CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jika Kasta Menjadi Ukuran, Pantaskah Berkata Cinta?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603e561ebdaad256257fa91a/jika-kasta-menjadi-ukuran-pantaskah-berkata-cinta

Jika Kasta Menjadi Ukuran, Pantaskah Berkata Cinta?

Hai Gan, Hai Sist.
Jumpa kembali dengan ane dimari. Kalau kata orang Medan Songon Dia Baritana? apa kabar? Sararehat sadayana? Alhamdulillah.

Wilujeung Pateupang deui, mugia urang sadayana aya dina ginanjar kawilujeungan. Aamiin.




Mencintai atau dicintai adalah anugrah yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Rasa yang tak pernah ternilai harganya dari zaman Adam dan Hawa sampai pada kita yang hidup di zaman serba milenial ini.

Namun tak jarang pula, ada rasa yang tak terbalas, ada juga yang berbalas tapi gak bisa bersatu lantaran beberapa hal perbedaan.
Berbeda kepercayaan atau kasta yang tak sepadan.

Pengalaman pahit seperti itu, hampir seluruh manusia di muka bumi ini mengalaminya. Dari orang biasa, sampai orang-orang yang tak biasa. Bahkan beberapa penyair pun pernah menuliskannya lewat karya puisi, salah satunya Chairil Anwar, yang berjudul Tak Sepadan. Penyair angkatan 45 ini pernah galau lantaran cinta yang tak terbalas, pernah merasakan pahit dan sakitnya luka hati yang tiada terkira.


Perbedaan agama masihlah boleh dibilang hal yang biasa, tergantung mau bagaimana dan seperti apa kita mengambil keputusan, ikut kepercayaan pasangan, atau berhenti menjalin hubungan.

Spoiler for :


Tapi, apakah perbedaan kasta harus menjadi salah satu putusnya sebuah hubungan? Itu perlu direnungkan. Sebab tak jarang banyak ditemui hal demikian, bahkan ane sendiri pun pernah mengalaminya.

Mungkin, sebagai orang tua. Ingin jika anak-anaknya bisa bahagia dengan pasangan yang sepadan, apalagi si anak ini bertitle dan terpelajar. Atau barangkali agan dan sista yang berkriteria ingin mendapatkan seorang pendamping yang sepadan dan menyepelekan orang-orang yang hidup dibawah garis kemiskinan.

Padahal, yang membedakan setiap manusia dengan manusia lainnya bukanlah harta atau jabatan, melainkan tingkat keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan.

Spoiler for :

Memang, siapa sih yang gak ingin hidup dalam kecukupan? Perempuan yang mana yang ingin hidup dibawah garis kemiskinan? Gak ada! Semua pengen hidup yang serba ada, ingin ini dan itu gampang mendapatkannya. Tapi, itu hanya sebuah keinginan bukan?

Bagaimana jika jodoh kita adalah orang yang dari golongan tak punya? Bagaimana jika nanti kita berpasangan dengan orang yang keadaannya lebih susah dari kita? Jawabannya adalah ikhlas. Karena jika kita ikhlas, semua itu akan gampang kita lalui, kebahagian akan dengan mudah kita dapatkan, meski pun tanpa harta.

Jika hati sudah cinta, harta, tahta bukan sebuah ukuran. Karena cinta hanya bisa dimengerti oleh hati itu sendiri. Tidak oleh ane, ente dan mereka yang berada diseluruh dunia ini.

Spoiler for :


Sedikit pengalaman yang ane pernah rasakan, di hina lantaran gak punya itu bukan suatu hal yang membuat sakit hati menurut ane, toh pada kenyataannya memang ane bukan orang berada. Bukan lantas menjadikan ane pesimis, atau melakukan hal-hal magis dan yang paling parah sampe bunuh diri.

Hal yang perlu ane lakuin itu cuma ikhlas, sabar dan selalu berusaha berpikir positif dibarengi dengan usaha. Siapa tau, dikemudian hari ane lebih beruntung dari mereka yang menghina tadi.


Spoiler for :


Gak ada yang namanya keturunan bangsawan harus menikah dengan bangsawan lainnya, yang berdarah biru harus menikah dengan yang berdarah biru pula. Itu hanya keinginan kita saja sebagai manusia, dan ingat, kita hanya punya rencana, Tuhanlah sebaik-baiknya yang punya keputusan.



Salam jumpa kembali dilain waktu dan kesempatan.

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih

Narasi Pribadi

Sumber Video: Dari Sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
fanya06 dan iissuwandi memberi reputasi
Sabaar
profile-picture
profile-picture
fanya06 dan andrerain5 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Jika Kasta Menjadi Ukuran, Pantaskah Berkata Cinta?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Tergantung melihat Cinta dari sudut pandang mana?

Mendefinisikan Cinta dan ekspektasi akan cinta yang membuatmu menderita akan cinta yang kau rasakan
profile-picture
profile-picture
felia17 dan andrerain5 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane pernah baca, cmn entah ada fakta pendukung-nya, atau sekedar anekdot yg dirasa sebagian orang sesuai realita.

Jd katanya....

Wanita (scr umum) akan mencari pasangan, atau tertarik pada laki2 yg tingkat pendidikan dan/atau ekonominya sama atau lebih dr dirinya.

Sementara laki2 dlm mencari pasangan, relatif tidak terlalu mempermasalahkan tingkat pendidikan dan/atau ekonomi wanita yg dia inginkan utk jd pasangan.

Jd pemerataan sosial, itu lbh banyak dilakukan laki2 drpd wanita.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
cinta jg melihat bibit, bebet, bobot gan..
karena pada dasarnya cinta jg memerlukan materi untuk bahagia emoticon-Cool
.
.
.
pepatah pujangga......
"cinta ditolak, dukun bertindak!"
"dukun ditolak, burung bertindak!"
emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Lagi males bahas tentang cinta2anemoticon-Ngakak
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ketika memulai membangun rumah tangga itu semua mirip seperti isi bensin di spbu semuanya di mulai dari nol, 😂 apalagi untuk materi,
banyak kok wanita2 yg berpendidikan gak melihat pasangannya dari seberapa kayanya keluarga mu, tapi seberapa besar potensimu untuk bekerja keras menghidupi rumah tangga mu kelak, seberapa besar tanggung jawabmu terhadap keluargamu nanti, seberapa baiknya dirimu menjadi kepala keluarga untuk mendidik anak2mu kelak, ketika sama2 YAKIN dan NYAMAN, untuk maju hilang itu yg namanya kasta maupun kasto itu yg dinamakan cinta 😂

yg kaya itu ortunya, anaknya itu yg nikmati harta ortunya gak ada juga jaminan anaknya mewarisi akill ortunya memanage kekayaannya, orang yg maksa kasta itu hanyalah orang gak mau lihat anaknya susah dalam hal materi, siapa juga yg mau karna hal itu manusiawi sebagai orang tua ya namanya ortu,

banyak juga orang kaya memandang quality dari pada quantity calon pasangan buat anaknya toh
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Diubah oleh santaikalus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Relatif saja memang dan biasanya kalau orang itu ya sebanding saja. Sehingga nanti tidak terjadi ketidakseimbangan. Soal lainnya silahkan dikondisikan agar bisa bahagia kalian semuanya.
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Well this thread can go to hell. Justru kalimat "Ikhlas" sudah di-abuse sampai bahkan maknanya aja sudah disempitkan sama orang2 dengan mental victimhood. Kalau cinta ditolak karena status, Ya cari yang lain. Gak usahlah cari pembenaran atas penolakan tersebut, Jangan memaksakan "ikhlas" atas hal yang bisa diusahakan. Kadang saya suka heran, orang masih mengedepankan "nafsu"-nya. Kalau misalnya karena cinta terus "kimpoi lari" or worse, yang jadi korban offspringnya yang bahkan gak tahu apa2. Masih untung kalau misalnya offspring-nya di aborsi. So he/she doesn't endure unecessary suffering that his/her parents done.
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gann...kalo kasta cuma dari kelas status ekonomi, itu sih umum ya..
Yang "GILA itu kasta pake embel2 etnis, suku, atau keturunan tertentu,biar hidupnya melarat tapi sombongnya nggak liat ketiak dia.emoticon-Smilie

Ane juga punya pengalaman, beberapa tahun lalu ane pernah beli makanan di satu depot , gara2 ane kasian dengan yang jual ya karena warungnya kecil dan keliatan sepi...nah pas udah 2-3x beli,..eh.yang punya pake ngomong kasta dia itu apa ..bla..bla.bla...akhirnya FIX ane stop beli , kini warung itu bangkrut.emoticon-Amazed

satu hal yang ane ketahui tentang "Beda Kasta" adalah kebanyakan golongan/keluarga yang suka bangga jual mahal dengan kasta adalah rata2 mereka justru sulit cari Jodoh, kalaupun sudah dapat jodoh ..banyak juga yang gagal , so kasihan anak-cucunya.

Ane udah ngadepin beginian bolak balik karena ada beberapa teman yang curhat baik cewek/cowok.
Ada satu temen cewek yang setelah cerai , lama dia bingung cari pengganti suaminya, ane tanya apa alasan dia kok sulit cari pendamping...dia bilang keluarganya nggak bisa terima kalau calon suaminya itu orang biasa2, bukan keturunan ningrat, kalo kurang tampan dan bila ekonominya standard...ane simpel aja jawabnya " Apa bapak-ibumu ngira mereka itu keluarga CINDERELLA"???emoticon-Gila

so mending agan santai aja...ingat gan..Agan bukan gagal..tapi agan akan berada di kondisi yang "tidak semestinya" karena bila agan paksakan , agan bisa jadi rugi waktu , tenaga dan lain2...mending terima keadaan , jaga kesehatan dan tetap semangat untuk jalan-jalan dan makan-makan bersama Pak Bondann!..emoticon-Shutup ...eh salah ganemoticon-Big Grin maksudnya untuk menjalani hidup dengan pasangan agan yang sedang menunggu disuatu tempat.emoticon-Smilie emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
tottorotooot dan andrerain5 memberi reputasi
Diubah oleh lemperkecut
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ini susah. karena kasta berhubungan dengan penyatuan 2 keluarga.

klo cinta-cintaan yah pacaran aja. klo nikah itu byk hal dipikirin. beda kasta beda derajat si kaya si miskin susah buat terjadi kecuali salah satu mau terima nikah dgn yg ndak sederajat.

makanya lebih byk yg jadinya nikah hanya sebagai kontrak
bogoh mah ke selingkuhan emoticon-flower
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
"Jika hati sudah cinta, harta, tahta bukan sebuah ukuran."

sulit diterapkan. saya sendiri melihat. baru saja saudara menikah. yang pria mapan, kerjaan manager, gaji diatas 20juta. sedangkan yang perempuan itu dulunya toko online, dan setelah di lakukan pertunangan malah ga mau kerja (padahal sang pria minta si wanita tetap buka toko online nya). pernikahan pun dibayari semua oleh pihak pria, bahkan pihak wanita "minta-minta".
alhasil semua kebutuhan keluarga besar pihak perempuan sampai sekarang di suplai oleh si pria. si pria ya mengeluh, ada saja tagihan listrik, pulsa, berobat, rumah kebanjiran, renovasi rumah dan lainnya.

mencari yang sepadan itu benar. tidak mungkin sekali kita menjalani kehidupan dengan orang yang kita ajak bicara pun tidak nyambung.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lemperkecut dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Jodoh ini adalah suatu hal yang unik gans, tidak selamanya yang terlihat serasi akan lanjut dan tidak selamanya juga yang bermusuhan akan terus bermusuhan. bisa jadi malah jodoh
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cinta tidak mengenal agama dan uang.
Itu benar, tapi ironisnya kita sudah saling mencintai satu sama lain tapi tersandung dengan perbedaan agama, sbnrnya kalian ini mau nikah sama orangnya atau sama agamanya? Jangan bahas imam, surga, dan neraka, hidup di dunia hanya mengandalkan agama saja bisa makan beling kalian.
Dan kalau bahas soal uang atau materi saya mendukung dr pihak ortu si cewe yg dipacarin sama begundal yg duidnya pas2an trus sok2an mau ajak nikah,
Dan para cowo selalu bilang kalau "dasar cewe matre" ,bukan cewenya yg matre tapi ente yg bahloel, jangan cuma umbar cinta cinta aje, kerja yg bener dulu, car ipenghasilan yg baik, persiapkan beli rumah, persiapkan beli mobil, persiapkan saldo yg cukup untuk menunjang kebahagiaan si cewe nanti pas lu nikah nanti.
Pasangan kalian dr kecil di didik, di pelihara dengan baik dengan segala kebutuhan nya, yah masa sama ente mau diajakin hidup susah, sebagai PRIA sejati, sejatinya tidaklah boleh cengeng gan.
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ga usah bahas perasaan yang fakta aja, inget populasi manusia di indonesia itu 270jutaan, berarti sebagian gedenya perempuan, dari segi peluang banyak yang mau menerima kastamu, kasta itu tidak bisa dihilangkan karena realita memang berkata demikian, itu jalan adil terbaik untuk kebahagiaan umat manusia
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
cinta harus dicari walau kata orang ada yg ngatur, tapi kalo hanya bermodalkan cinta semata jangan kaget kalo suatu rumah tangga bakal goyang..
profile-picture
profile-picture
andrerain5 dan kevinpo12 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
TS mau retorika bilang kasta padahal di tritnya tertulis :
Padahal, yang membedakan setiap manusia dengan manusia lainnya bukanlah harta atau jabatan, melainkan tingkat keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan.

Gimana caranya tahu tingkat keimanan seseorang?
Ibadah 24/7 udah dijamin tingkat keimanannya paling tinggi?
Atau agama A lebih baik dibanding B?
Pendosa ga boleh berjodoh sama tingkat kiai, biarpun agamanya sama?

Tetap ada kasta biarpun TS berbicara kesetaraan, hmm.
profile-picture
profile-picture
kenditz dan andrerain5 memberi reputasi
Diubah oleh artwing
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
"Definisi cinta tiap orang beda"

Cukup komen gitu aja
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hmmmm TS hopeless romantic ya....
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di