CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603de92e3a47be54b27145eb/kasus-salah-transfer-bca-rp51-juta-jaksa-dihabiskan-terdakwa-2-hari

Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari

VIVA – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya I Gede Willy Pramana, proses perkara salah transfer dana Rp51 juta oleh BCA yang membelit terdakwa Ardi Pratama, sudah sesuai dengan Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).
Jaksa juga meminta penasihat hukum terdakwa, R Hendrix Kurniawan, fokus pada materi pokok perkara dan sama-sama adu fakta di persidangan.

Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari
Willy mengatakan bahwa berkas perkara tersebut dinyatakan P21 alias lengkap oleh Kejaksaan pada 19 Januari 2021. Penyidik Kepolisian kemudian menyerahkan tersangka dan barang bukti (penyerahan tahap dua) keesokan harinya.
Baca juga: Polisi Pastikan Wilayah Freeport Kondusif Usai Baku Tembak dengan KKB
Menurutnya, proses secepat itu tidak dipersoalkan di dalam KUHAP. “Kalau memang penyidik melimpahkan besoknya, itu enggak masalah,” katanya dihubungi VIVA pada Senin, 1 Maret 2021.
Kejaksaan kemudian melimpahkan perkara tersebut ke Pengadilan Negeri Surabaya lima hari kemudian, yakni pada 25 Januari 2021. Willy pun mengakui bahwa pihaknya mengubah pasal di dalam surat dakwaan.
Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang semula diterapkan penyidik Polrestabes Surabaya diubah dengan Pasal 372 KUHPidana tentang Penggelapan. Dengan demikian, pasal yang didakwakan jaksa kepada terdakwa Ardi ialah Pasal 85 UU No.3 Tahun 2011 Tentang Transfer Dana dan Pasal 327 KUHP tentang Penggelapan.
Willy menegaskan, jaksa memiliki kewenangan untuk mengubah pasal dari yang semula diterapkan oleh penyidik. Artinya, pengubahan pasal tersebut sudah sesuai dengan KUHAP.
“Itu kan kewenangan jaksa, karena jaksa tidak terikat. Kita ini kan pengendali perkara dan penerapan pasal jaksa yang berwenang. Yang mempertanggungjawabkan hasil penyidikan (di persidangan) kan jaksa, bukan polisi,” ungkap Kasubsi Prapenuntutan Kejari Perak itu.
Willy lantas menguraikan alasan menghapus pasal TPPU dan menggantinya dengan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan di surat dakwaan Ardi.
“Ketika kita bicara TPPU, kita bicara hasil dari tindak pidana, berarti kita berbicara barang yang diperoleh yang berupa bentuk, kemudian harus jelas juga penguasaan barang, dan bertujuan harus jelas. Nah, ini belum ditemukan (di perkara Ardi),” ucapnya.
Adapun terkait kesalahan pihak BCA yang melakukan kesalahan transfer dana, kata Willy jaksa tidak berwenang mengurusi itu. Sebab, itu urusan internal pihak bank.
“Jadi, sebelum menggunakan uang yang masuk ke rekening, seharusnya Ardi dengan itikad baik melakukan pengecekan terhadap yang melakukan transfer, bukan malah langsung dipergunakan untuk kepentingan pribadinya. Perlu diketahui, uang Rp51 juta tersebut habis hanya dalam waktu dua hari sejak Ardi Pratama menerima dana tersebut,” tambahnya.
Keterangan Willy itu sekaligus sebagai bantahan atas tudingan penasihat hukum terdakwa, R Hendrix Kurniawan, yang menilai ada kejanggalan dalam proses hukum terhadap Ardi. Terkait cepatnya proses hukum Ardi di tingkat Kepolisian dan Kejaksaan.
“P21 tanggal 19 Januari, ketetapan jadwal sidang di pengadilan tanggal 23,” ujar Hendrik melalui sambungan telepon genggam kepada VIVA.
Hendrix menduga, proses hukum terhadap kliennya dibuat cepat untuk mengadang upayanya dalam mengajukan permohonan praperadilan atas penetapan tersangka dan penahanan Ardi. Sebab, dalam waktu bersamaan, pihak Ardi mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Surabaya.
“Tujuannya agar praperadilan klien kami gugur,” ungkapnya.

Spoiler for Sumur:



Mau dong dapet salah transfer gini....

klo ane sih abis dalam 2 jam aja. g perlu 2 hari.....

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh antonisalim007
Halaman 1 dari 8
Updatenya gan...

VIVA – Terdakwa perkara salah transfer dari Bank Central Asia (BCA) Tbk, Ardi Pratama, ditahan sejak ditetapkan tersangka oleh penyidik Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya hingga kini disidang di Pengadilan Negeri Surabaya. Ardi merupakan tulang punggung keluarga dan meninggalkan tiga anak yang dua di antaranya masih balita.

Kasus Salah Transfer BCA Rp51 Juta, Jaksa: Dihabiskan Terdakwa 2 Hari

Warga Manukan Lor, Kota Surabaya, itu sempat mengajukan penangguhan penahanan namun ditolak penyidik.

Penasihat hukum Ardi, R Hendrix Kurniawan, mengatakan, kliennya dilaporkan pihak BCA ke Polrestabes Surabaya pada Agustus 2020. Pada bulan November di tahun yang sama, Ardi ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

“Sempat mengajukan penangguhan penahanan tapi ditolak. (Apakah akan mengajukan penagguhan penahanan lagi ke pengadilan?) Masih menunggu arahan keluarga,” kata Hendrix saat dihubungi VIVA pada Senin, 1 Maret 2021.

Ardi merupakan tulang punggung keluarga. Sejak ditahan, istrinya tidak bekerja karena harus merawat ketiga balita mereka. Adik dari terdakwa Ardi, Tio Budi Satrio, menuturkan, anak kakaknya yang paling tua berusia lima tahun, adiknya usia empat tahun, dan yang bungsu berusia dua tahun.

Karena perkara ini, salah satu dari mereka terpaksa harus tidak masuk sekolah. “Ada kejadian seperti itu jadi di-pending, belum masuk selolah," katanya kepada wartawan.

Tio dan keluarga mengaku bingung dengan perkara yang membelit Ardi. Selain karena terdakwa merupakan tulang punggung keluarga, tanda tanya besar juga membenam di pikiran keluarga terkait perkara itu.

Sebab, pada dasarnya terdakwa berniat untuk mengganti duit Rp51 juta yang ‘nyasar’ ke rekeningnya gara-gara salah transfer oleh petugas kantor BCA Citraland Surabaya berinisial NK.

Tio menceritakan, setelah duit ‘nyasar’ itu dipakai oleh Ardi, di rekening tersisa sekira Rp4,6 juta. Kemudian pada tanggal 27 Maret 2020 pihak BCA datang dan memberitahukan bahwa terjadi kesalahan transfer dana. Pihak BCA meminta duit itu agar dikembalikan. “Kita minta diangsur Rp2 juta per bulan," ujarnya.

Ketika menerima surat panggilan dari pihak BCA, Ardi kemudian menyetorkan uang ke rekening BCA-nya yang sudah diblokir sebesar Rp5,6 juta. Ia melakukan itu sesuai saran dari pegawai BCA yang ditemui.

Pada Oktober 2020, ia berhasil mengumpulkan duit Rp51 juta dan berniat menyerahkan ke pihak BCA. “Niat balikin total Rp51 juta ke BCA ditolak, diarahkan ke personal, ke Bu Nur (NK)," ujar Tio.

Rupanya, berdasarkan keterangan tertulis dari pihak BCA, dana sebesar Rp51 juta itu sudah dikembalikan oleh NK yang melakukan kesalahan transfer. Pihak BCA menegaskan bahwa laporan atas Ardi ke polisi pun dilakukan oleh NK, bukan oleh pihak BCA selaku badan hukum.

"Pelaporan dilakukan oleh karyawan BCA yang pada saat melaporkan kasus ini yang bersangkutan sudah purna bakti dan dengan kesadarannya sendiri dan itikad baiknya sudah mengganti dana salah transfer tersebut," kata Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn.

Baca Juga: Cerita Ardi Dibui Gara-gara Pakai Duit Salah Transfer di BCA

Spoiler for Sumur 2:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh antonisalim007
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Buset. Kenceng bener belanjanya


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Bkn haknya kok dipakai. Ya wajar org zalim itu dihukum emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Jiancuk.. cepet amat cuk..
ane duid 200k aja awet 3 hari..

emoticon-Traveller emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BvB dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Dipake apa uang segitu habis 2 hari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Wuihh ada lanjutan trit nya nih.
Utk keperluan pribadi hanya dalam 2hr?
Jembloskan
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darck91 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cryingbrutal
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Pegawai bank yang gak sengaja salah transfer kena hukuman tuh ---> dipecat

kalo misalkan penerima transferannya gak habisin duit tapi langsung kembalikan kemungkinan si pegawai bank ini gak sampai kena pecat, paling kena teguran.
Makanya dia gak mau apes sendiri. Dilaporinlah yang terima transfer.

Sekarang tinggal si penerima transfer yang membuktikan dia menggunakan uang salah transfer karena mengira itu uang komisi dia. Tapi keknya kalo dihabisin 2 hari kok radha janggal. Kayak aji mumpung emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
kalau dapat salah transfer di bank sebaiknya lapor saja
elu pake ya elu kena masalah
padahal itu kesalahan bank
bank mana mau rugi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
2 hari itu lama, kaleeeemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
meoomiuu dan antonisalim007 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emang fix mental maling ini mah.. pasti mikir cepet2 dipakai mumpung ada duit nemu emoticon-Blue Guy Bata (L)

Langsung penjarain dan hebohin lagi biar jadi pelajaran buat semua... di sini banyak nih yg punya mental ky gini emoticon-Blue Guy Bata (L)

Ya kaya nemu dompet atau hp di jalan ya sebaiknya dikembalikan.. jangan ditilep lahhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh handratas
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Model2 orang indo yg kalau nemu duit cepe dijalan dianggap rejeki dari tuhan. Padahal dibalik duit ilang itu mungkin ada ibu2 yg panik krna kehilangan duit belanja makanan untuk keluarganya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jangan samain bank sama tukang pulsa oi
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan antonisalim007 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
beda kasus kalau personal yang salah transfer...

Bank diem pura-pura bloon.,.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan

update sumur 3

Spoiler for https://www.viva.co.id/berita/nasional/1352114-cerita-ardi-dibui-gara-gara-pakai-duit-salah-transfer-di-bca?page=2&utm_medium=page-2:



Full Story cerita lanjutan...... emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Salam Kenal
Namanya transfer2 uang biasanya org bank tuh sibuk. Jadi malas mrk cek2 lg. Mrk hanya akan nunggu sampai ada komplain dr penerima yg merasa belum terima dana.

Dan buat si terdakwa ini, tindakan dia wajar2 sih, itu sifat dasar manusia. Klo tiba2 dpt sesuatu yg melebihi asetnya dia bakal gelap mata.

Coba saja taruh koper isi uang ratusan juta, jamin dah 99% org yg liat, akan ambil setelah cek2 situasi aman.

Hanya 1 tipe yg gak bakal ambil tuh uang.
1. Org miskin/berkecukupan yg sejak kecil sdh diajarkan untuk jujur dan gak ambil brg milik org lain (mentalnya terlatih)
2. Org super kaya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meoomiuu dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Temen ane pernah terima duit nyasar 600 juta..
Padahal dia dan suami punya bisnis perusahaan IT yg perputaran duitnya bisa puluhan sampe ratusan juta per bulan..

Hampir aja dia embat itu duit yg dikira hasil penjualan, setelah dia inisiatif kroscek, ternyata bank salah transfer..
Dua hari kemudian ditarik lagi itu duit ama bank..

Ane yg tabungan per bulan cuma cukup buat bayar listrik dan buat makan, cuma bisa ngiler denger cerita temen ane..

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 3 lainnya memberi reputasi
gw duit 2000 perak disaku aja masih awet bro sebulan bingung mo dipke belanjinemoticon-Wakaka apaan
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan gargantuar89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wajar lah manusia di takdir kn untuk terus selalu merasa kurang kurang kurang dan kurang...
profile-picture
antonisalim007 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya namanya aja aji mumpung.
Setelah ada laporan dari pihak bank, juga pelaku sudah beritikad baik buat mengembalikan kok.
Tuh buktinya sudah kekumpul 51 JT buat dikembalikan.

Ini kan karena perkara sudah masuk ke kejaksaan. Jadinya dipersulit,dll. Dari awal klo secara kekeluargaan saya kira sudah clear ini masalah.

Yg bikin ribet ya yg ngelaporin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gua salah transfer 500rb aje ke orang nyeseknye ampe berbulan bulan. Mana pas gua lacak nama orangnya kaga ada di kontak gua.
Suwek bgt emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antonisalim007 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di