akarnya cukup. Btw ane baru paham loh klo dikasih bawang merah ke batang yg kita cangkok bisa membantu pertumbuhan akar. Biasanya asal langsung dikasih tanah aja udah wkwk
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wah nais info.. ane pernah coba nyangkok taneman tapi gak berhasil. gak numbuh2 wkwkw emoticon-Ngakak
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Sepertinya mudah,coba ahh.nice share om
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau yang baru pertama emang kayaknya susah banget ya gan haha takut salah
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Buah ngidam nya ibu hamil
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wahh baru tau kalo dikasih bawang merah bisa membantu pertumbuhan akar emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hai, you apa kabar Bli, mantap tritnya
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan DeYudi69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Threadnya buagus banget, maafkan aku nggak bisa vote😭😭😭


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di