CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603dcef2e887b76ec201d5ef/kebutuhan-miras-di-bali-tinggi-tapi-cuma-8-diproduksi-warga-lokal

Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal

Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal

Denpasar - Gubernur Bali, I Wayan Koster, melihat tidak adanya ketidaksinkronan dalam pemasaran minuman beralkohol. Menurutnya, Bali sebagai destinasi wisata membutuhkan pasokan miras yang cukup tinggi bagi wisatawan.

"Sekarang ini dengan produksi yang ada, tercatat 92 persen miras yang beredar di Bali itu impor dan hanya 8 persen yang diproduksi di masyarakat lokal Bali. Kan nggak benar ini, kemudian nilainya Rp 7 triliun dari bea cukainya saja, belum lagi segi omzetnya," kata Koster dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Selasa (2/3/2021).

Oleh karena itu, Koster menyambut baik terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Hadirnya Perpres dinilai olehnya dapat memperkuat regulasi di daerah dan sekaligus untuk menata, memperkuat kearifan lokal di Bali yang bisa digeluti oleh masyarakat.

"Jadi untuk menghindari praktik ilegal yang menyusahkan masyarakat, maka hadirnya Perpres ini untuk memperkuat regulasi kami di daerah untuk menata, bukan membolehkan secara bebas. Apalagi arak dan brem di Bali dipakai juga untuk sarana upacara keagamaan dan kesehatan masyarakat," tegas Koster.

Mengenai penjualan arak Bali ini, Koster menyatakan tidak boleh dijual secara bebas, seperti ke sekolah dan tempat umum. Namun para petani arak Bali ini yang akan membuat koperasi dan dijual ke koperasi tersebut.

"Jepang punya sake, Korea punya soju, negara lain punya wiskey. Namun kita juga punya kearifan lokal, yang menurut saya kualitasnya tidak kalah saing," kata Ketua DPD PDIP Bali itu.

Koster menjelaskan, bahwa alam Bali yang dianugerahi pohon kelapa, enau, dan rontal secara tradisional dapat menghasilkan tuak sebagai sumber penghidupan bagi masyarakat setempat. Kemudian tuak ini juga bisa diproses menjadi gula secara tradisional oleh masyarakat. Secara alami diproses menjadi arak Bali yang telah berkembang dari zaman ke zaman dan secara turun-temurun menjadi sumber penghidupan.

"Tetua kami di Bali menjadikan arak sebagai minuman yang menyehatkan kehidupannya dengan mengkonsumsi secara terbatas, bukan untuk mabuk," ujar Koster.

Sebelum berkebun dan menjelang tidur, lanjut Koster, tetua di Bali minum arak dengan takaran satu sloki atau setengah sloki. Menurutnya, rutinitas ini akan menjadikan sehat. Sementara yang tidak boleh dilakukan yakni mengkonsumsinya dan memperdagangkan secara bebas sehingga mengakibatkan dampak negatif bagi masyarakat.

"Sehingga sekali lagi saya tegaskan, dengan hadirnya Perpres ini akan membuka pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di masyarakat. Kami menginginkan masyarakat dari hulu sampai di hilir dapat memanfaatkannya, sekaligus kami pandang untuk dapat memperkuat kearifan lokal kami di Bali yang bisa digeluti oleh masyarakat," terang Koster.

Koster juga mengakui bahwa dirinya rutin minum arak Bali setiap hari untuk kepentingan kesehatan, bukan dimanfaatkan untuk mabuk. Satu sloki arak diminum dengan cara dicampurkan pada satu cangkir kopi.

"Campuran kopi dan arak Bali ini membuat tubuh saya jadi sehat. Saya konsumsi setiap hari, tapi tidak untuk mabuk," tuturnya.

https://news.detik.com/berita/d-5477...004.1609585657

Apa fatwa dan stempel MUI juga (wajib) berlaku d provinsi bali ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 37 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr1
Halaman 1 dari 5
Papua menolak, ya udah tolak.
Bali menerima, yang lain ga usah ribet. Ini hak orang bali.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 21 lainnya memberi reputasi
jepang punya sake
korea punya soju
china punya shaojiu ( baijiu)

indonesia juga punya tuak,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Yg gak mau ya gak usah, yg mau ya diregulasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Nggak usah ambil pusing Pak,
Sesuaikan dengan kebutuhan daerah bapak aja.
Bikin Perda yang jelas sebagai landasan hukumnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Ini masalah duit
Kalo polisi moral mau protes ya talangi nilai duitnya. Gak mau? Ya udah jgn ngoceh emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
brem bali itu enak
tuak bali itu nggak enak
soju korea itu jg nggak enak

tp yg paling enak itu air tape emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Disesuaikan dengan kerifian lokal...ngk suka demo aje bersilit silit.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jurumudi75
"Jepang punya sake, Korea punya soju, negara lain punya wiskey. Namun kita juga punya kearifan lokal, yang menurut saya kualitasnya tidak kalah saing," kata Ketua DPD PDIP Bali itu.


Indonesia punya Dodol pak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
coba bikin fermentasi kencing onta emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
rese bgt klo banyak bule di bali pada mabok sambil gangu di jalanan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yg nolak ya udah gak usah dipaksa.
Kayak bali gini mending ya dibangun aja pabriknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Ya ga apa apa juga kan
Bali tetep fokus bikin arak
Sementara bali dapet pemasukan pajal dari impor miras dan restribusi lokasi jualan miras

Ga rugi juga kan

Emangnya mau minum miras merek vodka yang dibuat dari fregmentasi tape ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 4 lainnya memberi reputasi
Perpres nya dah dicabut....

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
bikin pabrik ah di Bali. ada yg mau ngikut invest?, bukan investasi syariah nih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Kegemaran Kadrun

Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal

Kebutuhan Miras di Bali Tinggi, Tapi Cuma 8% Diproduksi Warga Lokal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Endonesa bukan negara Islam woy emoticon-Cape d...
Jangan maksain penganut agama lain ngikutin doktrin elu emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 46 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 46 balasan
miras resmi justru bagus..uda lah nda usa goblok...rokok yg buat kcanduan penyakit dan buat jdi miskin aja boleh kok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi

Coba pemerintah bikin peraturan minuman kencing onta dan becak listrik

Wwuih pasti disambut dengan mesra, langsung ada cap halal

emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bopaknisme99 dan 7 lainnya memberi reputasi
dorongannya jangan lupa kearifan lokal juga, lawar plus babi guling emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di